Mengenal 8 Olahan Makanan Khas Beras, Ada Yang Khas Bulan Ramadhan Nih

Beras seperti yang kita ketahui adalah makanan khas Indonesia yang dikonsumsi hampir sebagian besar penduduk di Indonesia. Ibarat kata, tak lengkap jika tidak ada nasi, begitulah jika digambarkan bagaimana sebenarnya pengaruh memakan beras bagi Indonesia

Namun tahukah kamu bahwa ternyata beras juga bisa diolah lagi menjadi beberapa bahan makanan lain loh yang dapat menggantikan beras! Terlebih lagi ada olahan beras yang sering dijumpai di bulan ramadhan loh.

1. Lontong

Mungkin diantara Kamu tidak ada yang tidak kenal lontong. Makanan yang satu ini ternyata sangat mudah ditemukan karena makanan yang satu ini sangat cocok diolah untuk makanan apa saja. Makanan ini dibuat juga cukup sederhanam beras yang dibungkus dengan daun pisang dengan rapi sebelum dikukus sampai benar-benar matang.

Sumber : Merah Putih

2. Lapet

Merupakan makanan khas dari Batak yang berasal dari Tapanuli Kue ini terbuat dari beras , berbentuk limas dan dibungkus oleh daun pisang. Cara pembuatannya dibuat dari parutan kelapa muda dan tepung beras atau ketan. Lapet terasa manis karena dicampur parutan kelapa.

Source : Cook Pad

3. Lepet

Cara membaca mungkin mirip seperti lapet, namun makanan ini ternyata dari Sunda. Berbahan sama seperti lapet pada umumnya, namun memiliki ukuran yang lebih besar dari lapet. Bahan dan isi sebagai ‘lauk’ yang digunakan juga berbeda loh dari lapet dari Sumatera

Sumber : Wisata Kuliner

4.Ketupat

Siapa yang tidak kenal ketupat? Begitu mendengar ketupat, kesannya sangat iconic sekali dengan nuansa Lebaran. Ketupat biasa dihidangkan di berbagai macam makanan seperti pelengkap pada sate, dan sebagainya.

Sumber : Kumpulan Resep Masakan Indonesia

5. Buras

Makanan ini asalnya dari Makassar dimana memiliki olahan nasi yang rasanya gurih dan aroma yang sangat khas. Umumnya Buras ini dibungkus dengan daun pisang dan bentuknya pipih persegi.

Sumber : Wikipedia

6.Pali – Pali

Makan ini aslinya dari Ternate, Maluku Utara loh. Jika dibayangkan, sekilas Pali-Pali berbentuk seperti lontong. Namun yang membedakan adalah bungkusnya yang terlihat lebih elit karena memiliki anyaman yang sangat baik. Konon makanan ini dulunya hanya dikonsumsi oleh para Sultan sehingga bentuknya sangat rapi dan bagus banget.

Baca Juga : Memilih Daging Ayam Berkualitas Dengan Metode ASUH

Sumber : Wikipedia

7. Bakcang

Biasa mendengar bakcang, mungkin akan diarahkan ke makanan khas suku Tionghoa. Benar, bakcang memang dari daerah Tiongkok loh. Ternyata bakcang bisa diisi apa aja loh mulai dari ikan, daging ayam, udang, dan sebagainya. Biasanya dibungkus menggunakan bambu panjang yang sudah dinetralisir dan diikat berbentuk limas.

Makanan Olahan Beras

Sumber : Pixabay

8. Lemang

Lemang terkenal sebagai olahan khas dari Suku Dayak. Namun tidak hanya Suku Dayak loh yang punya lemang, di Suku Batak disebut Lomang dan SUku Minangkabau menyebutnya Lamang juga loh.
Dibuat denga beras ketan yang dicampur dengan santan yang dibalut daun pisang sebelum dimasukkan kedalam bambu. Lemang pun kemudian dibakar di perapian hingga matang selama beberapa jam.

Sumber : OkeZone

Nah itu dia makan khas olahan beras yang mungkin menginspirasi kamu untuk membuatnya. Bagaimana menurut kamu?

Source : GNFI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.