Blue Java Banana, Pisang Biru Unik Bertekstur Selembut Eskrim

Siapa yang tidak mengenal pisang? Banyak dan beragam sekali jenis pisang yang kita kenal dan sangat gampang ditemukan di pasar, dari berukuran kecil, sedang hingga yang besar. Namun, ada satu hal yang unik dari pisang yang satu ini, warnanya berwarna biru muda dan katanya, tekstur pisang ini selembut eskrim loh. Penasaran kan? Yuk disimak artikelnya.

Asal Mula Pisang Biru

Dikutip dari Live Love Fruit, pisang ini dikenal sebagai pisang Hawaii, Ney Mannan Krie atau Cenizo. Penampangnya sendiri pisang ini memiliki kulit yang agak buram dan terlihat kebiruan sebelum matang. Pisang ini mendapat julukan Ice Cream Banana loh, hal ini dikarenakan teksturnya yang selembut es krim yang creamy saat dimakan.

Ukuran pisang ini cukup besar loh, kisarannya 18 cm. Saat belum matang, pisang ini akan bewarna biru keperakan dan akan berubah menjadi kuning pucat serta daging bewarna putih krem saat sudah matang. Saat dimakan, daging buah ini sangat creamy seperti es krim. Pisang ini ternyata jenis tanaman kultivar yang kuat dan toleran terhadap hawa dingin juga loh.

Baca Juga : Cara Mudah Membudidayakan Pisang Secara Modern

Pisang ini bukan dari Indonesia, namun pertama sekali ditanam di Hawaii pada tahun 1920-an. Menurut Direktur Eksekutif Hawaii Tropical Fruit Growers, Ken Love, di Hawaii sendiri ada lebih dari 100 varietas pisang dengan rasa yang berbeda-beda.Sayangnya, Blue Java Banana bukan varietas yang paling manis, namun uniknya pisang ini bermutasi secara alami loh.

Gambar 1 : Blue Java Banana, sumber Tribun Jogja

Terjadi Karena Mutasi Alami

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Pisang ini mengalami mutasi secara alami loh. Kromosom tersebut terdiri dari A – acimnata, manis dan gula – atau B – balbisiana, pati. Blue Java Banana sendiri memiliki kromosom bagian dari kelompok genomik ABB yang terdiri dari satu bagian gula dan dua bagian pati. Pati ini diubah menjadi gula, saat pisang tersebut benar-benar matang.

Sehingga tidak mengherankan bahwa pisang ini digunakan menjadi topping pengganti mentega untuk membuat roti panggang akibat teksturnya yang matang loh. Bahkan pisang ini juga menjadi alternatif es krim yang sempurna saat dibekukan dengan bahan-bahan manis lainnya.

Blue Java Banana

Gambar 2 : Blue Java Banana, sumber Return to Now

Blue Java Banana tergolong jenis pisang ABB. Pisang ini mengandung vitamin B6 yang sangat baik untuk sintesis serotoninnya sendiri. Untuk sebuah pisang memiliki kandungan sekitar 0,4 mg vitamin B6. Pisang ini juga mengandung kalium yang baik buat jantung, baik juga dikonsumsi buat kamu yang sedang program diet loh karena pisang ini membantu menurunkan tekanan darah.

Uniknya pisang ini bisa tumbuh di lahan yang dingin loh sekitar -6 derajat Celcius. Jadi apakah kamu tertarik menanam pisang ini sobat PTD?

Sumber : Good News From Indonesia

Sudah download aplikasi Pak Tani Digital belum? Silahkan klik di sini.

2 thoughts on “Blue Java Banana, Pisang Biru Unik Bertekstur Selembut Eskrim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.