Mau Jadi Barista? Berikut 6 Caranya

Barista adalah pekerjaan yang ada karena ada kopi.

Secara profesional, barista mengalami serangkaian proses latihan dan pelatihan hingga mendapatkan sebutan sebagai seseorang yang berprofesi “BARISTA” selain meracik kopi seorang barista juga bertugas menemukan dan menyempurnakan cita rasa khas kopi.

Seperti diketahui, citarasa kopi dipengaruhi berbagai faktor  seperti suhu, PH air, takaran kopi yang digunakan, tektur biji kopi dan lain sebagainya.

Faktor tersebut mutlak diketahui dan dicatat untuk menjadikan seorang barista dikenal punya ciri khas racikan tersendiri dalam menyajian secangkir kopi.

Barista juga bisa disebut sebagai seniman karena bisa menghasilkan karya lewat secangkir kopi seperti seni penyajian secangkir kopi dengan gaya yang beragam dan pola yang beragam.

Nah, zaman sekarang.

Barista menjadi profesi yang cukup diperhitungkan dan diminati karena selain dinilai keren, pendapatannya juga cukup menjanjikan.

Dikutip dari (www.popular-world.com) gaji seorang barista pemula saja sudah setara dengan UMR provinsi di masing – masing wilayah.  Dan untuk barista dengan keahlian dan jam terbang yang cukup tinggi, gaji yang diperoleh bisa mencapai 7 – 10 juta/bulan.

Bagi kamu yang tertarik menjadi barista Berikut langkah – langkah yang bisa kamu lakukan

1. Mencintai Kopi

Nikmatnya kopi Indonesia
Source: pexels.com

“tidak kenal, maka tidak cinta”. Tahap awalnya kamu harus kenal dulu apa itu kopi.  Kamu harus jatuh cinta pada kopi.

Kenal dan mencintai dengan segenap hati dan ketulusan, munculkan  rasa ingin tahu lebih banyak tentang kopi.  Mulai pelajari tentang berbagai macam varietas kopi, budidaya kopi hingga rasa yang dihasilkan kopi.

Biasanya gampang sich untuk jatuh cinta pada minuman satu ini. Secara sangat menarik , sekali  lirik okey lah.

Baca: Fakta! Kebun Kopi Indonesia Terluas, di atas Brazil dan Vietnam

Apalagi sudah menjadi budaya dan teman setia diberbagai acara, terutama acara yang membutuhkan mata tetap terbuka sepanjang malam dan tidak jarang kopi menjadi sumber inspirasi bagi para penulis dan seniman.

Seteguk kopi dapat menghasilkan karya yang mampu merubah dunia.

2. Membaca

Banyak membaca akan membuat kamu semakin kaya akan ilmu pengetahuan tentang kopi. Minimal pengetahuan umum dan dasar bisa kamu peroleh dari bahan bacaan yang bisa kamu gunakan sebagai referensi untuk mengajukan pertanyaan kepada mereka yang sudah duluan terjun ke dunia barista.

Jangan sampai ketika kamu menemui seorang barista ilmu kamu masih sangat mentah sehingga sang barista tidak tertarik berbagi ilmu dengan mu.

3. Berlatih sendiri

Berlatih supaya lebih fasih, tidak perlu keluar modal untuk memberi serentetan alat perkopian. Kamu tinggal datang dan berkenalan dengan salah satu atau dua pemilik coffe shop di kota kamu.

Biasanya mereka  dengan senang hati akan berbagi porsi apalagi kamu terlihat sungguh – sungguh sekali.  Semakin sering berlatih, hasilnya akan semakin fantastis.

4. Sering mengikuti seminar dan diskusi tentang kopi

Jadi barista kopi
Source: ngopibareng.id

Semakin banyak ilmu yang diperoleh dari sumber yang tepat maka akan semakin banyak teory yang di dapat untuk bisa dipraktekkan dan mengasah lagi dan lagi cara meracik kopimu. Maka seringlah datang  dan mengikuti acara seminar dan diskusi yang bertemakan kopi.

5. Berkumpul dengan sesama pecinta kopi/Komunitas Kopi

Lingkungan akan mempengaruhi 50 % dari kebiasaan manusia. Yap.. jika kamu sering berkumpul dengan sesama pecinta kopi, orbrolan yang muncul saat bertemu ya tidak jauh – jauh dari kopi, maka kamu akan semakin banyak tahu tentang kopi. Jika mau jadi barista rajinlah berkumpul dengan sesama pecinta kopi di kedai kopi.

Baca: 4 Inovasi Pertanian oleh Mahasiswa UGM

6. Ikut kelas barista

Setelah yakin, kamu sudah memiliki skill dasar dan merasa percaya diri bahwa kamu punya bakat menjadi barista, saatnya mengukuhkan diri dengan mengikuti kelas barista.

Baca: 1001 Peluang Usaha Petani Muda

Nah, untuk yang ini kamu perlu mempersiapkan budget minimal 3 juta_an dan kamu akan mendapatkan  materi pelatihan barista pemula seperti  kelas Reguler Kopi, Latte Art dan Coffe Cupping. Pelatihan biasanya berlangsung singkat berkisal  7 – 10 hari saja dan biasanya langsung praktek  di kafe yang sudah terkenal melahirkan barista handal.

Ayoo, saatnya menjajaki bakat dan kemampuan dengan menjadi barista, supaya petani kopi kita semakin sejahtera.

Penulis Sulassky
Farmer – Traveller – Blogger

 

Referensi :

  • https://www.popular-world.com/gold/money/gaji-barista-di-indonesia-c2–71197/
  • https://majalah.ottencoffee.co.id/5-cara-awal-menjadi-barista/
  • https://bp-guide.id/AXq2LDkd#article_element_93186
  • https://kumparan.com/@kumparanfood/5-rekomendasi-sekolah-barista-kopi-yang-berlokasi-di-sekitar-jakarta

Sudah download aplikasi Pak Tani Digital? Klik di sini

Solusi Digital Pertanian Indonesia | Mempertemukan petani dan pembeli akhir produk pertanian Indonesia - Sejahteralah Petani Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to Top