Yuk, Mengenal Fakultas Pertanian UNS Surakarta Lebih Dekat

Info

Written by:

Ada cukup banyak fakultas pertanian di berbagai perguruan tinggi di Indonesia, salah satunya adalah Fakultas Pertanian UNS. Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Namanya saja Fakultas Pertanian sehingga mahasiswa yang memilihnya akan belajar mengenai seluk beluk dunia pertanian lebih detail dan dalam.

Tentu saja, mereka yang belajar di dalamnya sudah paham betul bahwa setelah lulus nanti, akan beraktivitas, berkegiatan, dan bekerja di bidang pertanian. Bahkan, tidak menutup kemungkinan, mereka akan menjadi petani atau pengusaha di bidang pertanian secara umum. Namun, kenyataannya sekarang, tidak sedikit lulusan pertanian yang setelah lulus bekerja di luar latar belakang kuliahnya. Hal seperti itu sudah umum saat ini dan bukan hanya berlaku untuk Fakultas Pertanian saja.

Lalu, apa saja yang perlu diketahui dari Fakultas Pertanian UNS? Untuk lebih jelasnya, silakan membaca uraian di bawah ini.

Visi dan misi

Fakultas Pertanian UNS mempunyai visi sebagai penyelenggara pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pertanian terpadu berkelanjutan yang unggul di tingkat internasional. Adapun misi-misinya adalah sebagai berikut.

  1. Menyelenggarakan pendidikan pertanian terpadu berkelanjutan untuk menghasilkan lulusan yang bertaqwa dan kompeten di bidang pertanian terpadu berkelanjutan yang berwawasan global.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berguna bagi pembangunan pertanian terpadu berkelanjutan.
  3. Menyelenggarakan pengabdian dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pertanian terpadu berkelanjutan.

Baca juga: 3 Alasan Kenapa Pertanian Terpadu Harus Dilakukan

Tenaga pengajar dan administrasi

Fakultas Pertanian UNS dipimpin oleh dekan bernama Prof. Dr. Ir. H. Bambang Pujiasmanto, MS. Sementara itu, tenaga pengajarnya berjumlah 151 orang yang terdiri atas 20 Profesor atau Guru Besar, 58 Doktor (S3), dan 93 Magister/Master (S2). Adapun jumlah tenaga administrasinya berjumlah sebanyak 60 orang. Semua tenaga pengajar dan administrasi tersebut selalu siap memberikan pelayanan terbaik untuk para mahasiswa yang menempuh studi di fakultas tersebut.

Fakultas Pertanian UNS

Sumber: semnas2018.fp.uns.ac.id

Tenaga pengajarnya juga masih aktif melakukan penelitian dengan fokus di bidang masing-masing, hingga mendapatkan penghargaan berskala internasional. Contohnya, seorang dosen program studi Peternakan Fakultas Pertanian UNS bernama Sutrisno Hadi Purnomo, Ph.D. Beliau merupakan salah satu orang asal Indonesia yang menerima Taiwan Fellowship dari Ministry of Foreign Affairs (MOFA) Pemerintah ROC Taiwan pada tahun 2019 ini.

Sutrisno akan melakukan penelitian sesuai dengan bidang yang ditekuninya di Taiwan dengan durasi 3 bulan. Tentu saja hal tersebut menjadi sebuah prestasi dan kebanggaan tersendiri karena akan melakukan penelitian di luar negeri yang seluruh biaya ditanggung oleh Pemerintah Taiwan.

Program studi dan jurusan yang dimiliki

Seperti fakultas lainnya, Fakultas Pertanian UNS juga mempunyai beberapa program studi dan jurusan yang bisa dipilih oleh para calon mahasiswa, baik D3 maupun S1. Untuk program D3, ada jurusan Agribisnis yang sudah terakreditasi A dan jurusan Teknologi Hasil Pertanian berakreditasi B.

Sementara, untuk program S1, ada beberapa jurusan yang ditawarkan, yaitu sebagai berikut.

  1. S1 Ilmu Tanah

Jurusan ini sudah terakreditasi A. Jurusan di fakultas pertanian ini akan mempelajari beberapa bidang studi tertentu, seperti eologi, geografi, ilmu lingkungan, dan yang lainnya. Lulusan S1 Ilmu Tanah dicetak sebagai orang yang ahli di bidang ini serta dapat bekerja di kementerian dan perusahaan perkebunan.

Baca juga: Cara Mempertahankan Kesuburan Tanah yang Efektif

  1. S1 Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian

Jurusan yang satu ini juga sudah terakreditasi A. Lulusannya disiapkan untuk bisa selalu tanggap terhadap semua permasalahan pertanian secara umum sekaligus mampu memberikan solusinya yang terbaik.

  1. S1 Peternakan

Jurusan peternakan juga sudah terakreditasi A. Jurusan ini bertujuan untuk mencetak lulusan yang mampu berkiprah lebih banyak di bidang peternakan secara umum. Lapangan pekerjaan yang bisa menampungnya begitu banyak dan prospektif ke depannya.

  1. S1 Agroteknologi

Untuk jurusan yang satu ini, masih terakreditasi B, kombinasi antara ilmu pertanian, ilmu tanah, dan mengaplikasikan teknologi modern yang tepat guna. Jurusan ini tergolong baru tetapi cukup banyak peminatnya karena peluang kerjanya masih terbuka lebar.

  1. S1 Teknologi Pangan

Meskipun jurusan ini masih terakreditasi B, tetapi tidak sedikit mahasiswa yang meminatinya. Mereka yang memilihnya akan mempelajari tentang teknologi mulai dari pengolahan, pemrosesan, pengawetan, pengemasan, hingga pendistribusian yang direkomendasikan. Semua proses tersebut membutuhkan teknologi modern dan tepat guna.

Bagaimana dengan peluang kerjanya?

Sudah sedikit disinggung di atas, bahwa tiap jurusan di Fakultas Pertanian UNS secara umum mencetak ahli-ahli di bidang seperti yang dikuasainya. Dengan begitu, mereka yang sudah lulus akan benar-benar menguasai skill atau keahlian yang dipelajarinya saat masih duduk di bangku perkuliahan.

Dengan keahlian yang berhasil dikuasai dengan baik dan didukung nilai bagus, dipastikan banyak orang atau pihak yang membutuhkannya. Bukan tidak mungkin penawaran kerja berdatangan tanpa harus bersusah payah mencari kerja. Namun, yang paling diharapkan yaitu lulusan fakultas pertanian dapat berwirausaha dan menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Itulah yang terbaik.

Baca juga: Tak Perlu Malu Jadi Petani Muda, Kemakmuran Bangsa Juga Ada di Tangan Petani

Penulis : Arifin Totok

Sudah download aplikasi Pak Tani Digital? Silahkan klik di sini.

Sumber :

Sumber gambar utama: tribunnews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.