Memilih Daging Ayam Berkualitas Dengan Metode ASUH

Tips

Written by:

Daging merupakan salah satu sumber makanan yang menjadi penyuplai kebutuhan protein terbaik terlepas dari sumber protein lainnya seperti protein nabati, akan tetapi protein hewani masih keunggulan selain karena rasa, aroma dan teksturnya yang khas, protein hewani pun memiliki kandungan protein yang lebih baik dibandingkan dengan protein nabati. Salah satu sumber protein hewani yang digemari oleh masyarakat ialah daging ayam.

Dewasa ini, bisnis daging ayam memiliki beragam persoalan sehingga sebagai konsumen kita perlu lebih cermat dan teliti dalam memilih daging ayam yang berkualitas. Berikut ini ulasan tips dan trik memilih daging ayam yang baik dengan menggunakan metode ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal).

  • Aman

Hal pertama yang harus anda perhatikan pada saat akan membeli daging ayam ialah apakah daging ayam tersebut aman dikonsumsi atau tidak. Praktik jual beli daging ayam membuat penjual melakukan berbagai upaya untuk menghindari terjadinya kerugian dalam bisnis yang digelutinya lantai penggunaan bahan kimia menjadi tidak terhindarkan seperti penggunaan formalin untuk mengawetkan daging ayam agar lebih tahan lama.

Kamu juga harus mengenali ciri daging ayam yang sudah disuntuk formalin. Kamu dapat mengenali ciri dari daging ayam yang menggunakan formalin yakni :

  1. Memiliki kulit yang agak peret.
  2. Lalat tidak akan hinggap pada karkas ataupun daging ayam.
  3. Bau formalin yang khas akan dapat tercium
  4. Daging ayam yang dijual biasanya tanpa didinginkan.
  5. Serta daging ayam akan terlihat pucat.

Sumber : Pasar2u

  • Sehat

Terkadang pedagang nakal yang ingin meraup keuntungan sebesar-besarnya akan melakukan penjualan daging ayam tiren alias bangkai daging ayam. Daging ayam tiren tentu sangat tidak layak lagi untuk dikonsumsi. Cara mengenali dan menilai daging ayam tiren atau bangkai ialah :

  • Memiliki kulit yang berwarna dengan bercak – bercak merah.
  • Pada kepala dan leher berdarah, bagian dalam karkas berwarna merah.
  • Otot pada bagian dada lebih lembek.
  • Serabut otot berwarna kemerahan.
  • Pembuluh darah di leher akan dipenuhi oleh darah.
  • Bekas pemotongan di leher regangannya kecil dan tidak merata
  • Serta bercak kemerahan lama kelamaan berbuah menjadi biru lebam.

Setelah menghindari perihal tersebut pada saat memilih daging ayam maka anda akan terhindar dari daging ayam tiren alias daging bangkai.

  • Utuh

Maraknya bisnis daging ayam membuat penjual kadang kala berbuat curang untuk menekan biaya pengeluaran dan mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal sehingga kadang banyak ditemukan penjual daging ayam yang melakukan praktik penyuntikan pada karkas daging ayam menggunakan air atau udara agar bobot bertambah dan terlihat gemuk.

Baca Juga : 5 Tips Membeli Anak Ayam Kampung Unggulan

Karena itu pembeli harus memperhatikan kulit daging ayam yang hendak dibeli, biasanya kulit daging ayam yang utuh berwarna putih bersih, mengkilap dan tidak terdapat memar. Bau spesifik atau khas akan tecium dari daging ayam. Tidak ditemukan adanya pembuluh darah di setiap tubuh daging ayam. Serabut otot biasanya agak pucat serta bekas pemotongan regangannya besar dan tidak merata. Konformasi sempurna dan tidak ditemukan adanya cacat pada karkas daging ayam.

  • Halal

Proses pemotongan halal akan dinilai berdasarkan kebersihan maupun kesehatan orang dan juga ayam yang hendak dikonsumsi untuk disembelih untuk menghindari terjadinya penularan penyakit, menggunakan pisau yang tajam untuk memotong pada tiga saluran utama yakni saluran pencernaan, trakea dan pembuluh darah.

Perlu diketahui, pemerintah dan dinas terkait telah bekerjasama dengan RPU (Rumah Pemotongan Unggas) untuk menerapkan pemotongan halal sebelum dipasarankan. Hal ini diupayakan agar daging ayam yang bersih , halal dan layak konsumsi dapat beredar di masyarakat.

Baca Juga : 4 Langkah Sukses Beternak Ayam Kampung

Tapi bagaimana mungkin mengetahuinya bila sudah diedarkan ke pasar ? Apakah dagingnya halal atau tidak?Untuk daging yang sudah beredar di pasaran, telah berkoordinasi dengan pihak MUI dan juga RPU sebelum mengendarkan daging halal untuk mencantumkan logo MUI dan pemberian logo ini juga tidak sembarangan harus melalui standar halal yang sudah ditetapkan dari MUI.

Untuk mendapatkan daging ayam yang halal sekarang sudah banyak kok dijual di supermarket dan swalayan terdekat sehingga konsumen bisa memilih daging yang halal untuk dikonsumsi.

Nah itu dia tips bagaimana memilih daging ayam berkualitas dengan metode ASUH dari Pak Tani Digital. Bagaimana menurut kamu?

Penulis : Suryadi Pappa

Sudah download aplikasi Pak Tani Digital? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.