[Review] Buku Pertanian Organik, Solusi Alternatif Pertanian

Indonesia merupakan negara agraris yang sebagian besar penduduknya bermatapencaharian sebagai petani. Untuk itu, perkembangan teknologi yang bertujuan untuk meningkatkan hasil pertanian di Indonesia sangat diperlukan. Beberapa tahun terakhir, penggunaan bahan-bahan kimia sintetis seperti pupuk obat-obatan untuk memberantas hama dan penyakit tanaman banyak digunakan untuk meningkatkan hasil produksi pertanian.

Walaupun cara ini bisa dikatakan berhasil, namun terdapat efek samping yang buruk dari penggunaan bahan-bahan kimia yang berlebihan. Dampak negatifnya antara lain kandungan residu yang terkandung dalam produk pertanian dapat meracuni konsumen. Selain itu, penggunaan bahan kimia berlebihan juga dapat menurunkan kualitas lingkungan.

Maka dari itu, beberapa pihak seperti pemerintah dan para ilmuwan saat ini sedang gencar-gencarnya menyuarakan pertanian organik. Salah satu tanggapan dari pemerintah adalah dengan mencanangkan Go Organic 2010. Tentunya, untuk keluar dari pola pikir para petani dalam penggunaan bahan kimia adalah dengan melakukan penyuluhan dan pemberian informasi kepada masyarakat tentang program pertanian organik.

Salah satu penyebaran informasi mengenai pertanian organik dapat dilakukan dengan mengeluarkan buku-buku panduan mengenai pertanian organik. Salah satu buku yang membahas mengenai pertanian organik adalah buku karya Bargumono yang berjudul Pertanian Organik Solusi Alternatif Pertanian. Buku ini dikarang oleh Bargumono dan diterbitkan oleh Global Pustaka Utama Yogyakarta pada tahun 2016.

Sawah

Biografi Penulis

Ir. H. Bargumono, M. Si. merupakan seorang penulis sekaligus dosen di Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta. Beliau lahir di Yogyakarta pada tanggal 12 September 1956.

Selain bekerja sebagai dosen dan penulis, beliau juga aktif sebagai praktisi lapangan, menjalin kerjasama dengan berbagai instansi negeri maupun swasta, dan aktif dalam kegiatan organisasi profesional sosial maupun keagamaan. Sebelumnya, Ir. HM. Bargumono, M. Si telah menulis berbagai macam judul buku yang berhubungan dengan pertanian, ekologi, tanaman, lingkungan, keagamaan, dan wisata alam.

Isi Buku

Buku ini sendiri memiliki panjang 23 cm dan lebar 15,5 cm. Dengan terdiri dari 114 halaman, terdapat 7 bab yang menjelaskan tentang pertanian organik.

Pada bab pertama, terdapat latar belakang atau alasan disusunnya buku ini. Kemudian, pada bab kedua, dijelaskan mengenai sejarah penemuan pertanian organik, pengertian pertanian organik, dan prinsip pertanian organik. Pada bab ketiga, dijelaskan mengenai perkembangan pertanian organik, termasuk metode pengembangan pertanian organik serta kelemahan dan kelebihan sistem pertanian organik. Untuk para petani, juga dijelaskan mengenai tantangan dan strategi dalam pengembangan pertanian organik.

Pada bab keempat, petani atau pembaca diberikan materi mengenai prinsip dasar budidaya pertanian organik dan teknik budidaya pertanian organik. Kemudian, bab kelima berisi mengenai pemasaran produk pertanian organik yang dimulai dari hambatan, strategi,  konsep, dan sertifikasi.

Bab keenam berisi tentang contoh budidaya pertanian organik di Indonesia, dimulai dari budidaya komoditas padi, sawi hijau, dan buah naga organik. Contoh-contoh tersebut akan dijelaskan secara rinci dalam buku ini. Terakhir, bab ketujuh berisi penutup yang membahas mengenai kesimpulan dari sistem pertanian organik.

Baca juga: Keuntungan dan Perkembangan Pertanian Organik di Indonesia

Petani di Sawah

Kekurangan dan Kelebihan Buku

Di buku pertanian organik ini, terdapat gambar-gambar yang menambah pemahaman bagi pembaca. Gambar yang disajikan juga jelas walaupun tidak berwarna. Selain itu, gambar-gambar yang disajikan juga membuat buku ini tidak bosan untuk dibaca sampul yang menarik yaitu judul dengan latar belakang gambar sayuran dan persawahan menarik para pembaca untuk membuka buku ini.

Pada beberapa halaman belakang, terdapat bagian indeks dimana bagian ini dapat membantu para pembaca yang kesulitan dengan kosakata baru. Yang menjadi kekurangan dari buku ini adalah gambar ilustrasi yang diberikan tidak berwarna sehingga para pembaca sulit membedakan bentuk gambar yang disajikan.

Namun, secara keseluruhan, buku ini sangat bermanfaat bagi para petani dan pelajar karena buku ini memuat tentang segala hal mengenai pertanian organik dan cocok untuk para kaum milenial yang ingin terjun ke dunia pertanian yang berkelanjutan.

Baca juga: [Review Buku] PERTANIAN ORGANIK (Persyaratan, Budidaya, dan Sertifikasi)

Penulis: Dino Laferda
Mahasiswa Universitas Muria Kudus


Sudah download aplikasi Pak Tani Digital? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.