[Review Buku] PERTANIAN ORGANIK (Persyaratan, Budidaya, dan Sertifikasi)

InfoReview Buku

Written by:

Pembahasan mengenai pertanian organik memang selalu menarik dan tak ada habis-habisnya terkhusus untuk semua orang yang menyukai pertanian organik. Pertanian organik saat ini memang didominasi oleh para petani maupun mereka yang bekerja di sektor pertanian.

Kendati demikian, masyarakat umum yang mungkin sehari-hari tidak berprofesi di bidang pertanian juga ingin menekuninya. Pasalnya, diperkirakan tidak sedikit orang di luar sana yang berhobi pertanian. Meskipun sekedar hobi, bisa saja di kemudian hari nanti bisa dikembangkan menjadi bisnis yang menguntungkan.

Ada begitu banyak sumber pembelajaran bertema pertanian organik. Salah satunya berwujud buku yang bisa kita baca. Untuk kali ini, kita akan sedikit melakukan review sebuah buku yang berjudul PERTANIAN ORGANIK (Persyaratan, Budidaya, dan Sertifikasi).

Buku pertanian ini disusun oleh Sherly Sisca Piay, Anggi S.R, Samijian dan Trie Joko Paryono. Diterbitkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Tengah, tahun 2012. Meskipun bukunya tidak terbilang baru, tetapi pembahasan yang diangkat mengenai pertanian organik bermanfaat.

Keunggulan Buku Pertanian Organik

Di dalam daftar pustaka buku ini, terdapat beberapa pembahasan yang bisa dibaca dan dipelajari seperti prinsip-prinsip pertanian organik, hal-hal yang perlu diperhatikan saat melakukan praktik pertanian organik, contoh budidaya tanaman pangan organik, sertifikasi organik, kelengkapan dokumen untuk sertifikasi, dan beberapa hal lagi terkait sertifikasi penerapan pertanian organik ini.

Pembahasan di dalam buku meliputi hal seperti proses penanamannya lebih berunsur organik yang tidak melibatkan bahan atau zat kimiawi yang bisa menyimpan residu atau racun pada tanaman serta buah yang dihasilkan. Anda bisa membaca proses atau tahapan demi tahapan dari bertani organik yang direkomendasikan. Pengetahuan bertani organik yang lengkap bisa Anda dapatkan dengan membaca buku ini.

Sebenarnya, informasi umum tersebut sudah banyak buku yang membahasnya. Perbedaannya adalah, pembahasan pertanian organik di buku ini lebih lengkap dan mendalam. Satu lagi yang menarik, yaitu perihal sertifikasi organik. Lalu, apa itu sertifikasi organik?

Kita tentu sudah mengenal sertifikasi yang berkaitan dengan produk makanan, minuman, hingga tenaga kependidikan. Seperti yang ditulis pada buku ini, sertifikasi adalah prosedur dimana lembaga sertifikasi pemerintah atau lembaga sertifikasi yang diakui pemerintah memberikan jaminan tertulis atau yang setara, bahwa pangan atau sistem pengendalian pangan sesuai dengan persyaratan.

Baca Juga : 5 Teknologi Tepat Guna yang Dibutuhkan Petani Padi

[Review Buku] Pertanian Organik (Persyaratan, Budidaya dan Sertifikasi)

Kaitannya dengan bertani tanaman organik berarti sertifikasi tersebut bertujuan untuk memberikan bukti bahwa orang atau petani yang bersangkutan sudah menerapkan pertanian organik. Selain itu, sertifikasi juga dapat dijadikan bukti untuk produk pertanian yang segar dan berkualitas bagus. Bahkan, produk tersebut bukan hanya dipasarkan di dalam negeri saja, tetapi juga di luar negeri alias diekspor.

Kekurangan Buku Pertanian Organik

Sepertinya sulit untuk menemukan kekurangan dari buku ini, jika dilihat dari materi pembahasan yang disampaikan. Hal itu disebabkan oleh penulis benar-benar menjabarkan materinya dengan jelas dan memakai bahasa yang mudah dipahami oleh masyarakat umum. Hal ini ditunjukkan pada bagian sertifikasi organik yang diperkirakan belum banyak orang mengetahuinya.

Akan tetapi, buku tidak membahas peluang-peluang bagi petani yang mempraktikkan pertanian organik. Dalam arti, hasil produk pertaniannya tersebut akan dijual atau dipasarkan ke mana. Apakah tetap dijual di pasar lokal dan umum, bercampur dengan produk-produk pertanian non-organik? Apakah mungkin ada pasar khusus yang menampung produk-produk organik tersebut? Jika berbicara mengenai pasaran produk pertanian yang akan dijual, tentu berkaitan dengan bisnis yang dijalankan.

Itulah sedikit review mengenai buku tersebut. Semoga review ini dapat membuat Anda mempertimbangkan untuk membaca buku ini, terutama bagi Anda yang berencana bertani secara organik.

Baca Juga : Pentingnya Faktor Trust dalam Transaksi Online Pertanian

Penulis : Arifin Totok

Sudah download aplikasi Pak Tani Digital? Silahkan klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.