Sensor Cerdas dalam Dunia Pertanian

Kecanggihan teknologi adalah suatu keharusan yang tidak terbendung dan selalu berinovasi di semua sektor kehidupan tidak terkecuali sektor pertanian. Banyak inovasi yang terbaru muncul untuk membantu mempermudah pekerjaan dan tentunya kehidupan.

Pak Tani Digital menemukan sudah muncul adanya peralatan pertanian yang dilengkapi dengan sensor cerdas yang dapat membaca informasi kesehatan tanaman melalui kebutuhan air, tingkat nitrogen dalam tanah, dan mendeteksi penyakit tanaman. Bahkan, sensor cerdas sudah bisa diaktifkan berdasarkan kondisi real-time di lapangan.

Sensor dalam irigasi

Sensor yang membantu mengoptimalkan pemanfaatan air dan memaksimalkan panen. (Mcgill University)

Optik-Sensing

Digunakan untuk menentukan kesehatan tanaman termasuk Trimble GreenSeeker, Topcon CropSpec, dan Opt-Rx Ag Leader. Sistem cerdas mengukur cahaya pantulan dari tanaman yang diterjemahkan ke dalam tingkat nitrogen. Kendali elektronik yang terhubung ke sensor kemudian sinyal sistem aplikasi bertujuan untuk menerapkan jumlah nitrogen yang benar untuk kebutuhan tanaman.

Trimble Greenseeker, Sensor untuk Menentukan Kesehatan Tanaman
Trimble Greenseeker, Sensor untuk Menentukan Kesehatan Tanaman (trimble.com)

Sensor Mengukur Fitur Tanah

Teknologi sensor juga tersedia untuk mengukur fitur tanah seperti konduktivitas tanah listrik, elevasi tanah, kandungan bahan organik dan bahkan pH. Sebagai contoh, Veris Technologies, Geonics, dan Dualem, semua membuat berbagai jenis sensor tanah.

Satelit Udara

Tipe lain dari sistem penginderaan adalah satelit atau pencitraan udara, yang disebut penginderaan jauh. Satelit ini menembak gambar daerah pertanian utama setiap tiga sampai empat hari untuk dicatat perbedaan dalam kesehatan tanaman. Petani kemudian dapat menerapkan nutrisi berdasarkan resep dari citra satelit.


Semoga alat-alat sensor cerdas ini dapat meningkatkan kualitas pertanian Indonesia ke depannya, menurunkan biaya perawatan tanaman, dan pastinya membuat petani semakin sejahtera.

Semoga informasi ini terus dikembangkan oleh para petani muda, inventor, untuk meningkatkan kualitas pertanian di Indonesia. (Sembiring, Yosephine)

Baca juga: 3 Teknologi Peningkatan Produksi Padi

Penulis: Yosephine Sembiring (Co-Founder Pak Tani Digital)

2 thoughts on “Sensor Cerdas dalam Dunia Pertanian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.