4 Tips Dalam Memilih Jasa Pengiriman Hasil Pertanian

Tips

Written by:

Dewasa ini, inovasi dan teknologi sudah merambat ke sektor pertanian. Dengan adanya inovasi ini, terciptalah marketplace pertanian dimana para petani dapat menjual produknya secara langsung ke konsumen secara online. Dengan begitu, para petani dapat memutus rantai distribusi dan juga memperluas pemasarannya sehingga harga jual dari petani pun dapat meningkat.

Hal ini tentu menjadi peluang yang besar bagi para petani untuk meningkatkan kesejahteraannya dengan memanfaatkan peluang tersebut semaksimal mungkin. Akan tetapi, dalam jual beli online, kita akan dihadapkan dengan jasa pengiriman yang mungkin membingungkan, terutama bagi petani yang awam atau belum tahu tentang hal ini.

Menurut Chairman Supply Chair Indonesia (SCI), sebagian besar kerusakan yang terjadi pada komoditas pertanian disebabkan oleh buruknya penanganan saat pengiriman hasil pertanian. Kerusakan tersebut dapat mencapai 40% dari total pengiriman. Oleh karena itu, sangat diperlukan ketelitian dalam memilih jasa pengiriman yang dapat menangani pengiriman hasil pertanian Anda sesuai dengan komoditasnya.

Di Indonesia, banyak sekali perusahaan yang menawarkan jasa pengiriman. Kita sebagai pelaku jual beli online harus bisa memilih jasa pengiriman yang dapat menangani komoditas pertanian dengan baik agar dapat meminimalisir terjadinya kerusakan. Maka dari itu, silahkan dibaca tips untuk memilih jasa pengiriman komoditas pertanian berikut ini.

Waktu Pengiriman

Jasa Pengiriman Hasil Pertanian

Sumber: transporindo.com

Indikator waktu pengiriman menjadi hal yang sangat penting kerena ketepatan waktu sangat dipertimbangkan. Jasa pengiriman yang terpercaya biasanya memberitahukan kapan barangnya akan sampai ke tujuan.

Informasi waktu pengiriman ini sangat dibutuhkan untuk menentukan penanganan apa yang harus diberikan pada komoditas pertanian tersebut agar barang sampai kepada konsumen dalam keadaan baik, segar, dan terjaga kualitas dan kuantitasnya.

Baca juga : 3 Alasan Petani Harus Bergabung Dengan Koperasi Pertanian

Jenis layanan yang ditawarkan

Jenis layanan yang ditawarkan oleh jasa pengiriman hasil pertanian dapat berupa pengepakan, penyesuaian suhu, sirkulasi udara, dan pengontrolan konsentrasi CO2 dan O2. Adanya layanan pengepakan bertujuan untuk meminimalisir adanya benturan/gesekan yang dapat menyebabkan kerusakan pada hasil pertanian. Pengepakan yang ditawarkan dapat berbahan kayu, sterofoam, dan juga bubblewrap.

Penyesuaian suhu, sirkulasi udara, dan pengontrolan O2 dan CO2 bertujuan untuk menghambat proses lajunya pematangan buah atau respirasi sehingga buah tidak cepat membusuk. Suhu yang direkomendasikan untuk produk sayuran adalah 0 – 4ºC sedangkan untuk produk buah – buahan 10 – 14Cº . Kelembaban yang baik untuk mempertahankan kualitas produk pertanian adalah 85 – 95%.

Untuk pengiriman penyeberangan antar pulau, baik lewat udara maupun lewat jalur laut, penyedia jasa ekspedisi biasanya akan menawarkan layanan yang bersifat perishable goods. Perishable goods digunakan untuk melindungi sayuran dan buah buahan agar mendapatkan perlakuan khusus supaya dapat mempertahankan kualitas sampai ke tempat tujuan

Harga jasa pengiriman

Setiap orang pasti menginginkan harga yang miring dengan pelayanan yang maksimal. Akan tetapi, tidak sedikit jasa pengiriman yang memiliki harga yang relatif murah tetapi mengorbankan aspek pelayanan dan ketepatan waktu. Dalam hal ini, kita harus bijak dalam memilih perusahaan mana yang menurut kita menawarkan harga terbaik tanpa mengurangi kualitas layanan dan ketepatan waktu sampai tujuan.

Jika kita memilih harga yang murah namun kualitas layanannya buruk, maka dapat dipastikan komoditas pertanian yang kita kirimkan akan mengalami penurunan kualitas. Kita harus berdiskusi dengan penerima barang tentang semua biaya yang akan dikeluarkan untuk menggunakan jasa pengiriman ini.

Eksistensi perusahaan

Eksistensi perusahaan dapat menjadi pertimbangan saat memilih jasa pengiriman. Kita perlu memilih perusahaan mana yang telah dipercaya oleh banyak orang dan telah terbukti bahwa jasa pengiriman tersebut memiliki reputasi yang cukup baik dalam hal pengiriman hasil pertanian.

Eksistensi perusahaan dapat kita cari dengan cara melihat situs web perusahaan tersebut dan melihat testimoni dari para pelanggannya. Apakah perusahaan tersebut memiliki reputasi yang baik atau buruk?

Kita juga dapat bertanya dan meminta rekomendasi dari orang yang cukup berpengalaman dan banyak mengetahui tentang perusahaan jasa pengiriman hasil pertanian.

Baca juga: 4 Cara Meningkatkan Ekspor Pertanian untuk Kesejahteraan Petani

Penulis : M. Rizki Permadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.