5 Tips Sukses Dalam Bertani

Dalam dunia pertanian, sebenarnya banyak kesempatan terbuka untuk mencapai kesuksesan. Namun di balik itu, banyak pula tantangan yang ditemukan.

Karena banyaknya kesulitan yang ditemukan, beberapa orang mungkin berpikir untuk mengakhiri usahanya di bidang pertanian.

Padahal, sebagai negara agraris, potensi pertanian Indonesia sebenarnya tidak perlu diragukan lagi. Namun tetap saja kita harus berusaha untuk membuat pertanian kita semakin baik.

Itu sebabnya dikatakan bahwa setiap usaha pasti memiliki rahasia sukses dibaliknya.

Bacalah 5 tips di bawah ini untuk mencapai kesuksesan dalam pertanian.

1. Membuat rencana

aplikasi pertanian
Source: unsplash.com

Untuk meraih kesuksesan dalam pertanian, terutama yang berkaitan dengan perekonomian petani saat ini, rencana memainkan peran yang sangat penting.

Oleh karena itu, buatlah rencana pertanian versimu. Bila perlu, tuliskan semua rencana-rencanamu pada buku khusus.

Rencana-rencana tersebut mungkin berkaitan dengan produk apa yang ingin ditanam di waktu tertentu, produk apa yang ingin dijual, bahkan perencanaan keuangan seperti modal pembelian bibit hingga biaya tambahan jika salah satu alat pertanian yang kamu gunakan rusak.

Jangan lupa untuk membuat rencana operasi. Pikirkan apa aktivitas yang akan kamu lakukan untuk membuat pertanianmu berhasil dan siapa yang terlibat di dalamnya.

Misalnya, siapa yang akan mengoperasikan traktor, siapa yang akan menjemput hasil panen, dan sebagainya.

2. Temukan orang lain untuk diajak bekerja sama

Apapun aktivitas yang kita lakukan, kita pasti membutuhkan orang lain, termasuk dalam pertanian. Peran orang lain untuk meraih kesuksesan pertanian dapat disebut sebagai sistem pendukung.

Dari orang lain, kamu bisa memperoleh informasi tentang pertanian, memberimu solusi saat pertanianmu sedang berada dalam masalah, bahkan mereka bisa menjadi tim yang membantumu memasarkan hasil pertanian.

Baca: Hai Generasi Muda, Berani Jadi Petani?

3. Fokus melakukan hal yang dapat kamu lakukan dengan baik

menjadi petani yang sukses
Source: unsplash.com

Jika orang lain sukses menanam padi, kamu mungkin ingin segera mengembangkan tanaman yang sama. Kemudian, kamu melihat orang lain lagi yang sukses menanam lemon, lalu kamu berpikir untuk mengganti padi dengan lemon.

Jika kamu terus-menerus memegang prinsip demikian, kamu tidak akan pernah menemukan kesuksesan dalam pertanian. Hal ini karena sikap fokus dibutuhkan untuk meraih kesuksesan.

Hanya ada 24 jam dalam sehari. Oleh karena itu, fokuslah mengembangkan tanaman sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki.

Jika kamu pandai mengembangkan tanaman jagung, fokuslah dalam hal tersebut. Jangan memaksa dirimu menanam beragam tanaman jika kamu memang belum siap.

Walaupun demikian, tidak salah jika kamu mempelajari hal baru. Misalnya jika kamu tidak pandai bertani apel, kamu bisa belajar pada orang yang sudah berpengalaman mengembangkan bibit dan tanaman apel.

Jika kamu sudah siap, kamu bisa mengembangkan tanaman apel di lahanmu tanpa mengabaikan tanaman yang sebelumnya sudah kamu fokuskan.

4. Fokus pada tanaman yang lebih berpotensi memberimu penghasilan

Sebagian orang mungkin menempatkan pertanian dan cocok tanam sebagai hobi. Namun, jika kamu memang ingin menjadi seorang petani yang sukses, kamu tidak boleh asal mengembangkan tanaman.

Pikirkanlah potensi penghasilan yang dihasilkan oleh tanaman yang kamu kembangkan. Jika di daerahmu tanaman jeruk sangat laku di pasar dan memiliki harga tinggi, cobalah untuk menanam jeruk.

Baca: 5 Jenis Tanaman Hortikultura

5. Bersikap fleksibel

Meskipun kamu sudah merasa mantap dengan rencana yang telah kamu susun, jangan pernah ragu mengubah rencana tersebut jika ia tidak berjalan baik.

Ingatlah bahwa setiap usaha pasti memiliki titik gagal. Jika kamu gagal menanam cabai dengan cara tertentu, cobalah cara lain hingga kamu berhasil membudidayakannya.

Penulis: Hutri Cika Berutu 

Sudah download aplikasi Pak Tani Digital? Klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.