3 Manfaat Utama Tanaman Saffron Crocus

Mau tau informasi mengenai manfaat saffron crosus? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Tanaman Safffron Crosus

saffron

Baca juga: Mengetahui Cara Budidaya Tanaman Saffron Crocus

Bunga Saffron asalnya dari bunga Crocus Sativus yang dalam bahasa Arab disebut Za’faran, dan orang Melayu menyebutnya kuma-kuma.

Saffron Crocus sering dijuluki Vegetable Gold (Sayuran Emas), Gold of Dessert (Emas Padang Pasir), Spice King (Rajanya Bumbu), Spice Queen (Ratunya Bumbu) dan masih banyak lagi.

Tanaman ini adalah tanaman termahal di dunia dnegan memiliki segudang manfaat yang baik buat kesehatan. Pada setiap bunga Crocus ini mempunyai tiga kepala putik atau biasa disebut stigma.

Bagian tangkai putik, tangkai yang menghubungkan antara kepala putik dan bagian dalam bunga ini yang disebut Saffron Crocus. Sebelum dikemas atau dipakai bagian tangkai ini pada umumnya dikeringkan terlebih dulu.

Keistimewaan bunga ini terletak pada fisik bungany yang sangat indah, dengan keanggunan bunganya maka sering diincar oleh banyak orang.

Sayangnya saffron Crocus ini mahal yaitu sebab bersal dari tangkai putiknya, sebab jumlah putik pada bunga cuma sedikit maka tanaman ini menjadi salah satu rempah termahal di dunia.

Untuk harga 1 kilogram saffron crocus bisa mencapai 10-12 juta rupiah, hal ini dikarenakan dalam 1 tangkai bunga Crocus Sativus cuma menghasilkan 3 tangkai Saffron Crocus dan itupun harus masih harus diseleksi kualitasnya.

Memproduksi Saffron Crocus dalam jumlah besar di dunia cuma beberapa negara di Timur Tengah dan beberapa negara Eropa seperti India, Iran, Kashmir (lembah perbatasan India-Pakistan), Yunani, Italia, dan Spanyol.

Manfaat Bunga Saffron Crocus

Saffron crosus ini memiliki tiga manfaat bagi kehidupan manusia

saffron
pxhere.com

Baca juga: Ketahui Manfaat Andaliman, Rempah Dari Tanah Batak

Sebagai Bahan Makanan

Saffron Crocus merupakan bahan yang kerap dipakai dalam makanan sebagai bumbu. Yang paling sering ditemui ialah pemakaian Saffron Crocus pada Nasi Briyani, makanan khas India.

Warna kuning yang muncul pada Nasi Briyani yang asli bukan berasal dari kunyit, tetapi dari Saffron Crocus. Saffron Crocus pun memberi rasa khusus pada Nasi Briyani tersebut yang memberi ciri khas.

Semakin banyak pemakaian Saffron Crocus pada makanan akan memberikan warna yang kian gelap. Dengan kadar yang terlalu banyak pun akan memberikan rasa pahit pada makanan.

Sebagai Kesehatan

Saffron Crocus mempunyai banyak kandungan zat yang bersifat Antikarsinogenik yang berfungsi mencegah kanker, Antioksidan yang berfungsi mencegah radikal bebas, dan Antimutagenik yang berfungsi mencegah mutasi gen.

Saffron Crocus mengandung beragam nutrisi seperti serat, protein, vitamin A (karotene), B, dan C, selenium, kalium, magnesium, zinc, natrium, fosofor dan asam folat.

Saffron Crocus mempunyai khasiat yang bisa mencegah penyakit-penyakit yang berkaitan dengan syaraf seperti Parkinson dan Alzheimer.

Manfaat lainnya yaitu menjaga fungsi organ-organ dalam tubuh, menjaga kelancaran aliran dan tekanan darah dan kolesterol, menaikkan stamina, mengobati sembelit, menaikkan kesehatan mata,

Menaikkan hormon kesuburan, mengobati depresi, mengurangi risiko penyakit jantung, melancarkan haid, dan menambah kemampuan ingat.

Sebagai Parfum

Saffron Crocus mempunyai harum flora yang khas dan natural, yang bisa memberikan ketenangan pada pikiran dan dapat membuat orang yang mencium wanginya menjadi lebih relaks.

Orang-orang di Timur Tengah telah lama memakai Saffron Crocus ke dalam campuran wewangian mereka. Konon orang yang sedang sakit kepala saat mencium harum Saffron Crocus ini dapat reda sakitnya.


Itulah informasi mengenai manfaat tanaman saffron crocus. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: 6 Manfaat Minyak Cengkeh Bagi Kesehatan

Penulis: Rini Itona

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Sumber:

  • https://bibitonline.com/artikel/manfaat-tanaman-hias-bunga-saffron-penghias-dan-rempah
  • https://www.alodokter.com/ini-manfaat-saffron-bagi-kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.