5 Tips Mudah Menanam Bunga Asoka Agar Cepat Berbunga

Apakah kalian sudah tahu tips mudah menanam bunga asoka? yuk, jadiin artikel ini sebagai panduan kamu agar tanaman cepat berbunga.

Bunga Asoka merupakan salah satu jenis tanaman hias yang digemari banyak orang, karena dapat memperindah pemandangan. Bentuk dan wangi bunga ini dinilai sangat unik selain itu, dapat tumbuh bergerombol.

Bunga ini pun memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, seperti menyembuhkan wasir, keram betis, luka memar, dan haid yang tidak teratur.

Pengobatan menggunakan bunga asoka dinilai sangat ampuh bagi banyak orang. Sehingga tak heran bila bunga ini seringkali ditanam oleh banyak orang.

Tips Mudah Menanam Bunga Asoka

Berikut ini merupakan 5 tips mudah yang bisa Anda lakukan untuk menanam bunga asoka, diantaranya adalah:

Baca Juga: Ikutin Langkah Mudah Ini Untuk Menanam Bunga Lavender

Menyiapkan Bibit Tanaman

Terdapat dua cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan bibit bunga asoka, seperti cara cangkok dan cara stek. Untuk mendapatkan bibit yang baik, Anda harus memilih indukan yang berkualitas dan produktif. Berikut penjelasannya:

Cara Stek

Pilihlah batang yang sudah berumur tua, yaitu yang berukuran 15 cm. Setelah itu, potong batang tanaman dengan gunting atau alat potong lainnya yang bersih dan tajam. Karena, alat potong yang tidak bersih, menyebabkan tanaman terserang penyakit.

Sebelum masuk kedalam proses penyemaian, Anda bisa memasukkan rempalan batang dalam air. Hal itu, juga bisa menjaga kesegaran tanaman.

Cara Cangkok

Pilihlah batang yang sudah tua setelah itu, tentukan area batang pencangkokan, lalu kupas kulitnya hingga terkena lapisan kambium batang.

Jangan lupa untuk menutup bagian kulit tersebut menggunakan tanah serta pupuk kandang yang sudah tercampur. Ikat tanah tersebut menggunakan sabut kelapa atau plastik, lalu siram dengan air bersih.

bibit asoka
tokopedia.com

Penyemaian tanaman

Agar dapat tumbuh maksimal, Anda bisa melakukan penyemaian tanaman asoka. Ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan, seperti pupuk kandang serta tanah gembur yang telah dicampur sama rata, lalu dimasukkan ke dalam polybag.

Lepaskan ikatan plastik maupun sabut kelapa tanpa merusak tanah yang sudah terbentuk. Setelah itu, masukkan bibit hasil stek maupun cangkokan kedalam polybag yang sudah terisi, hingga seukuran pangkal batang.

Jangan lupa untuk melakukan penyiraman secara teratur, yatu sehari sekali aagr tanah tetap lembab. Karena, kelembaban tanah membuat akar lebih cepat tumbuh.

Diamkan selama 2 minggu atau hingga daun muda tumbuh. Setelah itu, pindahkan tanaman ke tempat yang Anda inginkan.

Baca Juga: Yuk Kenali Cara Mudah Menanam Bunga Chamomile

Penanaman Bunga Asoka

Penanaman bunga asoka dilakukan di tanah yang subur dan gembur. Buatlah lubang tanam yang sudah diberi pupuk kandang. Waktu yang baik untuk menanam bunga ini yaitu pada pagi atau sore.

Karena, waktu pagi atau sore hari kelembaban tanah masih terjaga, dibandingkan pada siang hari ketika cahaya matahari sangat terik.

Tanam bunga asoka harus berada di tempat yang terkena cahaya matahari untuk membantu proses fotosintesis. Sehingga pertumbuhan bunga ini dapat berjalan dengan baik.

bunga asoka
tukangtaman-pesoanaalam.com

Perawatan Bunga Asoka

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus melakukan perawatan dengan baik. Perawatan tanaman bunga asoka pun dinilai sangat mudah, diantaranya sebagai berikut:

  1. Lakukan Penyiraman secara rutin menggunakan air bersih. Karena, air yang kotor memiliki kandungan bakteri yang akan menyebabkan tanaman terkena bibit penyakit.
  2. Berilah Pupuk Lanjutan, ketika tanaman dipindahkan ke lubang tanam menggunakan jenis pupuk daun agar tanaman tumbuh dengan optimal. Karena pupuk ini bisa merangsang tanaman agar menumbuhkan daun dan bunga lebih banyak
  3. Lakukan Penyiangan, untuk menghilangkan gulma yang berada di sekitar tanaman bunga. Karena, gulma merupakan tanaman liar yang dapat mengganggu pertumbuhan bunga asoka, dan mengurangi keindahannya. Selain itu, gulma juga dapat mengambil nutrisi yang terkandung dalam tanah.

Masa Berbunga

Anda bisa menikmati keindahan bunga asoka ketika musim hujan, karena pada saat itu kelembaban tanah terjaga dengan baik. Bunga ini dapat berkembang dan mekar hingga 3 bulan lamanya.


Itulah 5 langkah menanam bunga asoka dengan mudah yang bisa Anda coba. Anda bisa menghiasi rumah lebih indah dengan kehadiran bunga ini.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: 5 Tahap Budidaya Bunga Desember Supaya Rajin Berbunga

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber:

  • http://ilmubudidaya.com/cara-menanam-bunga-asoka

Sumber gambar utama: tokopedia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.