Cara Menanam Terong Gelatik di Pekarangan

Apakah Anda ingin menanam terong gelatik di pekarangan rumah Anda? Pak Tani Digital akan membagikan langkah-langkahnya.

Terong merupakan salah satu dari 10 sayuran paling penting di dunia. Di Indonesia, terong termasuk dalam 10 besar sayuran dengan produksi tertinggi setelah kubis, kentang, kacang panjang, bawang merah, jamur, sawi, cabe, dan daun bawang

Masyarakat sudah mengenal beberapa jenis terong seperti terong ungu, terong putih, atau terong hijau. Ada juga terong hitam yang dikenal sebagai terung Jepang. Terung hitam disebut demikian karena warna ungu (antosianin) yang sangat pekat sehingga tampak seperti hitam.

Beberapa jenis terung tersebut memiliki buah yang bulat panjang berbentuk oval. Tetapi, ada pula terong yang buahnya hanya seukuran bola pingpong. Nah, terong yang dimaksud ini adalah terong gelatik.

Terong ini memiliki tinggi 40 – 150 cm. Bunganya berwarna putih hingga ungu dengan lima mahkota bunga. Buahnya yang bulat seukuran bola pingpong itu ada yang berwarna hijau, ada pula yang berwarna ungu.

Khasiat

Terong gelatik mengandung nilai gizi yang beragam seperti protein, karbohidrat, lemak, serta vitamin dan mineral.

Mineral yang banyak terdapat dalam terong gelatik adalah seng (0,16 mg), kalium (230 mg), kalsium (15 mg), fosfor (25 mg), magnesium (14 mg), zat besi (0,24 mg), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B 1 (Thiamine), Vitamin B3 (Niacin), Vitamin B9 (folat), Vitamin B6, Vitamin B5, Vitamin C, dan A, serta serat pangan.

Dengan beragam nilai gizi tersebut, terong gelatik memiliki khasiat yang penting bagi kesehatan kita.

Warna ungu pada kulit terong gelatik ungu bermanfaat untuk menstimulasi kerja sel pada sumsum tulang, berperan dalam produksi sel darah putih dan merah, mencegah atau melawan kanker, pendarahan wasir, luka borok, dan bersifat antioksidan.

Terong Gelatik
Terong Gelatik | Foto: uniek88.wordpress.com

Warna ungu pada kulit terong merupakan antosianin  yang mengandung senyawa flavanoid yang berguna untuk melindungi sel dari sinar ultra violet. Antosianin juga bisa membantu pengobatan penyakit seperti kanker dan jantung.

Terung juga mengandung  elemen yang disebut nasunin yang  membantu mengatasi sel-sel kanker yang ada didalam tubuh.

Terung mengandung asam amino tripsin sebagai inhibitor yang melawan zat pemicu kanker. Konsumsi terung secara rutin dapat membantu mengatasi kerusakan yang terjadi pada sel yang mengalami penyimpangan kromosom/terkena kanker.

Kandungan serat dalam terung sangat bermanfaat untuk memperlancar pencernaan dan buang air besar. Sebab itu, konsumsi terung secara teratur dapat membantu menurunkan berat badan.

Mengonsumsi terung menyebabkan seseorang tidak mudah lapar dan membantu memperlancar proses metabolisme tubuh serta membantu proses pembakaran lemak tubuh.

Kandungan serat dalam terung juga sangat baik bagi penderita diabetes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, jika mengonsumsi terung secara teratur, maka kadar gula akan menurun dan stabil.

Sumber Lalapan

Terong gelatik dapat dikonsumsi dalam berbagai menu masakan yang digemari seperti balado terung, tumis terong, masak terong bulat dada ayam, oseng terung bulat ijo, dan lain-lain.

Terong gelatik dapat pula dikonsumsi mentah sebagai lalapan. Cuci bersih buah terongnya, lalu siap dikonsumsi sebagai terong gelatik lalap sambal bawang atau terong gelatik lalap sambal terasi.

Baca juga: Manfaatkan Bahan Dapur Ini untuk Sumber Benih Kebun Kamu

Budidaya Terong Gelatik di Pekarangan

Siapa pun dapat memperoleh manfaat dari terung gelatik dengan membudidayakannya di pekarangan.

Anda dapat bertanam terung gelatik dalam pot atau polibag. Ini merupakan tren bertani di pekarangan sempit atau umumnya pada pertanian kota.

Tanaman Terong Gelatik

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Menyemai Benih

  • Siapkan benih terung gelatik. Anda bisa membeli di toko pertanian.  Anda bisa memilih terung gelatik hijau atau ungu atau dua-duanya.
  • Semaikan benih atau biji terung gelatik. Rendam terlebih dahulu dalam air hangat 35-45oC selama 30 menit. Tiriskan lalu semaikanpada pot tray atau polibag dengan media semai yang merupakan campuran tanah dan kompos (pupuk kandang yang sudah matang).
  • Setelah bijinya ditebarkan, tutup dengan lapisan tipis campuran tanah dan kompos (media tanam).
  • Siram dengan air sampai lembab. Benih akan berkecambah pada umur 4-5 hari setelah semai.

Siapkan Media Tanam

  • Siapkan pot atau polibag sebagai wadah media tanam. Pilih polibag dengan diameter 30 cm. Untuk pot,bisa dipilih yang terbuat dari tanah, plastik, kaleng bekas cat, atau drum. Dasar pot dilubangi agar tidak tergenang air ketika disiram.
  • Siapkan pula media tanam. Anda bisa membeli di toko-toko sarana produksi pertanian yang sudah dikemas dalam kantong plastik. Anda juga bisa menyiapkannya sendiri dengan komposisitanah, sekam, pupuk kandang, perbandingannya 1:1:1. Bisa juga tanah dan pupuk kandang (yang sudah matang menjadi kompos) dengan perbandingan 1:1. Anda dapat menambahkan pupuk anorganik NPK.
  • Tambahkan sedikit pecahan batu bata merah pada dasar pot atau polibag sebagai pengendali drainase. Lalu,masukkan media tanam ke dalam pot atau polibag.
  • Siram dengan air sampai jenuh. Pot atau polibag ditempatkan di ruang terbuka untuk mendapatkan sinar matahari

Pemindahan Bibit

  • Bibit terong gelatik siap dipindahkan dari persemaian ke pot atau polibag apabila sudahberumur 3 minggu setelah semai atau sudah memiliki 3-4 daun, batang kokoh, dan perakaran berkembang baik. Lakukan penanaman dengan baik dan hati-hati.
  • Penyiraman dapat dilakukan setiap hari atau 2 hari sekali tergantung keadaan kelembaban pot atau polibag.
  • Bersihkan gulma atau rumput liar yang tumbuh dan gemburkan media tanam. Ajir dapat diberikan untuk menopang tanaman agar dapat tumbuh tegak dan merambat serta menopang bobot tanaman yang berat setelah nanti berbuah.

Pemanenan

  • Terung gelatik sudah dapat berbuah 55-60 hari setelah tanam. Buah terung gelatik dapat dipanen saat masih muda sehingga sesuai untuk dikonsumsi sebagai lalapan.
  • Terung gelatik dapat berbuah selama 5-6 bulan bila dirawat dengan baik sehingga dapat memberikan hasil panen yang berkesinambungan.

Itulah langkah-langkah dalam menanam terong gelatik. Nah, apakah kamu tertarik Sobat PTD?

Klik & Baca: Tips Budidaya Terong Ungu Bagi Pemula

Penulis : Norbertus Kaleka

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.