Ciptakan Alat Pengusir Tikus Dengan Tenaga Surya

Mau tau informasi alat pengusir tikus dengan tenaga surya? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Alat Pengusir Tikus

Keresahan Petani

alat pengusir tikus
abahtani.com

Baca juga: Sayembara Berburu Serangan Hama Tikus di Magetan

Tikus merupakan hama yang selalu mengganggu para petani. Serangan hama tikus ini juga terkadang bisa memebuat petani gagal panen hingga rugi besar.

Banyak hal yang dilakukan petani untuk mengusir tikus-tikus nakal ini dan banyak petani yang menjadi korban akibat kesetrum saat menjebak tikus.

Namun sayang nya, tikus juga akan tetap kembali untuk menggerogoti hasil tanaman petani, hingga ada sayembara untuk menangkap tikus dengan memberi imbalan.

Penemuan Alat Pengusir Tikus

Dengan melihat serangan hama tikus yang tidak berhentinya, salah satu petani bernama Istirahajo warga Desa Mlilir, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, untuk menciptakan sebuah alat pengusir tikus yang aman bagi manusia.

Alat pengusir ini berenaga surya yang menggunakan panel, yang dapat mengeluarkan gelombang ultrasonic ini diklaim ramah lingkungan karena bertenaga surya. Gelombang ini diyakini dapat mengusir tikus dalam radius hingga satu hektare.

alat pengusir tikus
detik.com

Baca juga: 3 Cara Ampuh Mengusir Hama Wereng dan Tikus

Cara kerja alat ini yakni tenaga matahari yang ditangkap panel surya diubah menjadi energi listrik dari mesin. Listrik ini menghidupkan mesin yang menghasilkan gelombang ultrasonik. Gelombang ultrasonik ini akan bekerja memberikan efek suara yang mengganggu tikus.

Gelombang ultrasonik merupakan suara atau getaran dengan frekuensi yang terlalu tinggi yang bisa didengar telinga manusia.

Namun untuk alat ini gelombang suara yang dihasilkan di atas 20 kilohertz dan hanya dapat didengar oleh beberapa hewan. Dari alat itu akan mengganggu syaraf tikus yang hendak menggerogoti padi.

Hewan itu terpaksa pindah jika tak mau mati kelaparan. Dalam pembuatan alat ini, kami dibantu oleh pemerhati pertanian Madiun. Hingga akhirnya alat tersebut pun jadi.

Uji coba dlakukan di lahan petani yang hasilnya efektif mengurangi serangan tikus karna saat dihidupkan, banyak tikus yang berlarian meninggalkan areal sawah.

Raharjo akan mengembangkan alat pengusir tikus agar jangkauannya bisa lebih luas lagi dan harganya makin terjangkau oleh petani. Saat ini satu alat pengusir tikus dengan panel surya dijualnya Rp 9 juta per unit.

Alat ini juga sudah diminati oleh beberapa petani dari luar daerah seperti di Jawa Barat dan Bali.


Itulah informasi mengenai alat pegusir tikus yang aman bagi manusia. Semoga informasi yang diberika dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Serangga Terancam Punah, Apa Penyebabnya?

Sumber: Kompas.com

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

One thought on “Ciptakan Alat Pengusir Tikus Dengan Tenaga Surya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.