Donasi Jaga Pangan Indonesia, YBBB x Pak Tani Digital Salurkan 200 Paket Bantuan Tahap 1

Yayasan Bersama Berbagi Berkat x Pak Tani Digital menyalurkan paket bantuan tahap 1 dari donasi campaign Jaga Pangan Indonesia di Kitabisa.com

Di masa pandemi COVID-19, petani harus bekerja keras melipat-gandakan produktivitas panen untuk menjamin ketahanan pangan seluruh masyarakat Indonesia. Namun, pada saat produksi pangan terus digenjot, pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mengakibatkan petani dan buruh petani menghadapi masalah rantai distribusi hasil panen.

Jika distribusi pangan mengalami hambatan, tidak ada pemasukan untuk memenuhi kebutuhan pokok mereka sehari-hari. Jika kebutuhan pokok saja tidak terpenuhi, petani dan buruh petani akan mengalami kesulitan meningkatkan kualitas dan kuantitas panen mereka.

Yayasan Bersama Berbagi Berkat (YBBB) X Pak Tani Digital menyalurkan 200 paket bantuan tahap 1 untuk membantu petani dan buruh petani menghadapi masa pandemi, berisi item lengkap beras, minyak goreng, mie instan, hand sanitizer, serta Pupuk Organik Cair (POC), di wilayah Gresik (Kecamatan Cerme) dan Sidoarjo (Kecamatan Balongbendo & Tarik), Jawa Timur.

Menggandeng Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Gresik, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sidoarjo, serta Himpunan Kerukunan Petani Indonesia (HKTI), penyaluran sembako yang dibagi menjadi 2 kloter berlangsung lancar pada 21 dan 22 Mei 2020. Sebanyak 200 paket bantuan tuntas disalurkan secara terorganisir untuk memastikan penerima paket bantuan tepat sasaran.

Baca Juga: Soft Launching Sayur Medan, Aplikasi Belanja Online Kebutuhan Dapur

Donasi Jaga Pahlawan Pangan

Penyaluran Paket Bantuan ini merupakan bagian dari campaign Jaga Pangan Indonesia yang diinisiasi oleh Yayasan Bersama Berbagi Berkat (YBBB) bekerjasama dengan KitaBisa.com. Bentuk kepedulian yang mendalam terhadap jasa-jasa petani dan buruh petani selama masa pandemi mendorong penggalangan donasi yang lebih besar dan berdampak.

Patungan publik tersebut akan digunakan untuk menyokong kebutuhan pokok petani dan buruh petani, sehingga mereka tetap memiliki asa untuk menanam. Selain Gresik dan Sidoarjo, YBBB juga sudah menarget wilayah-wilayah lain untuk penyaluran sembako selanjutnya.

Dana hasil donasi di KitaBisa.com akan dicairkan secara bertahap dan langsung disalurkan kepada petani yang membutuhkan dengan melakukan kolaborasi pendistribusian dengan dinas terkait, komunitas, serta relawan

Jaga Pangan Indonesia adalah campaign untuk seluruh masyarakat Indonesia. Tanpa petani, mau makan apa kita? Kalo selama ini tenaga kesehatan selalu digaungkan berdiri di garda terdepan kesehatan, jangan pernah lupa kita punya petani dan buruh petani yang berdiri di garda terdepan ketahanan pangan.”, jelas Scorpi Filia Setri, pimpinan YBBB ketika ditemui di tempat terpisah.

Donasi KitaBisa Pahlawan Pangan

Dengan target pengumpulan donasi sebesar Rp. 10 Miliar, diharapkan paket bantuan yang diberikan dapat menjangkau lebih banyak petani di seluruh wilayah Indonesia.

Yayasan Bersama Berbagi Berkat (YBBB) percaya bahwa menjaga pangan Indonesia bukan hanya tugas pemerintah atau para petani dan buruh petani saja, namun juga tugas kita semua. Oleh karena itu, YBBB masih membuka kesempatan bagi siapa pun untuk turut bergabung di patungan publik membantu petani dan buruh petani selama masa pandemi ini.

Salurkan Donasi Anda: Donasi KitaBisa Jaga Pangan Indonesia


Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.