Ikuti 5 Tahap Ini untuk Budidaya Daun Bidara

Bagi kamu yang tertarik untuk melakukan budidaya daun bidara. Yuk, ikutin 5 tahap pembudidayaannya pada artikel pertanian kali ini.

Ziziphus Mauritiana atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan pohon bidara dan pohon jujube ini dipercaya berasal dari Cina.

Tak sedikit orang yang melakukan budidaya daun bidara karena memiliki manfaat seperti menangkal jin dan ilmu sihir, digunakan sebagai pembersih, serta mengatasi gejala dan menyembuhkan depresi.

Pasalnya senyawa yang dikandung dalam daun ini memberikan efek nyaman pada manusia. Pohon bidara memiliki ukuran sedang dan dapat tumbuh sampai 40 kaki, daunnya berwarna hijau mengkilap, serta kulit abu-abu yang terang.

Pohon ini memiliki buah yang berbentuk lonjong atau oval yang awalnya bewarna hijau lalu menjadi warna coklat. Buah ini akan menjadi kering dan keriput ketika tetap berada pada pohon.

5 Tahap Budidaya Daun Bidara

Cara menanam pohon bidara dan menumbuhkan daun bidara yang banyak bukanlah hal sulit. Yang terpenting Anda menanam pada tanah gembur serta  berpasir. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini merupakan 5 Tahap Budidaya Daun Bidara:

Baca Juga: Mengetahui Cara Menanam Daun Arugula Sivelta

Menumbuhkan Pohon Dari Biji

Banyaknya manfaat daun bidara, menjadi alasan seseorang untuk membudidayakannya. Sebelum budidaya daun bidara, Anda perlu menumbuhkan pohonnya terlebih dahulu dari biji.

Ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan seperti pisau kecil, lumut, mangkuk, handuk kertas, kantong plastik, kantong kertas, pot, media pot, serta tempat perkecambahan.

Anda perlu mendapatkan biji yang telah matang (berwarna coklat kemerahan), sebanyak 3 atau 4 buah. Yakni dengan memotong panjang area buah menggunakan pisau.

Rendam biji dalam air hangat sekitar 1 jam, setelah itu dibilas dan dikeringkan dengan handuk kertas. Masukkan biji di kantong kertas serta diletakkan di tempat yang bersuhu 70° Fahrenheit.

Pindahkan bibit pada cold storage 2-3 bulan. Bungkus kembali biji dari lumut sphagnum yang lembab serta simpan di kantong plastik tertutup.

Kemudian simpan benih tersebut dalam kulkas hingga 2-3 bulan, setelah itu keluarkan kembali dan letakkan ke dalam mangkuk.

Tutup bibit menggunakan air rebusan serta merendamnya hingga 24 jam. Lalu gosok setiap biji tersebut menggunakan serabut baja hingga terdapat perebutan benih.

Tabur benih pada pot 4 inci dicampur dengan pot steril. Lakukan penyiraman pot yang sudah disemai. Setelah itu simpan benih dalam rumah dekat jendela yang cerah.

Lalu hangatkan pot menggunakan tempelan perkecambahan pada siang hari 80 f serta malam hari 60 f. Perhatikan tingkat kelembaban, Anda bisa memberikan air. 3-4 minggu perkecambahan, Anda bisa menyimpannya dan memindahkan pada siang hari.

Lalu hangatkan pot pada malam hari, setelah itu, lepas tikar perkecambahannya. Serta pindahkan bibit di tempat terbuka dan hangat serta terlindungi dari suhu lebih dari 55 F pada malam hari.

Bibit tersebut akan menumbuhkan daun dewasa atau matang, Anda bisa melakukan transplantasi bibit hingga 2 pot yang terisi tanah.

daun bidara
idntimes.com

Pemangkasan

Melakukan pemangkasan tanaman ketika musim kemarau. Pemangkas tangan bisa dilakukan untuk kayu maupun ranting dengan diameter setengah cm.

Serta dengan Bypass loppers untuk kayu 1/2 inci serta 22 cm. Sterilkan peralatan pemangkasan untuk menghindari penyakit.

Baca Juga: Inovasi Baru Daun Teh Gambir yang Menambah Pendapatan Petani

Tanam Pohon di Tanah

Budidaya daun bidara didapat dari biji. Ada Banyak varietas yang dijual di toko sebagai pohon cangkok langsung tanam. Tanaman daun bidara dapat mentolerir macam-macam tanah dengan PH 7,8.  Namun, Anda perlu melakukan drainase dengan baik.

Daun bidara memerlukan pembuahan, Anda bisa menggunakan 0,2 lb nitrogen berinti diameter batang. Oleskan pupuk tersebut sebelum memasuki masa pertumbuhan. Berikan pupuk sampai 3 pemberian di bulan April, Mei, Juni.

budidaya daun bidara_
bukalapak.com

Menentukan Iklim

Pohon daun bidara sangat suka pada iklim panas serta kering. Tanaman ini dapat mekar larut ketika musim hujan guna menghindari embun yang berlebihan.

Penyakit serta Masalah

Permasalahan pada daun bidara yaitu busuk akar kapas. Anda tak perlu menanam pohon di tempat sebelumnya (yang sama) karena akan mati.

Permasalahan lainnya ada pada pertumbuhan akar, dimana terdapat semak  pada pohon dewasa. Sehingga, Anda perlu segera memotong akar yang tumbuh. Anda perlu melakukannya dengan hati-hati.


Itulah 5 tahap untuk budidaya daun bidara yang bisa Anda lakukan. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: Daun Parijata Sumber Daya Genetik Asli Jepara

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber:

  • http://ilmubudidaya.com/cara-budidaya-daun-bidara

Sumber gambar utama: sarehat.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.