Jenis-Jenis Tanaman Hias Terbaik untuk Pekarangan Rumah

Buat kamu yang lagi kebingungan dalam memilih tanaman hias yang bagus untuk dipekarangan rumah. Yuk, simak artikel berikut ini.

Tanaman hias adalah tanaman yang ditanam dalam kepentingan estetika untuk menghias rumah, taman, ruangan, riasan ataupun upacara. Tanaman ini mencakup semua tumbuhan baik berupa terna, semak, merambat, perdu, atau pohon.

Jenis-Jenis Tanaman Hias Untuk Pekarangan Rumah

Jika Anda mencari referensi jenis-jenis tanaman hias terbaik untuk pekarangan rumah Anda, berikut adalah daftar tanaman yang dapat di pertimbangkan:

Baca Juga: Panduan Budidaya Bunga Aglaonema Hingga Perawatannya

Aglaonema

Masyarakat mengenal aglaonema dengan sebutan sri rejeki. Tanaman ini merupakan tanaman hias daun yang memiliki daun berbentuk oval dan memiliki corak warna daun yang beragam.

Perawatan sri rejeki sangatlah mudah, yang terpenting adalah tanaman ini harus mendapatkan sinar matahari yang cukup, namun saat kemarau tanaman ini akan mudah layu.

bunga_aglonema
bukalapak.com

Beringin

Tanaman yang satu ini termasuk suku Moraceae. Beringin dapat dijadikan tanaman hias outdoor maupun indoor. Selain itu, beringin juga banyak dijadikan bonsai.

Anthurium

Tanaman anthurium berasal dari famili Araceae dan terdapat kurang lebih 1000 jenis marga anthurium anggota famili Araceae. Daunnya yang unik, bervariasi dan indah menjadi daya tarik tanaman ini.

Daunnya berwarna hijau tua dan memiliki urat dan tulang daun menonjol. Pada masa kejayaannya, tanaman ini pernah berharga sampai ratusan juta rupiah.

Apu-Apu

Apu-apu merupakan tumbuhan air yang biasanya kita jumpai mengapung di kolam. Tumbuhan ini dapat menyerap kandungan logam dalam air dan juga biasa digunakan sebagai pelindung aquarium.

Pakis Haji

Pakis haji merupakan salah satu jenis pakis (Cyras) yang umum dijumpai di Indonesia. Tanaman ini memiliki nama ilmiah Cyras rumphii dan merupakan tanaman asli Indonesia. Tanaman ini umumnya digunakan sebagai penghias taman atau pekarangan.

Cocor Bebek

Cocor bebek merupakan tumbuhan sukulen yang berasal dari madagaskar. Tanaman ini dikenal karena reproduksinya menggunakan daun yang unik.

Baca Juga: Membuat Taman Vertikal? 30 Jenis Tanaman ini Bisa Kamu Coba

Keladi

Tanaman bergenus Caladium ini berasal dari hutan Brazil dan memiliki bentuk daun khas seperti bentuk hati dan dilapisi lapisan lilin.

Saat musim kemarau, keladi akan menghilangkan daunnya sebagai bentuk dormansi, kemudian nantinya akan tumbuh kembali saat ketersediaan air mencukupi.

bunga keladi
nusabudidaya.com

Hanjuang

Hanjuang merupakan tanaman perdu berbatang yang umum dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Selain perawatannya mudah, tanaman ini juga tahan di segala iklim.

Calathea

Tanaman ini sering kita jumpai namun mungkin sebagaian besar orang tidak mengetahui namanya. Calathea memiliki corak daun yang sangat dekoratif. Selain ditanam di pekarangan atau taman, tanaman ini juga umum ditanam dalam pot.

Pakis

Pakis atau paku merupakan tumbuhan Tracheophyta yang tidak menggunakan biji dalam perkembang biakannya, melainkan menggunakan spora.

Terdapat ±12.000  spesies tumbuhan paku dan beberapa diantaranya dijadikan tanaman hias, seperti pakis sarung burung, pakis pedang, pakis tanduk rusa, dll.

Palem

Tanaman palem bersifat kosmpolitan dan dapat tumbuh di daerah tropis maupun sub tropis dan dapat tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi.

Kol Banda

Kol banda adalah tanaman hias yang berdaun tipis dan lebar serta berbentuk pohon. Berwarna hijau kekuningan sampai putih dengan batang halus dan berwarna cerah.

Tanaman ini dapat tumbuh hingga mencapai 10 m. Selain sebagai tanaman hias, tanaman ini juga memiliki efek antiradang.

Ketapang Kencana

Ketapang kencana merupakan tumbuhan perdu yang berbentuk pohon. Selain daunnya rimbun, bentuknya juga indah. Tanaman ini cocok di tanam di perkotaan karena dapat menjadi filter polusi.


Itulah daftar tanaman hias yang dapat Anda pertimbangkan untuk menghiasan taman atau teras Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: 5 Langkah Menanam Bunga Gelombang Cinta di dalam Pot

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber gambar utama: pixabay.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.