Ketahui Apa Saja Manfaat Lamtoro Untuk Kesehatan

Mau tau informasi mengenai manfaat lamtoro untuk kesehatan? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Manfaat Lamtoro Untuk Kesehatan

manfaat lamtoro
infobintaro.com

Baca juga: Manfaat Daun Sirih Cina dan Cara Mengonsumsinya

Lamtoro atau petai Cina merupakan tanaman perdu dengan bentuk daun dan buah yang sama seperti petai, namun ukurannya lebih kecil.

Tanaman ini biasa digunakan sebagai pohon pelindung untuk perkebunan teh, kopi, serta pencegah erosi. Ada banyak manfaat lamtoro yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Pohon lamtoro sendiri berasal dari Amerika dan menyebar ke seluruh wilayah, salah satunya adalah wilayah Indonesia.

Tanaman ini bisa diolah sebagai pupuk hijau, kayu bakar, daunnya sebagai pakan ternak, serta menjaga kesehatan tubuh.

Buah lamtoro memiliki rasa pahit hingga netral. Senyawa yang terkandung dalam lamtoro ini ialah fosfor, lemak, kalsium, protein, besi, vitamin A, vitamin B1, serta vitamin C. Adapun beberapa manfaat lamtoro untuk kesehatan diantaranya adalah,

Mengatasi Penyakit Cacingan, Bengkak serta Radang Ginjal

Jika Anda memiliki keluhan penyakit cacingan, bengkak, serta radang ginjal, Anda bisa memanfaatkan lamtoro atau petai Cina untuk mengatasinya.

Cara mengolah lamtoro nya sendiri cukup mudah, yakni dengan menyiapkan serbuk biji lamtoro yang kering dengan air panas.

Rebuslah 3-5 gr serbuk biji lamtoro dengan secangkir air panas. Setelah itu, minum air lamtoro sehari tiga kali dengan ukuran yang sesuai.

Mencegah Diabetes

Berdasarkan hasil penelitian, manfaat petai cina untuk diabetes bisa dipercaya. Karena lamtoro memiliki kandungan flavonoid yang baik untuk menurunkan resiko diabetes.

Lamtoro juga mengandung saponin yang bermanfaat untuk menurunkan gula darah, menurunkan lipid darah, serta menurunkan glukosa darah.

Cara mencegah diabetes dengan lamtoro yaitu dengan membuat bubuk biji lamtoro sebanyak 5 gram, setelah itu diseduh menggunakan 100 cc air panas.

Minum seduhan lamtoro ketika hangat dan setengah jam sebelum Anda makan. Lakukan dengan rutin sebanyak sehari dua kali.

Menyehatkan Kulit

Lamtoro mempunyai sifat antibakteri antivirus, antijamur, yang bermanfaat bagi kesehatan kulit. Lamtoro juga mampu mengatasi penyakit kulit yang disebabkan oleh psoriasis.

Mengkonsumsi biji lamtoro atau petai cina untuk meredakan rasa nyeri dan peradangan pada kulit.

manfaat lamtoro
mitalom.com

Baca juga: Manfaat Kayu Secang Untuk Kesehatan Tubuh

Meluruhkan Haid

Tanaman lamtoro sangat bermanfaat bagi para wanita yang memiliki masalah ketika menstruasi. Pasalnya lamtoro lampu meluruhkan haid.

Cara mengolahnya yaitu dengan merebus segenggam akar tanaman ini dalam 3 gelas. Biarkan rebusan tersebut mendidih hingga tersisa satu gelas aja.

Setelah itu Anda bisa langsung mengkonsumsi minuman lamtoro tersebut sebanyak 2 kali sehari dengan dosis 1 gelas setiap minum. Agar berhasil perlu meminumnya secara rutin.

Detoksifikasi tubuh

Lamtoro bermanfaat untuk mendetoksifikasi tubuh yaitu mengeluarkan racun tubuh dalam tubuh. Dimana lamtoro memiliki kandungan alkaloid yang bersifat menetralisir racun tubuh.

Serta membuangnya melalui sekresi tubuh. Selain itu kandungan flavonoid pada lamtoro dapat meningkatkan virus serta bakteri yang merusak fungsi vital, seperti ginjal, hati, serta pencernaan.

Dengan begitu, maka akan terlindungi dari penyakit hepatitis, serta hati menjadi lebih sehat. Selain itu ginjal juga akan lebih sehat dan bekerja lebih maksimal.

Mencegah Insomnia

Insomnia atau sulit tidur merupakan keadaan yang menjengkelkan. Untuk mencegah penyakit insomnia, bisa memanfaatkan tanaman lamtoro.

Cara melakukannya yaitu dengan merebus semua bagian pohon lamtoro sebanyak 10 gram dengan air sebanyak 3 gelas.

Biarkan air tersebut direbus hingga tersisa 1 gelas aja. Bisa langsung diminum sekaligus ramuan tersebut ketika hangat.


Itulah informasi mengenai manfaat lamtoro untuk kesehatan tubuh. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Ketahui Manfaat Sayur Organik Kalakai

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Sumber:

  • https://mitalom.com/tentang-lamtoro-dan-manfaatnya/
  • https://www.jitunews.com/read/10738/mengulik-khasiat-jitu-lamtoro-bagian-1
  • https://www.liputan6.com/hot/read/4137413/9-manfaat-petai-cina-untuk-kesehatan-kaya-mineral

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.