Keunikan Olahan Berbahan Dasar Kacang Hijau yang Sehat

Mau tau informasi mengenai olahan dari kacang hijau yang sehat? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Kacang Hijau

Tumbuhan yang termasuk dalam kategori polong-polongan ini memang diketahui memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk tubuh yang sangat tren di Indonesia.

Kacang hijau atau dikenal dengan nama green gram, mung bean, atau green soy ini merupakan makananan yang yang terdapat mulai dari penjual jajanan pinggir jalan hingga ke restoran berbintang lima.

Karena kacang ini merupakan salah satu kacang yang sanagt digemari oleh berbagai kalangan daei anak-anak hingga lansia karena kacang hijau memiliki rasa dan tekstur yang sangat khas dan dapat menarik pecinta makanan untuk terus menikmatinya.

Kacang hijau adalah sumber protein nabati yang tinggi, sehingga bagus untuk pertumbuhan sel-sel baru di dalam tubuh apalagi untuk pertumbuhan anak-anak.

Baca juga: Tips Untuk Dosis Pupuk Kacang Hijau yang Tepat

Meskipun ukurannya kecil dibandingkan dengan jenis kacang yang lain. Tapi Kacang hijau mengandung beberapa manfaat yang baik bagi tubuh kita.

Selama ini yang kita tahu kacang hijau hanya dijadikan olahan makanan dan minuman yang biasa saja. Kacang hijau biasanya hanya disajikan dalam olahannhya yang menjadi bubur.

Namun masih banyak olahan yang lainnya yang dapat menambah varian rasa pada setiap ggitan atau suapan dari kacang hijau tanpa menghilangkan rasa yang khas yang dimiliki kacang ini.

Olahan Dari Kacang Hijau

Berikut olahan yang dapat dijadikan santapan akhir pekan atau sebagai usaha kecil-kecilan yang dapat meningkatkan pendapatan ibu rumah tangga.

Es Krim

olahan kacang hijau
mesineskrim.id

Olahan kacang hijau menjadi es krim merupakan salah satu alternatif untuk diberikan kepada anak-anak untuk mendapatkan kandungan nutrisi yang baik dari kacang hijau.

Daripada anak-anak jajan ditempat yang tidak tau bagaimana tingkat kebersihannya dijaga, es krim ini dapat pula dibuat dengan mudah oleh orangtua sebagai salah satu cemilan untuk si buah hati.

Cara membuatnya juga mudah campurkan rebusan kacang hijau dengan susu, tepung maizena, gula, garam, sari pandan dan santan hingga menjadi rata, selanjutnya masukkan dalam cetakan dan disimpan di freezer hingga beku dan es krim dapat disajikan untuk keluarga.

Gulai

olahan kacang hijau
cookpad.com

Kacang hijau memang lebih sering diolah menjadi santapan bercita rasa manis. Ternyata, ada satu sajian berbahan dasar kacang hijau yang cocok dihidangkan bersama nasi hangat.

Gulai kambing kacang hijau menjadi salah satu hidangan populer di Jawa Timur yang memiliki cita rasa unik. Kombinasi daging kambing, kacang hijau, dan aneka bumbu rempah memang menjadi daya tarik tersendiri bagi gulai unik ini.

Selain disantap bersama nasi, gulai kambing kacang hijau juga sering disajikan bersama roti canai gurih.

Puding

olahan kacang hijau
resepkoki.com

Membuat puding kacang hijau bisa jadi pilihan sehat untuk selingan cemilain di sore hari. Membuatnya juga sangat mudah yaitu rebus kacang hijau dengan air sampai empuk.

Taruh daun pandan juga dalam rebusan supaya puding lebih wangi. Setelah kacang hijau empuk, matikan api dan buang daun pandannya.

Saring dan sisihkan dahulu ampas kacang hijau tersebut. Kemudian, campurkan santan dengan sisa air rebusan kacang hijau tadi. Tambahkan agar-agar dan gula pasir.

Masukkan kembali kacang hijau, dan masak hingga mendidih sambil sesekali diaduk. Tuang ke dalam cetakan puding dan biarkan mengeras.

Bisa juga menambahkan gula merah supaya lebih nikmat. Cukup lelehkan gula merah dengan air sampai mendidih, lalu tambahkan larutan maizena untuk pengental saus. Sajikan bersama puding kacang hijau.

Baca juga: Hanya 4 Tahap Menanam Kacang Hijau Secara Hidroponik

Kue Dorayaki

olahan kacang hijau
cookpad.com

Bosan dengan makanan tradisonal yang berisikan inti didalam kue kacang hijau, maka salah satu olahan makanan yang didalamnya juga berisikan inti kacang hijau yaitu kue dorayaki.

Dengan perpaduan kue yang lebut dan tidak terlalu manis membuat rasa inti kacang hijau lebih dominan yang menjadikan kue dorayaki menjadi pilihan yang lebih disukai ketika bosan dengan berbagai kue olahan tradisonal.

Selain itu, olahan ini dapat dijadikan salah satu menu dietyang dapat dibuat sendiri dirumah dengan mengurangi gula pada adonan kue.

Sari Kacang Hijau

olahan kacang hijau
umarmahdo.com

Jika beberapa olahan kacang hijau di atas rata-rata adalah makanan, maka kali ini kacang hijau juga dapat diolah menjadi minuman segar yang tentunya sehat dan bergizi tinggi.

Sari kacang hijau ini juga dapat dinikmati hangat ataupun dingin sehingga dapat menyesuaikan dengan cuaca yang dapat manambah rasa nikmat ketika diminum.

Bahkan beberapa orang juga dapat dikreasikan dengan dicampur bahan-bahan seperti susu, madu, rempah-rempah dan lainnya.

Membuat sari kacang hijau juga sangat mudah cukup sediakan kacang hijau yang telah direndam hingga pecah dan masukkan rendaman kacang hijau ini ke dalam air mendidih lalu tambahkan gula merah, dan sari kacang hijau pun siap disajikan.


Itulah informasi mengenai olahan berbahan dasar kacang hijau yang sehat. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: 5 Langkah Budidaya Kacang Tanah Agar Panen Banyak

Penulis: Rini Itona

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Sumber:

  • https://www.idntimes.com/food/dining-guide/prila-arofani/masakan-indonesia-yang-terbuat-dari-kacang-hijau
  • https://resepkoki.id/6-sajian-lezat-olahan-kacang-hijau/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.