Ini Dia 5 Manfaat Pohon Lamtoro Bagi Tanaman Kopi

Tanaman kopi sebenarnya merupakan salah satu tanaman hutan yang tidak terlalu suka terkena sinar matahari langsung. Namun, tanaman kopi tidak tumbuh liar dengan sendirinya layaknya tanaman hutan. Tanaman ini tumbuh dengan perawatan dan penjagaan setiap batang pohon kopi. Oleh karena itu, beberapa petani kopi menggunakan metode pohon pelindung sebagai upaya untuk melindungi tanaman kopi dari sinar matahari langsung.

Pohon yang sudah terkenal sebagai pohon pelindung tanaman kopi adalah pohon Lamtoro. Namun, apakah Anda tahu, selain sebagai pelindung, pohon Lamtoro juga memiliki manfaat lain bagi tanaman kopi? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari pohon Lamtoro bagi tanaman kopi.

Membentuk karakter rasa dari kopi

Berbicara soal karakter rasa dari kopi, tidak bisa hanya di seputaran profil dari roasting atau juga cara menyeduh nikmat. Pada dasarnya, yang membentuk karakter rasa dari kopi itu adalah pada fase kopi masih berbentuk tanaman dan proses perkembangan. Perawatan tanaman kopi yang bijak dapat menciptakan rasa kopi yang berkualitas sehingga petani kopi berperan dalam membentuk karakter rasa dari kopi tersebut.

Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan pohon pelindung jenis Lamtoro. Pohon ini dapat membentuk karakter rasa dari kopi itu sendiri. Pohon Lamtoro ditanam di sekitaran kebun kopi yang berfungsi untuk menetralkan sinar matahari agar tidak langsung menyinari pohon kopi. Seperti yang kita ketahui, sinar matahari sangat membantu dalam tumbuh kembang tanaman. Namun, sinar matahari yang diterima tanaman tidak boleh berlebihan agar tanaman kopi tidak dipaksa tumbuh.

Tanaman Kopi

Pada tanaman kopi, dampaknya terlihat dari karakter rasa ketika kopi diseduh menjadi minuman. Kopi yang pada awalnya tumbuh tanpa pohon pelindung cenderung akan memiliki karakter rasa yang berbeda dibandingkan dengan kopi yang pada awalnya tumbuh dengan pohon pelindung. Maka dari itu, pohon Lamtoro sebagai pohon pelindung tanaman kopi berkontribusi dalam hal membentuk karakter rasa dari kopi.

Baca juga: 4 Masalah pada Tahap TBM Kopi dan Cara Mengatasinya

Daunnya menjaga kelembapan tanah

Dalam hal menjaga kelembapan tanah, tidak semua dedaunan dapat menjaga kelembapan seperti pohon Lamtoro. Karakter daun dari pohon lamtoro yang kecil-kecil dapat membantu dalam mempercepat proses dekomposisi sehingga bagus untuk tanah di lahan kopi. Secara tidak langsung, jika pohon lamtoro tumbuh di tengah-tengah kebun kopi dengan jarak tanam yang sesuai, kelembapan tanah dapat terjaga. Tanah yang lembab tersebut akan memperlambat tergerusnya humus tanah.

Daunnya sebagai pupuk hijau

Manfaat berikutnya dari daun lamtoro yaitu sebagai pupuk alami untuk tanaman kopi. Daun yang gugur ke tanah akan membusuk dan menjadi pupuk yang alami. Hal itu juga membantu dalam meningkatkan kesuburan tanah pada lahan kopi. Oleh karena itu, pohon lamtoro sangat direkomendasikan sebagai pohon pelindung untuk menstabilkan sinar matahari yang mengenai tanaman kopi.

Tips Menanam dan Memupuk Kopi yang Efektif

Mencegah serangan hama dan gulma

Tanaman kopi merupakan hal yang rumit untuk dimengerti, mengingat banyak permasalahan yang dihadapi oleh petani kopi. Permasalahan ini tidak jauh-jauh dari seputar iklim dan penyakit tanaman yang dapat mengganggu kualitas buah kopi. Sebagai langkah sederhana untuk mengatasinya, penanaman pohon pelindung seperti Lamtoro dapat memperkecil serangan hama dan gulma pada tanaman kopi. Hama dan gulma akan menyerang pohon Lamtoro sehingga tanaman kopi pun akan terlindungi.

Baca juga: Tips Menanam dan Memupuk Tanaman Kopi yang Efektif

Mencegah erosi pada lahan yang miring

Pohon pelindung untuk kebun kopi mungkin terbilang opsional karena lahan kebun kopi di tiap daerah memiliki tingkat kelembapan dan kontruksi tanah yang berbeda pastinya. Namun, pohon lamtoro sendiri sangat diperlukan untuk lahan dengan konstruksi tanah yang miring. Ternyata pohon Lamtoro dapat mencegah erosi pada lahan kopi yang miring.


Nah, itulah beberapa manfaat dari pohon Lamtoro bagi tanaman kopi. Jadi, buat kalian yang hendak menanam kopi, dapat memanfaatkan pohon Lamtoro sebagai pohon pelindung karena hampir semua hal dari pohon ini berguna bagi tanaman kopi.

Baca juga: Kopi Rengganis, Kopi Manis dari Bumi Nusantara

Sumber gambar utama: minumkopi.com
Penulis: Monides Sagala

Sudah download aplikasi Pak Tani Digital? Klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.