Tips Memilih Akuarium Ikan Arwana dan Perawatannya

Para pecinta ikan hias pasti sudah tidak asing lagi dengan ikan arwana bukan? Ikan arwana sendiri sering dijadikan sebagai penghias bagian interior ruangan. Namun, selain jeli dalam memilih jenis ikan, pemilihan jenis akuarium arwana juga tidak boleh luput dari perhatian.

ikan arwana

Agar ikan arwana yang dipelihara tidak stress dan bisa tumbuh dengan baik, maka Anda harus selektif dalam memilih jenis akuarium yang akan digunakan. Salah-salah dalam memilih akuarium, ikan justru akan stress dan pertumbuhannya menjadi kurang optimal.

Tips Memilih Akuarium Ikan Arwana yang Tepat

Agar ikan arwana yang dipelihara dapat tumbuh dengan sehat, maka ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan sebagai panduan untuk memilh jenis akuarium arwana yang baik. Lalu apa saja tipsnya? Ini dia ulasannya

1. Pilih Akuarium dengan Daya Tahan yang Mumpuni

akuarium ikan arwana

Ketika akan membeli akuarium untuk pemeliharaan ikan arwana, pilihlah jenis akuarium yang terbuat dari bahan berdaya tahan tinggi dan juga kokoh.

Pemilihan akuarium yang kecil dan rapuh justru akan membuat akuarium cepat rusak. Oleh karena itu sebelum memutuskan untuk membeli akuarium ikan arwana, cek terlebih dahulu kekuatan daya tahan yang dimiliki akuarium.

Selain itu, akuarium berdaya tahan tinggi akan mampu menahan tekanan yang dihasilkan oleh ikan arwana.

2. Pilih Akuarium dengan Ukuran yang Tepat

Ikan arwana termasuk ke dalam ikan hias yang tergolong besar. Oleh karena itu pilih ukuran akuarium minimal untuk memelihara ikan yang satu ini yaitu 1 meter. Pemilihan yang tepat tentu dapat membuat ikan lebih bebas untuk bergerak.

Jika akuarium yang digunakan kecil, maka hal tersebut dapat memicu stress pada ikan karena pergerakannya yang terhambat.

Keuntungan lain yang bisa didapat dengan membeli akuarium berukuran besar membuat Anda tidak perlu repot-repot lagi memindahkan ikan ke akuarium lain jika ukurannya semakin membesar.

3. Pilih Akuarium dengan Bahan Dasar Kuat

Agar akuarium yang digunakan bertahan hingga jangka panjang, maka pilihlah jenis akuarium berbahan dasar kuat. Jenis bahan dasar akuarium yang bisa menjadi pilihan adalah baja karbon atau fiberglass karena kokoh serta dapat menahan tekanan dari dalam akuarium.

Pemilihan akuarium dengan bahan kualitas rendah justru akan merugikan Anda karena lebih cepat rusak sehingga mengharuskan Anda untuk membeli akuarium baru yang tentunya menambah pengeluaran biaya.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Louhan di Akuarium

Persiapan Pelengkap Akuarium

Setelah pemilihan akuarium yang tepat sudah selesai dilakukan, Anda tidak bisa langsung memelihara ikan arwana begitu saja. Untuk menjaga tumbuh kembangnya di dalam akuarium, ada beberapa hal juga yang harus dipersiapkan antara lain:

1. Penutup Akuarium

Karena ikan arwana memiliki pergerakan yang cukup aktif, maka Anda harus mempersiapkan penutup akuarium. Jika air akuarium sedang penuh dan tidak diberi penutup, maka kemungkinan ikan arwana dapat meloncat keluar dari akuarium.

Jika hal tersebut terjadi tentu akan membahayakan ikan karena ia bisa terluka, stress, bahkan mati. Oleh karena itu untuk mencegah hal buruk terjadi, sebelum melakukan pemeliharaan, jangan lupa untuk mempersiapkan penutup akuarium.

2. Pengatur pH Air

pH air yang optimal untuk tumbuh kembang ikan arwana yaitu berada pada kisaran 6,8-7,5. Jika pH menjadi lebih asam atau basa, pertumbuhan ikan tentu akan terganggu.

Oleh karena itu untuk menjaga kestabilan pH air yang ada di dalam akuarium, maka jangan lupa untuk mempersiapkan pengatur pH baik berupa alat atau kertas. Pemeriksaannya sendiri bisa dilakukan selama 1 minggu sekali.

3. Aerator

Untuk menjaga kebutuhan agar kadar oksigen di dalam akuarium tetap tinggi, maka jangan lupa untuk memasang aerator pada akuarium. Pemasangan aerator ini sangat penting terutama pada anakan ikan arwana yang masih membutuhkan asupan oksigen dalam jumlah yang cukup besar.

Proses Perawatan Akuarium dan Ikan Arwana

Setelah pemilihan dan persiapan akuarium telah selesai dilakukan, maka Anda juga perlu mengetahui cara perawatan akuarium yang tepat sehingga aquarium tetap awet dan bisa digunakan hingga jangka waktu yang lama. Lalu apa saja proses perawatan yang harus dilakukan pada akuarium arwana? Ini dia penjelasannya.

1. Desain Bagian Dalam Akuarium Seperti Habitat Asli Ikan

Untuk bisa mendukung tumbuh kembang ikan selama dipelihara di dalam akuarium, maka Anda bisa mendesain bagian dalam akuarium layaknya habitat aslinya yaitu sungai dan rawa. Tambahkan batu sungai, tanaman air, dan juga pasir untuk membuat habitat yang mirip dengan habitat asli.

2. Jaga Kebersihan Akuarium

Agar akuarium bisa digunakan hingga jangka waktu yang lama, maka jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan akuarium. Akuarium yang jarang dibersihkan tentu akan ditumbuhi dengan lumut dan alga yang dapat mengotori permukaannya.

Pembersihan akuarium ini bisa Anda lakukan setiap 3 minggu sekali. Akuarium yang bersih tentu akan membuat tumbuh kembang ikan arwana menjadi lebih optimal.

3. Pemberian Pakan Ikan yang Berkualitas

Agar asupan nutrisi ikan arwana di dalam akuarium dapat tetap terpenuhi, maka jangan lupa untuk memberikan pakan ikan yang berkualitas. Selain mencukupi kebutuhan nutrisi, pemberian pakan yang berkualitas juga dapat mempengaruhi warna sisik ikan. Semakin berkualitas pakan yang diberikan, maka semakin bagus pula warna sisik yang dihasilkan.

Itulah tadi beberapa tips memilih dan merawat akuarium ikan arwana yang benar. Jadi dalam proses pemeliharaan ikan arwana, selain berfokus pada perawatan dan pemeliharaan ikan, pemilihan akuarium arwana yang tepat tentu harus diperhatikan dengan seksama sehingga ikan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Baca juga: Ingin Coba Budidaya Ikan Hias? Coba 7 Jenis Ikan Ini

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.


Sumber:

https://akvodecor.com/galeri-desain-akuarium-arwana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.