Pak Tani Digital Goes To PT Telkom Medan

Mau tahu keseruan PTD saat Goes to PT Telkom? yuk simak di artikel berikut ini.

Pada hari Jumat, tanggal 4 februari 2020 kemarin, Pak Tani Digital diundang oleh segenap PT Telkom untuk mengadakan Hack Punch untuk membangun kewirausahaan berbasis teknologi. Pak Tani Digital goes to PT Telkom bersama dengan para narasumber-narasumber keren dari start-up loh!

Kegiatan kali ini adalah kunjungan ke-13 kalinya Pak Tani Digital dalam melakukan Seminar untuk mendorong dan membangkitkan gairah anak muda menjadi entepreneur yang memberikan solusi nyata atas berbagai permasalahan yang terjadi di masyarakat.

Kegiatan Pak Tani Digital Goes to PT Telkom ke-13 dengan beberapa narasumber sebagai berikut.

Para Narasumber :

  1. Mahendra T Sitepu selaku Founder Inkubator Startup.
  2. Yosephine Sembiring selaku Dosen & Traineer Digital/UMKM.

Hack Punch

Rangkaian Acara

Acara dimulai dengan registrasi ulang peserta. Registrasi ulang ini dilakukan dengan scan QR Code yang sudah disediakan oleh pihak PT Telkom bagi peserta sehingga sangat menghemat waktu.

Setelah tepat pukul 09.00 WIB, acara dibuka dengan kata sambutan dan materi dari salah satu pihak Telkom sekaligus membuka acara secara Resmi.

Acara Seminar Pak Tani Digital ini diisi dengan agenda utama yaitu “Membangun Kewirausahaan Berbasis Teknologi” yang dipandu oleh Moderator dari pihak telkom.

Sesi pertama dimulai oleh Pak Mahendra T Sitepu yang menjelaskan Digital Mastery, Startup dan Entepreneur yang bertujuan untuk membangun jiwa muda untuk lebih maju di era millenial.

Kemudian dilanjutkan dengan materi Ibu Yosephine Sembiring mengenai enterpreneur Platform Digital & Optimasi Optimasi dan Team Building.

Seminar diakhiri pada sesi ketiga yaitu membentuk kelompok untuk memberikan serta mempresentasikan ide-ide untuk membuka dan memecahkan masalah yang ada disekitar atau memberikan ide untuk membuka startup yang baru. Sesi ini bertujuan untuk saling berdiskusi mengenai enterpreneur berbasis teknologi sehingga generasi milenial dapat membangun dirinya untuk berbisnis lebih baik.

Acara ditutup oleh beberapa games dan acara makan siang yang telah disediakan oleh pihak telkom.

Generasi Millenial 

Milenial merupakan generasi menarik untuk disoroti. Perilaku, pola pikir, cara mengatur keuangan hingga etos kerja, menjadi haluan bagi perkembangan ekonomi dan bisnis dalam sebuah negara, termasuk Indonesia.

Dengan potensi yang sedemikian besar, wajar bila milenial merupakan potensi terbaik untuk dibimbing menjadi wirausaha cemerlang.

Hal ini dikarenakan generasi milenial dapat menghasilkan kesejahteraan keuangan yang lebih besar di masa yang akan datang serta memberikan manfaat.

Baca juga: Pak Tani Digital Goes to Campus – Universitas Pelita Harapan (UPH) Medan

Enterpreneur

seminar

Kewirausahaan (enterpreneur) adalah kombinasi sikap mental dan keterampilan dalam pengelolaan berbagai sumberdaya untuk menghadirkan produk atau solusi pasar.

Enterpreneur hampir 90% harus memiliki kemampuasn melihat trend dan 100% enterprenueur adalah berani mengambil resiko hingga resiko yang paling tinggi.

Sikap mental positif dari enterpreneur adalah jujur, bertanggung jawab, coorperation dan competition, negosiatif dan fleksible, berfikiran positif, tertib, disiplin, berinisiatif, responsif, kreatif, inovatif, fokus serta harus percaya diri.

Alasan pribadi menjadi enterpreneur seperti kebebasan memilih nilai-nilai yang diyakini, kebebasan mengembangkan orientasi pribadi, kebebasan dalam kemandirian dan membuat keputusan, kebebasan memilih moden dan cara bertumbuh serta kebebasan mengembangkan keseimbangan hidup.

Dengan melihat pengertian dari enterpreneur maka berhubungan juga dengan megatrends atau kecenderungan besar pada gaya yang terbagi menjadi beberapa hal yang haris dicermati, antara lain:

Industri 4.0

Revolusi industri yang ke depan akan memasukan fase Industry 4.0 yaitu sistem dan mesin-mesin cerdas semakin menggantikan pekerjaan rutin/berulang pada kegiatan manusia. Pada fase ini, otomatisasi dan penerapan teknologi yang bertumpu pada internet dan pertukaran data (big data).

Internet G3

Kecepatan dan kolaborasi merupakan faktor krusial untuk berkompetisi

GIG economy

Perkembangan pola dan hubungan kerja dengan aktor utama millenial

User-Media

Demokratisasi Media dengan semua dapat berpeluang menjadi media itu sendiri

Millenial

Perilaku millenial indonesia sekarang yaitu seperti kecanduan internet, mudah berpaling ke lain hati, dompet tipis, kerja cepat dan kerja cerdas, bisa apa saja, liburan kapan saja dan dimana saja

Cuek dengan politik, suka berbagi dan tidak harus memiliki. Sehingga Lahir, tumbuh dan berkembang bersamaan dengan teknologi berupa digital native dan kill everything.seminar

Baca juga: Pak Tani Digital Goes to Campus – Universitas Andalas (UNAND) Padang

VUCA

VUCA berkaitan dengan cara orang melihat kondisi saat membuat keputusan, merencanakan, mengelola risiko, mendorong perubahan, dan memecahkan masalah.

Oleh karena itu, VUCA dinilai dapat mendorong kapasitas sebuah perusahaan dalam menghadapi perubahan dinamis di dunia bisnis, terutama pada era transformasi digital seperti saat ini.

Seperti halnya perubahan yang sangat cepat (Volatilty), masa depan yang tidak terlalu jelas (Uncertainty), banyak faktor yang saling mempengaruhi (complexity) serta keterkaitan antar faktor semakin tidak jelas (ambiguity).

Startup

Startup adalah perusahaan yang tidak jelas siapa customernya, tidak jelas apa produknya dan organisasinya, bersifat temporer karena terus bergerak mencari model bisnis yang bisa diulang dan diperbesar.

Pendekatan startup berupa permasalahan umum, permasalahan tataniaga seperti rendahnya harga komoditi, lemahnya posisi tawar, minimnya akses supplier, minimnya akses trasporter dan pembiayaan, fluktuasi harga serta kurangnya kolaborasi.

Produk juga salah satu hal penting dalam pendekatan startup, adanya market place seperti media sosial (youtube, facebook, instagram).

Fitur yang didalamnya terdapat berbagi info harga, lelang komoditi, peta harga dan komoditi serta mendorong kerjasama antar petani.

Dengan adanya matriks yang mempermudah mengerjakan dan melihat pencapaian dan perkembangan data yang ada. Seperti melihat jumlah download aplikasi, registered user, pengunjung aplikasi serta total pageviews.


Nah itu tadi kegiatan saat Goes to PT Telkom  apakah kamu ingin kampusnya dikunjungi oleh Pak Tani Digital? Yuk boleh baca artikel berikut ini ya.

Baca: Mau Kampus Kamu Dikunjungi Pak Tani Digital?

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.