Pak Tani Digital Diundang ke Pertemuan Petugas PIP

Menjelang akhir tahun 2018, pada tanggal 19 Desember 2018, Founder Pak Tani Digital, Mahendra Tlapta Sitepu diundang menjadi narasumber ke acara Pertemuan Petugas Pelayanan Informasi Pangan (PIP). Acara yang bertempat di Anaya Hotel, Medan, Sumatera Utara ini merupakan kegiatan pembinaan dan monitoring harga hasil pertanian.

Dalam pertemuan petugas PIP tersebut, Founder Pak Tani Digital berbagi seputar PASAR DIGITAL PERTANIAN kepada para petugas pengumpul informasi harga pangan Sumatera Utara.

Pentingnya Marketplace Pertanian

Menurut beliau, pasar digital dalam 2 tahun ke depan akan berkembang pesat dan PASTI mulai mereduksi peran agen, pengepul, medioker sebagai penikmat keuntungan terbesar dari rantai pasok (supply chain) saat ini. Selain petani, yang paling diuntungkan tentu ke depannya adalah konsumen rumah tangga.

Hal ini akan tercapai sepanjang edukasi pasar digital berhasil dilakukan kepada para pemuda, mahasiswa atau millenial desa yang lebih mudah mengadopsi teknologi. Edukasi 1 orang mewakili 50 petani sudah lebih dari cukup untuk menginisiasinya.

“Ke depannya, dunia yang makin kolaboratif dan makin memungkinkan mengandalkan crowd source juga akan mereduksi pekerjaan pengumpul data harga hari ini, karena petani hingga ibu-ibu rumah tangga makin sadar pentingnya berbagi info harga jual & beli mereka yang sangat berpengaruh sebagai landasan pembuat keputusan bagi seluruh stakeholders pertanian.”, ungkap beliau.

Pertemuan Petugas PIP ini tentu sangat bermanfaat, mengingat digitalisasi di bidang pertanian semakin berkembang.

Oleh karena itu, pasar digital pertanian atau marketplace pertanian akan sangat dibutuhkan oleh para petani ke depannya. Hal ini akan semakin menguntungkan petani karena marketplace pertanian akan memotong rantai distribusi sehingga petani bisa menjual komoditinya langsung ke pembeli akhir.

Inilah yang dilakukan oleh Pak Tani Digital sebagai startup marketplace pertanian. Aplikasi Pak Tani Digital tersedia bagi para petani untuk melakukan jual-beli komoditi pertanian, tanpa harus melalui tengkulak atau pengepul.

Apakah kamu ingin menjual komoditi secara online? Langsung saja Download Aplikasi Pak Tani Digital di bit.ly/paktaniapp.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Klik & Baca: Mengapa Media untuk Petani Adalah Hal yang Penting?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.