Review Buku Pertanian Organik, Suatu Kajian Sistem Pertanian Terpadu dan Berkelanjutan

Membaca buku tentang pertanian organik sangat diperlukan oleh siapapun, baik petani maupun konsumen, untuk mengetahui betapa pentingnya pertanian organik saat ini.

Membicarakan tentang pertanian organik memang seperti tak ada habisnya tema untuk dibahas. Ada saja sesuatu yang bisa dibicarakan dan dibahas lebih detail serta lengkap. Hal tersebut memang tidak bisa dilepaskan dari pokok pembahasannya, yaitu pertanian jenis organik.

Jenis pertanian tersebut seiring perjalanan waktu hingga sekarang semakin digandrungi oleh banyak orang. Khususnya mereka yang bekerja dan beraktivitas di bidang pertanian. Bukan hanya sekedar petani penggarap lahan pertanian saja, tetapi juga mereka yang secara langsung ataupun tidak langsung terjun ke dunia pertanian.

Mereka yang suka atau tertarik dengan pertanian organik, mungkin hanya sekedar ikut-ikutan orang lain saja, mengikuti tren, ataupun karena benar-benar ingin serius di bidang tersebut. Mereka sudah mengetahui apa saja yang menarik dan menguntungkan dari jenis pertanian itu.

Namun sayangnya, mereka belum mengetahui kesulitan, tahapan, kesalahan, dan rintangan yang nanti akan dihadapi. Maka dari itu, perlu diberikan informasi mengenai pertanian organik kepada masyarakat umum. Bukan hanya informasi yang dasar-dasarnya saja, tetapi juga hingga mendetail. Dengan begitu, tiap orang yang mengetahuinya bisa langsung belajar secara otodidak.

Nah, salah satu cara memberikan informasi yang sebenar-benarnya dan valid, yaitu dengan membaca buku pertanian organik. Berikut ada sebuah buku yang berjudul Pertanian Organik Suatu Kajian Sistem Pertanian Terpadu dan Berkelanjutan.

Buku Pertanian Organik

Lalu, apa saja informasi yang menarik dan bermanfaat dari buku ini? Untuk lebih jelasnya, silakan membaca uraian di bawah ini hingga tuntas.

Apa itu Pertanian Organik?

Pada buku yang disusun oleh Nurhidayati, Istirochah Pujiwati, Anis Solichah, Djuhari, dan Abd. Basit dari Program Studi Agroteknologi, Jurusan Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Islam Malang, ada beberapa definisi pertanian organik yang dicetuskan oleh beberapa orang, pihak, atau organisasi tertentu.

Menurut Anonymous, 2000, pertanian organik adalah sistem produksi pertanian yang holistik dan terpadu, dengan cara mengoptimalkan kesehatan dan produktivitas agro-ekosistem secara alami, sehingga menghasilkan pangan dan serat yang cukup, berkualitas, dan berkelanjutan.

Menurut International Federation of Organic Agriculture Movements, pertanian organik adalah sistem pertanian holistik yang mendukung dan mempercepat biodiversitas, siklus biologi, dan aktivitas biologi tanah. Sertifikasi produk organik yang dihasilkan, penyimpanan, pengolahan pasca panen, dan pemasaran harus sesuai standar yang ditetapkan oleh badan standarisasi. Dalam hal ini, penggunaan GMO (Genetically Modified Organism) tidak diperkenankan dalam setiap tahapan pertanian organik, mulai produksi hingga pasca panen.

Menurut Canadian Standars Board  National Standar for Organic Agriculture, pertanian organik adalah suatu sistem produksi holistik yang dirancang untuk mengoptimalisasikan produktivitas dan kemampuan dari bermacam-macam komunitas di dalam agro-ekosistem, termasuk organisme tanah, tanaman, ternak, dan manusia. Tujuan utamanya adalah mampu mengembangkan usaha produktif yang suistainable (berkelanjutan) dan selaras dengan lingkungan di sekitarnya.

Baca juga: Tantangan Pertanian Organik di Indonesia

Lalu, untuk apa pertanian organik bagi manusia?

Pembahasan dimulai dari kebutuhan manusia akan pangan atau makanan untuk bisa mempertahankan kehidupannya di bumi. Kita semua sebagai manusia normal sangat membutuhkan pangan.

Bukan sekedar untuk mempertahankan hidup atau mengenyangkan perut saja. Namun, tujuannya lebih luas dan menyeluruh, yaitu hingga menyentuh kesehatan tubuh manusia itu sendiri. Maka dari itu, bahan-bahan pangan yang nanti dikonsumsi oleh manusia harus berkualitas bagus dan menyehatkan. Dengan semua dasar dan alasan tersebut, sudah seharusnya pertanian organik dilibatkan secara langsung.

Produk pertanian organik
Foto: bloomberg.com

Dimulai dari revolusi hijau (green revolution), dimana rekayasa teknologi bibit unggul maju pesat. Begitu juga di Indonesia yang notabene bidang pertaniannya masih menjadi andalan. Revolusi hijau di Indonesia memberikan dampak dan hasil yang menggembirakan, terutama pada pemenuhan kebutuhan pangan untuk rakyat yang tercukupi.

Bahkan, beberapa komoditas pertanian mampu diekspor, sehingga menyumbangkan devisa negara. Namun demikian, ada sesuatu yang salah pada revolusi hijau tersebut. Penggunaan pupuk kimia buatan pabrik beserta pestisidanya mencemari lahan pertanian. Sudah pasti hal tersebut tidak bisa dibiarkan begitu saja. Pasalnya, bisa berdampak jangka panjang yang sangat merugikan bagi kehidupan masyarakat Indonesia.

Maka dari itu, dibutuhkan cara yang efektif, cerdas, solutif, dan tentu saja tidak merusak maupun merugikan lingkungan. Selain itu, kesehatan tubuh manusia yang setiap hari mengonsumsi hasil pertanian, juga masih tetap terjaga.

Cara yang dimaksud adalah menerapkan pertanian organik di tiap lahan pertanian yang ada. Khususnya, lahan pertanian yang di-intensif-kan untuk mengolah dan menghasilkan komoditas tani unggulan yang sekaligus dibutuhkan oleh banyak orang.

Misalnya, lahan pertanian padi, jagung, atau lahan pertanian lainnya yang sudah biasa menghasilkan produk pangan pokok. Nah, disinilah tantangannya tersendiri terutama bagi para petani yang hampir tiap hari bercocok lahan pertaniannya.

Mereka yang sudah terbiasa menggunakan pupuk kimiawi, pestisida, dan sejenisnya sedikit demi sedikit harus meninggalkan serta mengubah kebiasaan tersebut. Tentu saja sangat sulit dan sudah seharusnya didampingi.

Lalu, apa yang menarik dari buku pertanian organik ini?

Bagi Anda sekalian yang tertarik dengan pertanian organik, sudah pasti buku ini begitu menarik untuk dibaca. Pasalnya, penulis menjabarkan seluk beluk pertanian organik secara jelas dan mendetail. Mulai dari pengertian dan sebab akibatnya, hingga prosesnya yang detail serta menyeluruh.

Memang buku ini diperuntukkan bagi kalangan mahasiswa, tetapi tidak ada salahnya dibaca oleh masyarakat umum. Minimal bisa menambah pengetahuan mengenai apa itu pertanian organik yang hingga sekarang sudah dipraktikkan di Indonesia.

Tantangan Pertanian Organik di Indonesia

Tim penulis coba menguraikan penjabaran pertanian organik itu sendiri secara sederhana dan mudah dipahami. Maka dari itu, sebagian besar istilah pertanian asing yang ditulis sudah diberi definisi atau pengertiannya. Hal tersebut sangat membantu banyak orang saat membaca dan memahami buku ini. Terutama Anda sekalian yang masih awam perihal pertanian organik.

Pembahasan tiap materi dalam bab dan sub bab-nya saling terkait serta terpadu. Maka dari itu, memang buku pertanian organik ini disarankan untuk dibaca banyak orang. Bukan hanya sebatas kalangan akademisi saja, tetapi juga para petani yang sudah terbiasa terjun langsung di lapangan atau lahan pertanian.

Dapat sedikit disimpulkan materi mengenai pertanian organik di sini, sebelum Anda sekalian benar-benar membaca buku ini. Pertanian organik adalah teknik budidaya pertanian yang mengandalkan bahan-bahan alami tanpa menggunakan bahan-bahan kimia buatan pabrik.

Sementara itu, tujuan utama dari pertanian organik, yaitu menghasilkan berbagai produk pertanian, terutama bahan pangan yang aman bagi kesehatan tubuh manusia karena merupakan salah satu kebutuhan primer pokok yang mau tidak mau harus terpenuhi agar bisa bertahan hidup.

Tujuan lainnya yang tidak kalah penting, yaitu proses pertanian organik tersebut tidak merusak lingkungan sekitar. Terutama tidak merusak lahan pertanian meskipun sudah berlangsung lama digunakan lahannya.

Buku ini belum dikomersilkan secara luas karena diterbitkan oleh lembaga penerbitan kampus yang pemasarannya terbatas. Maka dari itu, Anda yang ingin membaca atau bahkan memilikinya bisa menghubungi langsung civitas akademis atau lembaga penerbitan yang bersangkutan.


Demikianlah tulisan singkat review buku yang membahas perihal pertanian organik secara lengkap. Semoga bermanfaat sekaligus menginspirasi Anda sekalian.

Klik & Baca: [Review] Buku Pertanian Organik, Solusi Alternatif Pertanian

Penulis: Arifin Totok

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.