kantong semar

Kantong semar adalah tanaman yang cukup terkenal karena keunikannya. Tanaman ini juga dikenal sebagai tanaman karnivora karena ia hidup dengan memakan serangga atau hewan kecil yang lain. Namun ada sisi lain dari kantong semar yang sangat unik, proses evolusi konsumsi serangga serta hewan kecil untuk bertahan hidup.

Para peneliti dari National Institute For Basic Biology mengungkapkan keunikan tanaman kaktus kantong semar pada tahun 2017 dan disebarkan di Nature Ecology and Evolution. Hal yang menarik yaitu dimana kantong semar dari Amerika, Australia, serta Asia berevolusi secara terpisah dengan yang lainnya. Namun kantong semar memiliki tahap evolusi yang mirip dalam membunuhnya serangga.

Keunikan Tanaman Kantong Semar

Pada umumnya keunikan dari tanaman kantong semar ialah bentuk dari kantong itu sendiri. Dimana kantong tersebut berfungsi untuk menangkap serangga seperti semut, lalat, dan lainnya. Pada dasarnya, kantong semar merupakan ujung daun yang fungsi dan bentuknya berbeda untuk menangkap serangga dan hewan kecil lainnya.

kantong semar

Sumber: https://indoblognet.com/kantung-semar-tanaman-nan-eksotis/

Perangkap kantong tersebut menjadi salah satu cara tanaman kantong semar untuk bertahan hidup serta melindungi diri dari ancaman serangga luar. Tanaman ini bisa hidup di hujan tropis pada dataran rendah, hutan meranggas, hutan gambut, gunung kapur, pegunungan serta padang savana.

Sebagian besar tanaman ini hidup empifit, atau menempel di batang serta dahan pohon yang lain, dengan kepanjangan batang sekitar 10 m. Namun, berbeda dengan tanaman kantong semar yang tumbuh di Padang Savana. Dimana tanaman tersebut hidup secara terestrial atau tumbuh secara tegak dan panjang batang dibawah 2 m.

Tanaman kantong semar memiliki berbagai bentuk yaitu panjang langsing, berbentuk kendi, serta gendut seperti periuk. Adapun beberapa warna tanaman ini ialah hijau polos, putih bercak merah, merah bersemburat serta kuning kemerahan.

Proses Evolusi Kantong Semar

Mengapa kantong membunuh serangga? Pada umumnya tanaman kantong semar hidup di habitat miskin serta menghasilkan karbon. Habitat tersebut tidak mendukung pertumbuhan kantong semar, karena tanaman ini kekurangan fosfor serta nitrogen yang bertindak seperti pupuk.

kantong semar

Sumber: https://m.brilio.net/amp/news/mengenal-tanaman-kantong-semar-cuma-dilestarikan-kebun-raya-cibodas-150411r.html

Habitat yang miskin nutrisi ini menekan tanaman kantong semar untuk berevolusi mengkonsumsi serangga di sekitarnya untuk bertahan hidup. Karena serangga memiliki kandungan asam nukleat serta protein untuk menyuplai nutrisi pada kantong semar.

Pada kondisi tersebutlah kantong semar berevolusi dengan cara yang berbeda, yakni mendapatkan nutrien dengan mengembangkan teknik dan cara yang unik. Proses evolusi yang dirasakan oleh kantong semar juga cukup panjang. Secara anatomi tanaman ini memiliki cara unik dalam berkembang serta mendukung kemampuannya untuk menjebak serta mencerna serangga yang ditangkapnya.

Kantong khusus pada tanaman ini bertekstur sangat licin karena dilapisi oleh beberapa lapisan lilin untuk menyalinkan serangga yang ingin pergi dari perangkapan kantong ini. Selain itu, tanaman ini memiliki jebakan khusus untuk menutup serangga ketika sudah terperangkap dalam kantong.

Tanaman kantong semar juga berevolusi untuk menciptakan cairan khusus yang memiliki kandungan chitinase di dasar kantongnya. Sehingga mampu mencerna daging serangga serta kerangka keras sekalipun.

Hal menarik lainnya pada kantong semar, ialah kemampuan menangkap dan memakan serangga pada kantong ini baru bisa dirasakan setelah melewati proses evolusi hingga  60-125 juta tahun.

BACA JUGA: Ikuti Langkah Ini Untuk Merawat Tanaman Hias Daun Suplir

Itulah beberapa sisi lain yang unik dari kantong semar (tumbuhan pemakan serangga) yang harus Anda ketahui. Semoga bisa menambah ilmu yang bermanfaat.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru lainnya? Langsung saja klik di sini.

Gambar Utama : Pixabay.com


Referensi:

“https://www.bbc.com/indonesia/vert-tra-40076356

https://www.kompasiana.com/rrnoor/589a6dc9337b616719c6b91c/menguak-rahasia-di-balik-keunikan-kantong-semar?page=all

https://alampedia.blogspot.com/2014/09/kantong-semar-tumbuhan-unik-pemakan.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.