Terapkan 3 Cara Ini untuk Membuat Kandang Ayam dengan Benar

Bagi kamu yang ingin ternak ayam, tapi masi belum paham bagaimana cara membuat kandang ayam? Kalau iya, maka artikel ini cocok buat kamu.

Ternak ayam saat ini menjadi salah satu bidang bisnis yang mulai banyak diminati oleh masyarakat. Bagaimana tidak? tingginya permintaan daging serta telur ayam didalam negeri membuat bisnis ini menjadi sangat menguntungkan dan tak akan surut oleh waktu.

Untuk bisa memulai bisnis ini, Anda harus mengetahui tata caranya terlebih dahulu. Kandang ayam sendiri sangat penting untuk memulai bisnis ternak ayam, karena fungsinya sebagai rumah tempat hidupnya ayam-ayam yang diperlihara.

Daripada membeli, membuatnya sendiri akan jauh lebih efektif karena selain bisa menekan biaya modal, Anda juga bisa membuatnya sesuai dengan keinginan.

Cara Pembuatan Kandang Ayam yang Benar

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan membuat kandang ayam sendiri. Tidak hanya tahapannya saja, Anda juga harus memperhatikan bahan yang digunakan hingga pemilihan lokasi kandang ayam.

Agar tidak salah ketika membuat kandang, ini dia beberapa cara yang harus diperhatikan ketika akan memulainya. Apa saja itu?

Baca Juga: Budidaya Ayam Kampung dengan Modal Kecil? Begini Caranya

Tentukan Lokasi Kandang Ayam yang Sesuai

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membuat kandang ayam adalah memperhatikan lokasi yang sesuai.

Jangan sampai ternak ayam yang dikelola justru mengganggu masyarakat sekitar karena letak kandangnya yang terlalu dekat dengan pemukiman.

Agar lingkungan warga terbebas dari bau kandang, sebaiknya buatlah kandang ayam dengan jarak minimal 250 m dari pemukiman.

Selain itu membuat kandang dengan jarak yang jauh juga akan meminimalisir resiko penyakit atau virus yang bisa menular dari ayam yang sakit.

kandang-box-ayam
duniabinatang.net

Buat Kandang dengan Ukuran yang Sesuai

Membuat kandang ayam juga tidak bisa asal. Anda harus memperhatikan detail ukurannya dengan teliti. Buatlah kandang ayam sesuai dengan jumlah ayam yang akan dipelihara.

Jangan lupa juga untuk menyesuaikannya dengan dana yang tersedia. Jika Anda berencana berternak ayam dengan jumlah 70 hinga 100 ekor, maka buatlah kandang dengan ukuran 10 m persegi.

Jenis-Kandang-Ayam
anakdagang.com

Baca Juga: Ternak Ayam Kate Menjadi Mudah dengan Cara Ini

Mulai Buat Kandang Sesuai dengan Kontruksi

Secara umum, ada tiga bagian yang dibutuhkan untuk membuat kandang ayam yaitu atap, dinding, dan juga lantai. Jika modal minim, Anda bisa membuat beberapa bagian dengan menggunakan bahan bekas seperti papan atau kayu bekas.

1. Dinding Kandang

Untuk menjaga ayam dari suhu udara luar, maka Anda harus cermat dalam membuat dinding kandang. Dinding kandang ayam sendiri bisa dibuat dengan menggunakan berbagai macam bahan mulai dari papan, kayu, ayaman bambu, hingga triplek.

Agar lebih mudah dalam merawat ayam, Anda juga bisa membuat sekat-sekat sebagai pemisah antar kandang. Pilihlah bahan-bahan yang kuat sehingga kandang tetap aman dan tidak roboh.

2. Atap Kandang

Pembuatan atap kandang merupakan salah satu bagian penting yang tidak boleh disepelekan. Apalagi atap memiliki fungsi yang sangat penting untuk melindungi ternak dari panas dan juga hujan. Anda tidak harus menggunakan bahan-bahan mahal untuk membuat atap kandang.

Beberapa bahan seperti terpal, seng, asbes, hingga rumbai dan ijuk dapat digunakan untuk membuat atap kandang karena kemampuannya dalam menahan panas. Jangan lupa untuk membuat atap yang kokoh dan kuat dari terpaan angin besar.

3. Lantai Kandang

Pembuatan lantai kandang ayam harus dibuat lebih tinggi daripada tanah. Hal ini bertujuan agar kandang tidak tergenang ketika memasuki musim hujan.

Selain itu, untuk mempermudah sanitasi, Anda juga disarankan untuk membuat lantai kandang dari semen yang telah dicor. Namun jangan khawatir jika modal belum mencukupi.

Anda juga bisa membuat lantai kandang dari campuran serbuk gergaji, kapur, dan juga sekam. Agar ayam terbebas dari penyakit, pastikan kondisi lantai selalu bersih dan tidak becek.


Itulah tadi beberapa cara yang harus dilakukan untuk membuat kandang ayam yang benar. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: 5 Langkah Ternak Ayam Jawa Super, Peluang Bisnis Menjanjikan

Penulis: Novita Awalia Rahma

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber:

  • http://www.pertanianku.com/tata-cara-membuat-kandang-ayam-dengan-benar/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.