Upaya Mewujudkan Pertanian Maju, Mandiri dan Modern

Mau tau mengenai pertanian maju, mandiri dan modern? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasinya. Simak ulasannya!

Pertanian Maju, Mandiri dan Modern

Upaya Mewujudkannya

pertanian
sumeks.co

Baca Juga: Ungkapan Mentan Terhadap Harga Kopi Blawan Sebesar 450ribu/kg di Berlin

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pembangunan Pertanian 2020 yang digelar di Hotel Bidakara, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Senin, 27 Januari 2020.

Di sana, Syahrul menyampaikan pentingnya membangun hubungan baik dengan kementerian dan lembaga lain untuk mewujudkan pertanian maju, mandiri dan modern.

Rakernas Pembangunan Pertanian ini juga dihadiri Kementerian Perdagangan, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia, Kementerian Dalam Negeri serta kementerian dan lembaga negara lainya.

Pertanian maju, mandiri dan modern adalah pertanian berbasis teknologi dengan kekuatan utama artificial intelligence.

Pertanian maju selalu didukung dengan sistem mekanisasi yang kuat dan terstruktur dengan baik dan untuk ke depan kita tidak boleh lagi melakukan pertanian dengan alat tradisional.

Dalam mengelola pertanian tidak boleh salah hitung sebab persoalan pertanian menyangkut isi perut masyarakat Indonesia yang mencapai 267 juta jiwa.

Mengelola pertanian harus memiliki keyakinan dan tujuan pasti untuk meningkatkan produksi dan memenuhi kebutuhan pasar global.

Karena itu Kementan menilai pentingnya membangun hubungan baik dengan kementerian dan lembaga lain untuk mewujudkan pertanian maju, mandiri dan modern.

Kementan memberitahu untuk mengelola pertanian harus memiliki keyakinan dan tujuan pasti untuk meningkatkan produksi dan memenuhi kebutuhan pasar global.

Apalagi di semua kabupaten Indonesia memiliki potensi ekspor, karena negara kita adalah negara tropis. Terlebih semua negara di dunia ini selalu membutuhkan sayur dan buah dari Indonesia.

Aspek Mengelola Pertanian Maju, Mandiri dan Modern

pertanian
beritasatu.com

Baca juga: Kesepakatan Perkuat Kerjasama Bidang Pertanian dengan Italia

Menurut Syahrul, terdapat 4 aspek yang perlu diperhatian dalam mengelola pertanian maju, mandiri dan modern.

Aspek pertama

Melakukan upaya untuk peningkatan produksi dan produktivitas melalui Gerakan nasional.

Aspek kedua

Menurunkan biaya pertanian menuju hingga berada di posisi rendah melalui peningkatan efisiensi dan pengembangan kawasan berbasis korporasi.

Aspek ketiga

Pengembangan dan penerapan mekanisasi serta akselerasi pemanfaatan inovasi teknologi.

Aspek keempat

Ekspansi pertanian melalui perluasan pemanfaatan lahan termasuk lahan rawa dan sub optimal lainnya serta penyediaan air (irigasi, embung, dan bangunan air lainnya).

Adapun dalam mendukung keempat aspek tersebut, pemerintah melalui Kementan telah membentuk lembaga Komando Startegi Pembangunan Pertanian (Kostratani) yang ada di tiap Kecamatan.

Komando ini merupakan komando perang yang sudah dilengkapi dengan agriculture war room (AWR) sebagai ruang monitoring dari semua kegiatan pembangunan pertanian.

Kenaikan nilai ekspor pertanian juga terus mengalami lonjakan hingga mencapai Rp 2,3 miliar. Namun demikian, lonjakan tersebut musti didukung oleh berbagai pihak, terutama perusahaan kargo dan jika terus meningkatkan daya saing produk pertanian untuk meningkatkan kapasitas sumber daya pertanian ke depan dan mampu bersaing.


Itulah informasi mengenai terwujudnya pertanian maju, mandiri dan modern. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!

Baca Juga: Inovasi Cabai Baru yang Lebih Pedas dari Balitbangtan

Sumber: KEMENTERIAN PERTANIAN REPUBLIK INDONESIA

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.