Pak Tani Digital Goes to Campus - Magister Manajemen UI

Pada November 2018, Pak Tani Digital diundang untuk berkunjung ke Magister Manajemen Universitas Indonesia (UI). Sebuah kesempatan yang bagus dimana Founder Pak Tani Digital, Mahendra Tlapta Sitepu diundang menjadi reviewer untuk tugas penyusunan model bisnis mahasiswa. Kegiatan ini termasuk rangkaian program Pak Tani Digital Goes to Campus. Sebelumnya, sudah ada beberapa kampus yang dikunjungi oleh Pak Tani Digital.

Dalam kegiatan tersebut, para mahasiswa yang dikelompokkan dalam 4 grup mempresentasikan model bisnis. Mahendra Tlapta Sitepu, Founder Pak Tani Digital menyampaikan bahwa tidak ada keraguan sedikitpun terhadap ke-4 tim tersebut terkecuali satu hal: pendekatan mereka justru lebih kuat ke arah membangun perusahaan tradisional/konvensional dibanding perusahaan rintisan berbasis teknologi (startup).

Pendekatan tersebut adalah pendekatan yang membutuhkan sumber daya relatif cukup besar dibanding membangun startup, yang wajib mini di awal eksekusinya karena tujuan pertama adalah mengembangkan pasarnya terlebih dahulu (customer development).

“Tentu saja mengembangkan Startup cukup berbeda dibanding mengembangkan perusahaan tradisional/konvensional. Perbedaan keduanya meliputi sekitar 8 aspek. Sebagai ilustrasi lugas saya sampaikan satu contoh bahwa dalam 9 tahun berkiprah s.d 2017, kapitalisasi/valuasi AirB&B sudah melebihi JW. Marriot yang sudah berdiri sekitar 50 tahun dengan hotel megahnya di kota-kota besar dunia. Selisihnya bahkan mencapai Rp 65 triliun dimana AirB&B juga berhasil menggalang kolaborasi trans global dan mengelola sekurangya 500.000 kamar saat ini bahkan tanpa memiliki 1 kamar sekalipun!”, ungkap beliau.

Mahasiswa Mempresentasikan Model Bisnis - MM UI Pak Tani Digital Goes to Campus

Melalui kegiatan ini, tentu para mahasiswa menjadi termotivasi untuk mengambil pendekatan startup dalam memulai sebuah bisnis, sebuah pendekatan yang dimulai dengan langkah tercepat dan terdekat, tidak harus dengan sumber daya yang besar.

Itulah kegiatan rangkaian Pak Tani Digital Goes to Campus yang merupakan kesempatan untuk berkunjung ke kampus di Pulau Jawa.

Klik dan Baca : Mau Kampus Kamu Dikunjungi Pak Tani Digital?

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.