Pak Tani Goes to Campus Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU)

Setelah sukses menyelenggarakan seminar pertanian pertama kali di Universitas Methodist Indonesia (UMI), Pak Tani Digital kembali mengunjungi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dalam rangkaian Pak Tani Digital Goes to Campus.

Kunjungan tersebut berupa penyelenggaraan seminar pertanian yang dilaksanakan pada tanggal 3 Oktober 2018 di Auditorium UMSU. Tema yang diusung dalam seminar masih tetap sama dengan acara sebelumnya yaitu “Inovasi Pertanian & Regenerasi Petani Muda di Era Digital”.

Adapun pemateri yang dihadirkan dalam seminar ini adalah Mahendra Tlapta Sitepu (Founder Pak Tani Digital), Apni Naibaho (Duta Petani Muda Nasional 2016), dan Dr. Ir. H. Mhd. Buhari Sibuea, M.Si (Dosen Fakultas Pertanian UMSU).

Flyer Goes to Campus UMSU

Founder Pak Tani Digital, Mahendra Sitepu, menjelaskan bahwa digitalisasi adalah sebuah keniscayaan untuk dunia pertanian. Cepat atau lambat, para petani di masa depan akan menggunakan teknologi digital seperti internet untuk mengembangkan usaha pertaniannya. Beliau menyampaikan berbagai permasalahan dalam dunia pertanian dan mengapa Pak Tani Digital adalah solusinya. Pak Tani Digital sebagai inovasi off-farming, membuka ruang bagi petani dan stakeholder pertanian lainnya untuk memutus panjangnya rantai bisnis pertanian.

Selain materi tentang digitalisasi pertanian, mahasiswa UMSU juga dibekali ilmu tentang pertanian organik, yang disampaikan oleh Apni Naibaho selaku Duta Petani Muda Nasional 2016, Apni Naibaho. Beliau menjelaskan pentingnya pertanian organik dan manfaatnya. Beliau juga berbagi pengalamannya dalam mendirikan SiSe (Siantar Sehat) yang memberdayakan petani di daerah untuk ikut gerakan bertani organik.

Pemateri yang terakhir adalah Dr. Ir. H. Mhd. Buhari Sibuea, M.Si yang merupakan dosen Fakultas Pertanian UMSU. Beliau menyampaikan tentang pertanian dan kedaulatan pangan yang menjadi ujung tombak dalam memakmurkan rakyat. Berbagai poin seperti akses terhadap lahan, jalur distribusi pupuk, proses panen, sampai tantangan pertanian ke depan juga disampaikan untuk memberikan motivasi dan menantang para mahasiswa UMSU.

Mahasiswa Pertanian UMSU sangat antusias mendengarkan seminar pertanian PTD Goes to Campus

Mahasiswa Pertanian UMSU - PTD Goes to Campus

Sebagai informasi, kegiatan ini merupakan bagian dari program Pak Tani Digital Goes to Campus yang bertujuan untuk mengedukasi para mahasiswa pertanian tentang pentingnya digitalisasi untuk dunia pertanian. Selain itu, kegiatan ini juga mendorong mahasiswa pertanian untuk berkecimpung ke dunia pertanian, mengingat regenerasi petani muda saat ini masih rendah.

Download Materi Narasumber

Untuk men-download materi narasumber dari seminar Pak Tani Digital Goes to Campus UMSU, silahkan mengisi form di bawah ini dengan nama, email, dan No. HP yang benar, kemudian klik tombol “Download Materi”.

 

Dokumentasi Lainnya: https://www.instagram.com/p/BofsJUNFMGT/

Klik & Baca: Mau Kampus Kamu Dikunjungi Pak Tani Digital?

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.