Cara Membuat Alat Pemberi Pakan Ikan Otomatis SGDB

Tips

Written by:

Pada artikel sebelumnya, sudah dituliskan tentang alat pemberi pakan ikan otomatis yang bernama SGDB “Sudarno Goyang Dikit Blorot” karya Sudarno asal Indramayu. Alat tersebut mendapatkan penghargaan juara 1 Teknologi Tepat Guna se-Jawa Barat karena alatnya berasal dari bahan – bahan yang mudah ditemukan dan proses pembuatannya pun tidak terlalu rumit. Selain itu, alat tersebut juga tidak membutuhkan energi sehingga tidak membutuhkan biaya operasional.

Pak Sudarno, orang yang menemukan alat tersebut, tidak terpikir akan memasarkan alat yang diciptakannya secara massal karena siapapun bisa membuatnya dengan mudah. Dia berharap alatnya itu dapat menginspirasi para peternak ikan yang lain.

“Alat ini sederhana, tapi manfaatnya luar biasa. Mungkin itu yang menjadi penilaian tim juri kemudian efek tepat gunanya bagi masyarakat. Masyarakat bisa memproduksi, membuat, dan memperbanyak sendiri tanpa biaya, embel-embel hak paten, atau beli di toko, alatnya bisa di buat siapa saja,“ kata Pak Sudarno.

SGDB, Alat Pemberi Pakan Ikan Otomatis yang Sederhana

Maka dari itu, mari kita simak cara membuat alat pemberi pakan ikan otomatis temuan Pak Sudarno berikut ini.

Alat dan Bahan

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat alat pemberi pakan otomatis ini tidak terlalu sulit. Bahannya bisa berasal dari barang barang bekas. Bahan yang dibutuhkan antara lain:

  1. 1 buah galon air
  2. 1 buah botol bekas yang agak keras (bukan bekas air mineral)
  3. Pipa paralon dengan panjang secukupnya
  4. Busa bekas alas sandal jepit dibentuk bulatan sesuai dengan diameter pipa paralon 2buah
  5. Paku berukuran kecil, dan
  6. Keni sambung dan keni T masing masing satu buah.

Pembuatan alat ini hanya membutuhkan gergaji besi yang digunakan untuk memotong galon dan botol bekas serta solder untuk melubangi botol bekas.

6 Langkah Membuat Alat Pemberi Pakan Ikan Otomatis

Setelah semua bahan dan alat di atas sudah disiapkan, Anda bisa sudah membuat alat pemberi pakan ikan otomatis ini dengan mengerjakan langkah – langkah di bawah ini:

  1. Hal yang dilakukan pertama kali adalah memotong bagian bawah atau dasar galon dengan menggunakan gergaji besi, usahakan memotong serapih mungkin sehingga bagian bawah galon terbuka yang nantinya sebagai tempat untuk memasukan pakan ikan.

    Memotong Bagian Dasar Galon

    Sumber: youtube.com

  2. Ambil pipa paralon kemudian sambungkan ujung pipa dengan keni T. Tutup bagian kedua ujung keni T dengan menggunakan busa sendal jepit yang sudah disiapkan tadi.
  3. Ambil botol bekas yang sudah disiapkan tadi kemudian potong bagian mulut botol dengan menggunakan gergaji. Lubangi bagian dasar botol bekas tersebut menggunakan solder dengan ukuran yang sama dengan pipa paralon yang digunakan
  4. Ambil galon yang sudah dipotong, kemudian masukan pipa paralon yang sudah disambung keni T, dengan posisi keni T berada di dalam galon

    Memasukkan pipa paralon ke dalam galon

    Sumber: youtube.com

  5. Tahap selanjutnya adalah memasukkan botol dari bagian bawah pipa paralon kemudian geserkan ke atas sehingga botol bekas tersebut bersentuhan dengan mulut dari galon tersebut. Kemudian,buat lubang kecil pada pipa paralon dekat dengan bagian ujung botol sebagai tempat untuk memasang paku yang bertujuan untuk mengganjal botol supaya tidak bergeser dan jatuh ke bawah

    Memasukkan botol

    Sumber: youtube.com

  6. Pasang keni sambung pada bagian ujung pipa paralon yang nantinya digunakan untuk menyambungkanpipa paralon pada saat pemasangan.

Setelah alat SGDB ini selesai dibuat, kita harus menguji terlebih dahulu keefektifan keluarnya pakan dengan cara mengisi pakan ke dalam alat tersebut kemudian coba goyang-goyangkan pipa paralon. Jika pakan tidak keluar atau kurang efektif keluarnya dari mulut galon, maka kita harus menggeserkan sedikit botol tersebut ke bawah kemudian coba lagi dengan menggoyang-goyangkan pipa paralon. Pengujian ini terus diulangi sampai pakan yang keluar dari alat ini tepat.

Untuk mengaplikasikan alat ini, kita dapat memasangnya pada tepi kolam dengan membuat seperti jembatan di tepi kolam, kemudian pipa paralon berada pada posisi di bawah. Usahakan pipa tersebut sampai dengan dasar kolam dan juga dapat bergerak bebas supaya memudahkan ikan untuk menggoyang-goyangkan pipa dan pakan pun bisa keluar. Semakin tinggi jarak alat ini dari permukaan air, maka semakin efisien mekanisme kerja alat.

Untuk mengisi pakan, kita cukup menuangkan pakan ke dalam galon. Nantinya, pakan akan keluar lewat mulut galon. Jadi, jika paralon tersentuh atau digoyang-goyangkan oleh ikan, secara otomatis botol bekas yang menutupi mulut galon akan sedikit tergeser sehingga memberikan sedikit lubang untuk pakan jatuh ke kolam.


Nah, itulah langkah-langkah dalam membuat alat pemberi pakan ikan otomatis yang bisa Anda praktekkan sendiri. Dengan membuat alat yang sederhana ini, Anda tidak perlu membeli lagi alat pemberi pakan yang biayanya tidak murah.

Baca juga: Probiotik, Solusi Peningkatan Kualitas Ikan yang Ramah Lingkungan

Sumber gambar utama: youtube.com

Penulis: M. Rizki Permadi Putra

Sudah download aplikasi Pak Tani Digital? Klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.