buku

Membaca buku tentang mikrobiologi lingkungan sangat diperlukan oleh siapapun, baik orang tua, maupun anak muda, untuk mengetahui pentingnya menjaga lingkungan saat ini.

Dewasa ini, lingkungan menjadi aspek yang menarik untuk selalu dibicarakan hingga ilmuan dunia berbondong-bondong untuk melakukan penelitian hanya dengan tujuan untuk menyelamatkan lingkungan demi keberlanjutan umat manusia.

Dalam beberapa tahun ini dirasakan dampak yang diakibatkan adanya kerusakan lingkungan ini seperti industri yang menyebabkan polutan asap.

Penggunaan pupuk kimia yang berakibat pada lahan pertanian kering dan menghilangkan bakteri baik sebagai penyuplai unsur hara, serta limbah dari sektor peternakan yang menjadi sumber dan biang penyakit serta menghasilkan gas metana CH4 yang dipercaya menjadi pemicu terbesar penipisan lapisan ozon.

Imbasnya ialah, curah hujan menjadi tidak terukur, kadang hujan kadang tidak, ikan-ikan mati karena amoniak dari pupuk terbawa ke perairan terdekat, tanah tidak subur lagi karena bakteri baik tidak bisa mengolah tanah akibat paparan pupuk kimia, ikan-ikan di lautan juga mati akibat pembuangan limbah cemaran logam berat dan sejenisnya.

Belum lagi, panas menyengat akibat ozon yang menipis. Bisa kebayangkan, bagaiman jadinya bila hal ini terus-terusan berlangsung tanpa campur tangan manusia.

Informasi Buku

Prinsip Mikrobiologi Lingkungan

Buku ini meupakan salah satu buku yang membahas tentang pentingnya mikrobiologi dalam pemanfaatan lahan pertanian, peternakan, maupun industri.

Buku ini terlahir dengan kesadaran akan umat manusia seiring dengan modernisasi mengakibatkan lingkungan dan alam yang perlu untuk dijaga demi keberlangsungan ekosistem.

Sejalan dengan itu, buku ini membahas makhluk hidup secara berurut mulai dari individu tingkat seluler hingga ekosistem dan kaitannya dengan lingkungan sekitar.

Baca Juga: [Review] Buku Meningkatkan Hasil Panen dengan Pupuk Organik

Pada awalnya, lingkungan secara spesifik diperkenalkan oleh Ernest Haeckel di tahun 1866 yang merupakan ahli botani dari Jerman dengan tujuan mempelajari timbal balik yang dari lingkungan dengan mikroorganisme sehingga berkembang menjadi ilmu mikrobiologi lingkungan.

Istilah tersebut kemudian diperkenalkan secara umum di tahun 1960 tetapi barulah muncul ke permukaan dikarenakan dampak serius yang ditimbulkannya dalam kurun waktu 20 tahun terakhir ini.

Pada buku ini, mengulas terkait pemahaman akan peran mikroorganisme dengan lingkungan berfungsi sebagai katalis untuk berbagai fenomena alam yang dirasakan.

Tanpa peran mikroorganisme maka hewan dan tumbuhan yang mati akan tertimbun dan memenuhi bumi, seperti juga bahan anorganik esensial seperti nitrogen dan fosfor yang dibutuhkan kehidupan akan cepat menghilang.

Demikian pula, bahan yang tidak terurai dalam lingkungan akan menyebabkan perubahan lingkungan hingga akhirnya berefek toksik dan menyebabkan gangguan terhadap lingkungan.

lingkungan

Gambaran Umum Buku

Buku ini dijabarkan dalam 6 bab secara umum untuk mempermudah dalam mengetahui dan mempelajari tentang mikrobiologi lingkungan.

BAB 1

Pada bab ini dijabarkan mengenai prinsip dasar tentang mikrobiologi lingkungan dalam lingkungan pertanian, peternakan dan industri.

Pada bagian ini, penjelasan dasar terkait mikrobiologi, fungsinya serta dampak yang diberikan untuk manusia, hewan dan lingkungan secara umum, pada bagian ini juga dijabarkan terkait peran ekosistem yang terintegrasi dalam satu kesatuan utuh yang tidak bisa terlepas untuk mencapai kelestarian lingkungan.

BAB 2

Pada bagian kedua, penjelasan mengenai morfologi, pengelompokan dan fisiologi makhluk terkecil seperti protista, prokariot, eukariot sebagai mikroorganisme.

Ciri-ciri, bentuk dan sifat dari mikroorganisme tersebut, tidak lupa disertakan nutrisi dan pertumbuhan pada mikroorganisme.

lingkungan
Iinisehat.com

BAB 3

Pada bagian ketiga dijelaskan mengenai interaksi komunitas di dalam kesatuan ekosistem dengan penjabaran mikroorganisme yang menguntungkan dan merugikan pada lingkungan sekitar.

Pada bagian ini, dijelaskan mengenai daur nitrogen, daur karbon dan daur sulfur sebagai sumber penting dalam fungsi mikroorganisme dalam lingkungan.

Baca Juga: [Review Buku] Membangun Pertanian dengan Pemberdayaan Masyarakat Tani

BAB 4

Pada bagian keempat dijelaskan tentang mikroba dalam kaitannya tentang lingkungan perairan, udara, serta lingkungan pada tanah.

Pada bagian ini menjelaskan peran mikroorganisme dalam pembentukan hujan, pupuk serta udara yang bersih. Beragam siklus yang dijelaskan menjadi cikal bakal pengaruh mikroorganisme dalam lingkungan.

BAB 5

Pada bagian ini dijelaskan terkait pengolahan akan limbah terkhusus limbah pertanian, peternakan, serta sektor industri yang wajib untuk diketahui pelaku pertanian secara umum.

Pada bagian ini dijabarkan teknik dalam pengolahan limbah mulai dari skala tradisional hingga modern, pemanfaatan fisika, biologi hingga kimiawi, serta perlakuan praktis yang mungkin bisa diterapkan seperti pengolahan pupuk pertanian.

BAB 6

Pada bagian ini dijelaskan terkait penyakit yang bersumber dari mikroorganisme. Penjelasan mengenai penyakit yang kita alami nyatanya tidak jauh dari aspek lingkungan, yang dapat menular melalui makanan, udara dan tanah.

Pada bagian ini pula dijelaskan tentang penanganan akan mikroba dengan jalur biosekuriti, sanitasi, desinfektan, antiseptik dan lain-lain.

Kelemahan Buku

Kelemahan dalam buku ini ialah aplikasi yang secara faktual di lapangan tidak dijabarkan lebih jauh, mengingat penulis adalah seorang ilmuan laboratorium bukanlah praktisi lapangan.

Sehingga dukungan jurnal ilmiah maupun prosedur sejenis dari Kementrian, Konsultan, Penyedia Jasa Pelatihan dan sebagainya akan sangat membantu.

Beberapa hal yang perlu untuk disyukuri bahwa publikasi tentang mikroorganisme lingkungan yang sukar dapat didapatkan pada referensi yang sudah tersaji dalam buku ini, sehingga sangat baik sebagai buku pegangan.

Baik anda sebagai Mahasiswa, Pelaku usaha pertanian dan peternakan, Jasa pengelola lingkungan, maupun Petani cerdas yang selalu ingin berinovasi dalam mengelola pertaniannya yang tak mementingkan diri sendiri tetapi melihat ciptaan Tuhan yang lain yakni lingkungan yang perlu untuk dijaga dan dilestarikan.


Demikianlah tulisan singkat review buku yang membahas perihal tentang mikrobiologi lingkungan secara lengkap. Semoga bermanfaat sekaligus menginspirasi Anda sekalian.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Nama penulis              : Prof. Dr. Lucia R. Winata Muslimin, M.Sc

Kota Penerbit              : Depok

Penerbit                      : UI Press

Tahun terbit                 : 2013

Jumah halaman          : 208 halaman

ISBN                           : 978-979-456-471-4

Baca Juga: Review Buku Pertanian Organik, Suatu Kajian Sistem Pertanian Terpadu dan Berkelanjutan

Penusil: Suryadi Pappa

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.