mesin penepung

Seiring berkembangnya zaman, maka teknologi yang hadir menjadi semakin modern. Jika dahulu untuk menjalankan proses produksi harus menggunakan tenaga manusia, maka dengan kemajuan zaman, saat ini telah hadir beragam teknologi tepat guna yang bisa digunakan untuk mempermudah pekerjaan.

Pengertian Teknologi Tepat Guna

Teknologi tepat guna merupakan teknologi yang dirancang untuk memanfaatkan sumber daya yang tersedia dan juga menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Dengan adanya teknologi tepat guna, maka berbagai kegiatan sehari-hari bisa dilaksanakan dengan lebih efektif dan juga efisien.

Baca juga: 5 Teknologi Pertanian Anak Bangsa yang Patut Diapresiasi

Jenis Teknologi Tepat Guna Pengolah Bahan Pangan

Teknologi tepat guna sendiri saat ini sudah banyak dirancang untuk memudahkan pekerjaan manusia dalam berbagai bisang salah satunya yaitu untuk mengolah bahan pangan. Kehadiran teknologi ini tentu sangat membantu mempermudah pekerjaan sehingga hasil produksi menjadi lebih maksimal.

Lalu apa saja teknologi tepat guna yang biasa digunakan untuk mempermudah pengolahan bahan pangan? Untuk informasi lebih jelasnya, ini dia ulasannya

1. Mesin Pengupas Kulit

Jika dahulu untuk mengupas kulit kedelai, kopi, atau berbagai biji-bijian lainnnya harus menggunakan tangan, maka sekarang Anda bisa menggunakan mesin pengupas kulit yang lebih praktis.

Penggunaan mesin ini tentu sangat membantu proses pengupasan kulit sehingga berlangsung lebih cepat dan menghasilkan hasil yang lebih banyak.

Selain itu, penggunaan mesin juga mampu meningkatkan kualitas biji karena biji yang dikupas tidak akan cepat hancur dan juga lebih bersih.

2. Mesin Pengekstrak Minyak

Beberapa jenis bahan pangan seperti biji kacang, wijen, kedelai, hingga beberapa buah-buahan seperti alpukat mampu menghasilkan minyak.

Minyak ini memiliki harga yang jauh lebih tinggi apabila telah diekstrak dibandingkan dengan produk mentahnya.

Untuk bisa membuat minyak, Anda tidak perlu lagi melakukan berbagai jenis tahap ekstraksi yang rumit. Kehadiran mesin pengekstrak minyak bisa menjadi solusi ampuh untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ekstrak minyak.

Selain itu proses ekstraksi juga bisa dilakukan lebih cepat dibandingkan dengan cara manual sehingga lebih menguntungkan.

Baca juga: 5 Teknologi Tepat Guna yang Dibutuhkan Petani Padi

3. Mesin Penggiling

Beras merupakan salah satu bahan makanan tinggi karbohidrat yang memiliki tingkat konsumsi yang tinggi di Indonesia.

Salah satu bahan olahan beras yang juga digunakan oleh masyarakat adalah tepung. Selain dari beras, tepung juga bisa didapatkan dari beragam jenis bahan pangan lain yang mengandung pati seperti singkong, ketan, ubi, sukun, dan lain sebagainya.

Untuk bisa mendapatkan tepung yang berkualitas, Anda sudah bisa menggunakan mesin penggiling untuk mengolah berbagai bahan pangan menjadi tepung berkualitas siap jual.

4. Mesin Penggiling Mie

Mesin penggiling mie juga termasuk kedalam teknologi tepat guna yang sangat praktis karena bisa digunakan untuk membuat mie dalam waktu yang singkat dengan jumlah yang banyak.

Dengan adanya mesin ini, Anda juga bisa berkreasi untuk membuat berbagai olahan mie seperti mie sayuran atau mie dengan bahan dasar tepung lain yang jauh lebih menguntungkan.

Baca juga: Mengenal Teknologi Agrikultur Modern yang Bermanfaat Bagi Petani

5. Mesin Vacum Frying

Mesin vacuum fring merupakan salah satu teknologi tepat guna yang biasa digunakan untuk memproduksi aneka olahan keripik terutama dari buah-buahan. Hal ini dikarenakan mesincacum fryng mampu menerapkan kondisi vacuum pada proses penggorengan sehingga keripik buah menjadi lebih tahan lama.

Keberadaan teknologi teoat guna memang sangat membantu manusia untuk bisa mempercepat proses pengerjaan serta meningkatkan kualitas hasil produksi.

Anda bisa menggunakan salah satu atau beberapa teknologi tepat guna ini untuk membantu kemudahan bisnis atau usaha yang sedang dijalani. Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat mencoba!

 

Sumber:

https://dindasupriatna.com.contoh-teknologi-tepat-guna-bidang-pangan/

https://mesinagroindustriesblog.wordpress.com/teknologi-tepat-guna-pengolahan-pangan/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.