Seperti diketahui bersama bahwa di desa merupakan suatu tempat yang memiliki sumber daya alam yang masih baik. Udara alam yang masih sejuk, tanah yang subur, dan lahan untuk bercocok tanam masih begitu luas, serta juga hewan-hewan ternak yang masih banyak bisa berkembang baik. Karena hal tersebut peluang untuk memulai usaha bidang pertanian maupun peternakan di desa masih sangat terbuka lebar. Karena desa-desa di Indonesia masih memiliki tingkat kesuburan tanah yang tinggi sehingga masih dapat di tanami banyak tumbuhan pertanian. Dan juga dikarenakan lahan yang masih luas maka dapat membuat tempat peternakan.

 

Pada kesempatan kali ini akan dibahas beberapa peluang usaha pertanian dan perternakan di daerah desa, yaitu :

Ternak Sapi

Sumber : www.pexels.com

Sapi adalah salah satu hewan yang banyak peminatnya di wilayah indonesia, mulai dari rumah makan, kurban dan lain-lainnya. Hal ini dikarenakan sapi merupakan hewan yang dapat di konsumsi oleh mayoritas bangsa Indonesia yaitu khusus nya agama islam.

Karena mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim, maka permintaan akan daging sapi begitu tinggi, di tambahkan dengan pada saat Idul Adha, sapi sangat diperlukan sebagai hewan kurban penyembelihan kepada Allah SWT. Tak hanya itu juga daging sapi yang diolah menjadi bakso sangat banyak diminati masyarakat Indonesia dan dapat ditemui hampir seluruh wilayah Indonesia. Tak hanya itu, sapi betina juga dapat menghasilkan susu murni yang baik untuk kesehatan dan petumbuhan anak-anak.

Ternak Kambing

Sumber : www.pexels.com

Hampir sama dengan hewan sapi, ternak kambing juga merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan. Sama hal nya dengan hewan sapi, kambing juga merupakan hewan yang diperlukan sebagai hewan kurban pada saat Idul Adha dan hari raya lainnya. Namun modal untuk ternak sapi lebih terjangkau dibandingkan dengan untuk modal ternak sapi.

Ternak Ayam Kampung

Sumber : www.pexels.com

Ternak ayam kampong merupakan salah satu usaha yang juga menjanjikan selain dari dua usaha lainnya diatas, dimana harga ayam kampung lebih mahal dibandingkan dengan harga ayam jenis lainnya. Dan juga rasa dari daging ayam kampung yang lebih enak dibandingkan dengan ayam jenis lainnya.

Ayam kampung begitu digemari, karena rasa dan kandungan gizi yang cukup tinggi. Selain dapat menjual daging ayam kampung, telur ayam kampung juga tidak kalah mahal dibandingkan dengan harga ayam biasanya. Oleh karena itu ternak ayam kampung merupakan usaha yang begitu menjanjikan.

Baca Juga: Peluang Usaha Pertanian, Modal Kecil Untung Besar

Ternak Lele

Sumber : www.kompasiana.com

Lele merupakan hewan yang banyak digemari oleh penduduk Indonesia. Karena kuliner pecel lele yang sudah sangat terkenal, beberapa pengusaha kuliner pecel lele akan banyak ditemui di jalan khususnya kota – kota besar Indonesia.

Karena hal tersebut sudah dipastikan, permintaan ikan lele sudah pasti tinggi. Dan juga ternak lele tidak sesulit memelihara seperti ikan jenis lainya seperti ikan Mas, ataupun Nila, yang biasanya di ternak pada air tawar. Karena hewan satu ini memiliki kemampuan hidup yang begitu hebat, ikan lele dapat bertahan hidup meski dalam air yang keruh, dan juga dapat bertahan hidup pada air yang sangat sedikit.

Budidaya Sayuran Organik

Sumber : www.economy.okezone.com

Melakukan budidaya tanaman sayuran organik adalah usaha bisnis yang memiliki peluang yang besar. Dimana saat ini masyarakat sudah semakin pandai dalam memilih makanan yang akan disajikan kepada keluarga. Sayuran merupakan sajian yang harus pada setiap makanan setiap harinya, karena kandungan sayur yang begitu banyak bagi kesehatan dan juga menyantap lauk dengan sayuran akan lebih nikmat rasanya.

Oleh sebab itu permintaan sayuran organik menjadi meningkat di kota maupun di desa. Dikarenakan itu usaha tersebut sangat menjanjikan, namun budidaya sayuran akan membutuhkan lahan yang cukup luas dan juga membutuhkan perawatan agar sayuran dapat menghasilkan tanaman yang layak untuk dikonsumsi dan diperjual belikan.

Baca Juga: Peluang Besar, Karyawan Pariwisata Ini Tanam Herbal 

Budidaya Tanaman Rempah

Sumber : www.batam.tribunnews.com

Tanaman rempah-rempah sangatlah mudah ditemukan di Indonesia, karena Indonesia sebagai salah satu negara penghasil rempah-rempah yang baik di dunia. Tanaman rempah sangat lah tinggi permintaan nya, mulai dari dijadikan sebagai bumbu sebagai penambah rasa pada makanan. Maka dari itu tanaman rempah sudah sangat dibutuhkan dikehidupan sehari-hari masyaratak Indonesia maupun penduduk asing.

Usaha Menjual Pupuk

Sumber : www.fajar.co.id

Seperti yang diketahui bersama, didesa kebanyakan masyararakat akan memilih profesi sebagai petani karena lahan desa yang masih subur. Dalam hal tersebut pupuk berperan penting bagi perawatan tanaman, yaitu sebagai pengganti unsur hara tanah yang hilang karena sering ditanami.

Usaha pupuk memang tidak begitu mudah, karena penjualan akan tergantung pada musim. Sehingga keuntungan juga tidak terlalu besar, dan membutuhkan kesabaran. Namun jika terjual maka akan mendapatkan untung yang cukup besar.

Untuk memulai bisnis pupuk memerlukan perhitungan yang tepat, dan juga persiapan matang. Sehingga dapat membantu dan memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar sekaligus mendapatkan keuntungan.

Baca Juga: 21 Peluang Usaha Ternak yang Patut Kamu Coba

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.


Referensi: https://www.folderdesa.com/peluang-usaha-peternakan-pertanian-menguntungkan/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.