Pengumuman Pemenang Lomba Kuis April Pak Tani Digital

Wah akhirnya setelah begitu banyak peserta yang mengikuti Kuis April Pak Tani Digital, akhirnya diputuskan 3 orang pemenang dari Pak Tani Digital.

Inilah dia Para Pemenang Lomba Kuis Maret Pak Tani Digital!

  1. @firman.dy
  2. @agrobima_bersama
  3. @yudaanggik_

Adapun kuis yang diadakan adalah bagaimana menurut kamu tentang seberapa pentingnya manajemen pertanian bagi petani dan bagaimana cara pengaplikasian secara praktis dalam kehidupan bertani? Yuk kita simak sama-sama sobat PTD!

  • @firman.dy

Manajemen pertanian sangat penting dilakukan, hal ini berkaitan dengan pengelolaan pertanian nantinya agar lebih terstruktur dan mengurangi tingkat kerugian pada petani. Dengan menggunakan prinsip POAC + E (planning, organizing actuating, Actuating controling dan evaluasi) akan menjadi landasan untuk memanajemen usaha pertanian.

Contoh Praktis Aplikasi :

  1. Planning = termasuk pada perhitungan analisa dana usaha (biaya yang akan dikeluarkan),menghitung tenaga kerja yang dibutuhkan, penentuan segmen pasar, penentuan jadwal penanaman,jadwal pemesanan (bibit, benih, pestisida) , perkiraan hama dan penyakit yang akan menyerang, penentuan bagaimana cara mengatasi hama dan penyakit, penentuan kapan waktu panen dll.
  2. Organizing = strategi bagaimana cara kita mengatur dan memposisikan tenaga kerja agar lebih efektif dan efisien, misalnya pekerjaan penyiangan dan pemupukan harus saling berkordinasi dan berdampingan. Hari ini melakukan penyiangan besok langsung dilakukan pemupukan.
  3. Actuating = pelaksanaan dari yang sudah kita rencanakan. Usaha pertanian langsung kita kerjakan sesuai dengan perencanaan.
  4. Controling = melakukan kontrol atau pengawasan terhadap pekerjaan yang dilakukan. misalnya kita mengawasi pekerja, apakah sudah sesuai dengan yang diharapkan atau belum.
  5. Evaluasi = mengevaluasi semua pekerjaan yang mengalami permasalah, dengan tujuan agar tidak terulang kembali dan meningkatkan motto hasil dengan memperbaiki sistem yang sekiranya kurang efektif dan efisien.

 

  • @agrobima_bersama

Di-Tempat Pada prinsipNya petani berharap nilai pendapatan meningkat, pola usaha yang dilakukan lbh baik dari waktu sebelumnya dan diukur dari nilai kesejahteraan Pola dilapangan yang menjadi masalah yakni *Pemerintah menginginkan swasembada dan petani mengharapkan kesejahteraan.

MANAGEMEN usaha tani adalah solusiNya, maksudnya mengelola sesuatu yang awalnya kurang bernilai maksimal menjadi sesuatu yg bermanfaat dan jawaban berbagai permasalahan. Penerapan Managemen yg optimal tidak terlepas dari rantai segitiga Agribisnis yakni Hulu, Onfarm dan Hilir.

Ketika konsep kolaborasi dan kolaboraksi di Era Milenial maupun Industri 4.0 dengan konsep Scale UP Spirit (semangat memaksimalkan) dengan disiplin *budaya eksekusi*. Tidak hanya beretorika namun take double action lebih baik dari seribu bahasa. Mensinergikan konsep diatas melibatkan komponen PENTAHELIX (Pemerintah, Komunitas Tani, Cendekia, Media dan Praktisi usaha) bersama mebangun dari tugas pokok dan fungsi masing masing dan berarah pada satu koordinasi.

 

  • @yudaanggik_

Manajemen pertanian sangat penting diterapkan dalam usaha tani dari hulu hingga hilir. Hal ini berkaitan dengan pendapatan petani maupun tingkat kesejahteraan petani. Manajemen merupakan motor pergerakan dari suatu usaha untuk mencapai tujuan atau sasaran agar usaha tersebut terkonsep dengan baik dari berbagai aspek yaitu penyusunan, perencanaan, pengawasan & organisasi. Manajemen pertanian dapat dilakukan oleh petani melalui usaha tani secara individu maupun struktural seperti Gapoktan, Kelompok Tani & Koperasi Tani yang bertujuan untuk mengelola, mengontrol & mengawasi usaha tani. Adanya lembaga-lembaga organisasi tani di pedesaan petani menjadi lebih kooperatif & efisien dalam melakukan usaha tani, dan mereka juga bisa membeli kebutuhan yang berhubungan dengan pertanian relatif lebih murah dibandingkan dengan toko-toko tani lainnya. Seperti benih/bibit, pupuk, pestisida, alsintan (alat mesin pertanian) dan peralatan lainnya di koperasi tani. Adapun pentingnya manajemen pertanian dalam usaha tani yaitu; 1. Pengolahan lahan; 2. Biaya/Modal; 3. SDM; 4.Produksi/Komoditi; 5. Panen; 6. Pasca Panen; 7. Pemasaran Produk

Nah itu dia pengumuman pemenang lomba kuis April Pak Tani Digital. Nah apakah kamu selanjutnya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.