Hindari 5 Hal Penyebab Keracunan Pada Hewan Ternak

InfoTips

Written by:

Keracunan pada hewan ternak sangat sering terjadi, baik pada hewan ternak yang digembalakan maupun hewan yang dikandang yang mungkin kerap terjadi secara tidak sengaja. Penyebab keracunan hewan ternak ini sangat bervariasi, seperti dari pemberian pakan yang mengandung senyawa kimia yang bersifat toksik atau racun bagi hewan ternak tersebut.

Jika hewan ternak mengonsumsi racun yang berlebihan maka akan mengakibatkan terganggunya sistem metabolisme tubuh ternak tersebut yang berujung pada penurunan kualitas dan produktivitas hasil ternak tersebut. Dan untuk kasus yang paling parah dapat menyebabkan kematian hewan ternak tersebut, tentunya hal tersebut dapat merugikan para peternak.

Oleh karena itu, kita harus mengetahui penyebab-penyebab keracunan pada hewan ternak supaya dapat meminimalisir hal tersebut terjadi. Berikut adalah 5 hal yang dapat meracuni hewan ternak:

Tanaman Beracun

Tanaman merupakan salah satu sumber pakan yang sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan dan perkembangan hewan ternak. Akan tetapi terdapat beberapa jenis tanaman yang mengandung racun yang berbahaya bagi hewan ternak tersebut contohnya daun singkong yang masih segar mengandung sianida yang dapat menjadi racun bagi hewan ternak dan juga tanaman bandotan yang telah meracuni sejumlah sapi di Sumatera Utara.

Tanaman beracun mungkin sedikit sulit untuk dikendalikan, pasalnya tanaman beracun ini sering ada diantara tanaman yang sering di gunakan sebagai pakan ternak. Oleh karena itu, kita harus mengetahui jenis tanaman apa saja yang dapat menyebabkan keracunan pada hewan ternak dan memeriksa terlebih dahulu lokasi sebelum kita menggembalakan hewan ternak kita.

Pencemaran Pestisida

Pestisida merupakan senyawa beracun yang sering di gunakan oleh para petani untuk mengendalikan hama yang terdapat pada tanaman. Di dalam pestisida tersebut terdapat berbagai senyawa kimia yang jika di konsumsi oleh hewan ternak dapat mengalami keracunan.

Baca Juga : Limbah Ternak Sapi Bantu Sejahterakan Petani Bali

Pada saat petani mengaplikasikan pestisida maka dapat memungkinkan pestisida tersebut menempel pada rumput yang akan kita jadikan sebagai pakan ternak. Maka dari itu pada saat kita mencari rumput usahakan lokasi pengambilan rumput tersebut jauh dan terbebas dari kontaminasi pestisida.

Pakan Sudah Berjamur

Pada saat kita akan memberikan pakan pada hewan ternak. maka pakan tersebut harus bersih dan steril dan juga terbebas dari yang namanya jamur. Periksa terlebih dahulu pakan yang akan kita berikan pada umunya adanya jamur mudah dikenali dan tercium.

Pemberian pakan yang tidak bersih memungkinkan mengandung jamur dan berbagai jenis patogen penyebab penyakit dan senyawa kimia toksik yang dapat mengganggu kesehatan hewan ternak kita. Pemanenan dan penyimpanan pakan hijau yang tepat dapat meminimalisir tumbuhnya jamur penyebab penyakit.

Tanaman yang Kekeringan

Asam prusik dan Nitrat merupakan 2 senyawa kimia yang dihasilkan pada tanaman jenis rumput yang mengalami kekeringan. Menurut Universitas Negeri North Dakota, tanaman dapat menghasilkan Asam Prussat dan Nitrat yang tinggi saat tanaman rumput hijauan yang terganggu proses pertumbuhannya karena kekeringan.

Jika hewan ternak mengkonsumsi senyawa tersebut dalam konsentrasi yang tinggi maka dapat menyebabkan terganggunya pertumbuhan dan menurunnya produktivitas hewan tersebut.

Senyawa Nitrat juga dapat di hasilkan pada tanaman yang diberi pupuk Nitrogen yang tinggi. Maka dari itu hindari pemberian pakan ternak dengan rumput yang mengalami kekeringan agar tidak terjadi keracunan pada hewan ternak

Racun Timbal

Racun timbal ini dapat terkandung di dalam tanah dan juga tanaman. Jika dalam suatu wilayah tanah tersebut terkontaminasi dengan senyawa timbal maka dapat di pastikan tanaman yang tumbuh pada lokasi tersebut juga terkontaminasi racun timbal karena tanaman dapat menyerap racun timbal tersebut. Timbal dapat di hasilkan dari pecahan pipa, baterai bekas, cat dan lain lain.

Baca Juga : Cara Mengolah Limbah Kotoran Ternak Menjadi Biogas

Hindari adanya gundukan sampah dekat kandang karena timbal dapat masuk melalui pernapasan hewan ternak dan kurangi pengambilan pakan hijauan yang dekat tempat umum seperti dengan jalan raya, limbah pabrik, karena pada tanaman tersebut sudah pasti terkontaminasi dengan racun timbal.

Nah, telah dipaparkan 5 hal yang dapat menjadi penyebab keracunan pada hewan ternak, semoga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kualitas dan produktivitas hewan ternak kita. Kesehatan hewan ternak kita yang utama dan harus terjaga karena mencagah lebih baik daripada mengobati.

Penulis : M. Rizki Permadi Putra


Sudah download aplikasi Pak Tani Digital belum? Silahkan download di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.