Tips Sukses Ternak Ayam Kampung, Pilihlah Kandang yang sesuai

Ayam kampong merupakan salah satu jenis ayam yang banyak dimintai, baik daging atau telurnya. Masyarakat juga menyebutnya sebagai ayam kampung karena jenis ayam ini ciri khas nya adalah hidup di wilayah perkampungan atau pedesaan.
Maka dari itu, biasanya pemberian pakan ayam pun juga terbilang masih sangat alami dan jauh dari bahan – bahan kimia. Sebagaimana yang banyak digunakan pada ayam petelur dana yam boiler. Oleh sebab itu, dari segi kesehatan pun ayam kampung relative sangat aman dikonsumsi.
Meningkatnya rasa kepedulian akan kesehatan di mata masyarakat sendiri tentunya juga semakin membuat ayam kampung di pasaran menjadi meningkat. Oleh sebab itu, tidak heran jika kemudian peningkatan permintaan pasar terhadap ayam kampung cukup tinggi.
Kebiasaan cara ternak ayam tradisional di perkampungan pada umumnya adalah peternak membuat kandang sekedarnya, memberi pakan seadanya hingga membiarkan ayam berkeliaran bebas. Padahal jika mau beternak dengan serius, bisa mendapat hasil menjanjikan.
Untuk bisa berhasil, maka terdapat beberapa aspek yang harus dikuasai oleh peternak, yakni dari proses produksi hingga pemasaran.
“Siapa tahu ada yang mau beternak ayam kampung? Nah, bagi kalian yang mau memulai dan menjadi peter
nak ayam yang sukses, ada beberapa hal mendasar yang harus diperhatikan
Pengadaan bibit atau anak ayam
Untuk peternakan yang efektif, anak ayam bisa didapat dengan membeli DOC (Day Old Chicken) atau anak ayam yang baru menetas. Lalu, menggunakan cara dengan menetaskan sendiri menggunakan mesin penetas.
Pemilihan jenis kandang ayam
Hal selanjutnya yang perlu disiapkan adalah kandang. Jenis atau model kandang yang umumnya dipakai para peternak ayam kampung ada tiga macam yakni sistem ren, postal dan baterai.
Perawatan
Dalam perawatan ini, peternak harus menyiapkan pakan ternak berkualitas baik dan obat-obatan alami atau obat kimia.
Untuk menekan biaya produksi, perlu menyiapkan pakan ternak alami, seperti dedak dan sayuran seperti daun pepaya atau daun lamtoro yang sudah lazim dipakai peternak karena kandungan nutrisi dan zat lain yang berguna bagi kesehatan ayam.
Pemasaran
“Bagian akhir yang menunjang kesuksesan anda dalam beternak ayam kampung adalah pemasaran. Akan lebih efektif jika anda menjualnya ke pelanggan langsung, misalnya dengan pengusaha rumah makan dan sebagainya yang membutuhkan daging ayam dalam kegiatan usahanya.
Anda juga harus mulai mempelajari dan melakukan penjualan secara online dengan memanfaatkan media sosial,”

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini .

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.