Yuk Kenali 9 Manfaat Buah Stroberi Bagi Kesehatan

Tidak hanya menyegarkan dan enak, buah stroberi memiliki banyak manfaat. Buah berwarna merah ini memiliki banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan. Buah yang memiliki perpaduan rasa manis dan asam ini selain banyak dibudidayakan di Indonesia sehingga mudah didapatkan, juga dapat diolah menjadi berbagai jenis olahan mulai dari jus, selai, sirup, dan kue. 

Sumber gambar: Dinner, Dishes, and Desserts

Dalam 100 gram stroberi terkandung 32 kalori yang mengandung berbagai nutrisi, antara lain serat, karbohidrat, protein, kalsium, vitamin C, vitamin B6, folat, magnesium, kalium, zat besi, serta antioksidan. Karena nutrisi-nutrisi yang dikandungnya, stroberi memiliki berbagai manfaat kesehatan, antara lain:

Baik untuk Mata dan Rambut

Buah stroberi mengandung vitamin C dan antioksidan. Keduanya berperan dalam melawan radikal bebas agar mata tidak kering, mencegah katarak dan degenerasi makula. Kandungan kalium pada stroberi dipercaya dapat membantu mengatasi tekanan okular bola mata yang membahayakan penglihatan. Antioksidannya juga membantu membersihkan dan melindungi rambut. 

Memperkuat Kekebalan Tubuh

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa mengkonsumsi jus stroberi setiap hari dipercaya bisa meningkatkan kekebalan tubuh, hal ini dikarenakan jus stroberi mengandung vitamin C. Dengan kekebalan tubuh yang tinggi, sobat PTD akan lebih kebal, dan bisa mencegah sobat dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Kandungan antioksidan stroberi juga membantu memerangi radikal bebas.

Bagus untuk Pencernaan

Buah stroberi merupakan buah yang kaya serat dan probiotik. Kandungan seratnya diketahui dapat membantu pertumbuhan bakteri baik pada usus serta membantu menyehatkan saluran cerna. Selain itu, antosianin dalam buah stroberi juga mencegah kanker usus.

Mencegah Darah Tinggi

Penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition, ditemukan bahwa dengan mengonsumsi makanan yang kaya antosianin seperti stroberi dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi. 

Baik untuk Jantung

Antosianin pada stroberi juga mencegah resiko serangan jantung. Walaupun belum diketahui dengan pasti, namun beberapa penelitian sudah menjelaskan tentang hal itu. Menurut penelitian Dr. Eric Rimm yang menunjukkan bahwa mereka yang lebih sering mengkonsumsi stroberi memiliki resiko serangan jantung lebih rendah.

Sumber gambar: Alodokter

Mencegah Stroke

Karena zat antosianin yang dikandungnya dapat mencegah hipertensi. Hipertensi merupakan salah satu faktor yang menyebabkan stroke. Jadi dengan mengonsumsi buah stroberi secara rutin, tekanan darah bisa terkontrol dan mencegah stroke.

Membantu Menjaga Berat Badan

Jika sobat PTD ingin mengurangi berat badan. Sebaiknya sobat PTD membuat meal preparation atau rencana makan selama beberapa hari dan masukkan buah stroberi ke dalam daftar tersebut karena kandungan seratnya yang tinggi. Serat sangat berperan penting dalam proses metabolisme tubuh. 

Melindungi Kulit dari Pengaruh Buruk UV

Manfaat penting stroberi selanjutnya adalah melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar UV karena stroberi mengandung antioksidan. Antioksidan para stroberi ini dapat menangkal radikal bebas.

Mencerahkan Kulit

Karena mengandung vitamin C, stroberi juga dapat membantu mencerahkan kulit. Kandungan vitamin C yang larut dalam air ini dapat membantu memberikan hasil efektif dalam mencerahkan kulit.

Nah itu tadi 9 manfaat buah stroberi bagi kesehatan, jadi jangan sampai terlewatkan di diet sobat ya, namun jangan lupa untuk tetap berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk jumlah kebutuhan yang tepat.

 

Sumber:

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-strawberry/

https://www.alodokter.com/manisnya-manfaat-strawberry-ternyata-ada-banyak

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.