Langkah Budidaya Selada Hidroponik - GU

Apakah Anda mencari panduan untuk budidaya selada dengan metode hidroponik? Caranya sangat mudah. Pak Tani Digital akan membagikan 5 langkah budidayanya.

Salah satu jenis tanaman yang dapat tumbuh di daerah dingin maupun tropis yaitu selada (Lactuca sativa L). Sebagai jenis tanaman yang dapat dikonsumsi, selada memiliki kandungan karbohidrat dan protein rendah.

Namun selada memiliki kandungan air, sumber mineral, pro-vitamin A, vitamin C, dan serat yang tinggi. Beberapa khasiat selada diantaranya yaitu dapat memperbaiki organ dalam, mencegah panas dalam, membantu menjaga kesehatan rambut, menjaga kelembaban kulit, dan dapat mengobati insomnia.

Seiring dengan meningkatnya permintaan pasar akan selada, karena fungsinya sebagai bahan utama dalam makanan seperti salah maupun karena manfaatnya untuk kesehatan, maka diperlukan salah satu upaya untuk meningkatkan produksi salad secara terus-menerus.

Teknologi hidroponik merupakan salah satu solusi yang dapat digunakan untuk dapat memunuhi kebutuhan selada dipasaran. Selain itu, bagi masyrakat yang ingin bercocok tanam selada namun terbatas akan lahan yang sempit maka teknik hidroponik dapat dicoba.

Sebagai salah satu cara bercocok tanam, hidroponik merupakan teknik berkebun tanpa tanah. Artinya menanam dilakukan dengan media air atau porous lainnya seperti kerikil, pecahan genteng, arang sekam, batu bata, dan pasir.

Keuntungan dalam menanam dengan teknik hidroponik yaitu tanaman dapat tumbuh lebih cepat, sekitar 30-50%, dibandingkan dengan media tanah. Keuntungan lainnya, teknik hidroponik memiliki efisiensi biaya pemeliharaan dan pencegahan terhadap organisme pengganggu tanaman (OPT).

Dalam berbudidaya tanaman selada dengan teknik hidroponik, diketahui ada salah satu metode yang direkomendasikan oleh para penggiat teknik ini yaitu sistem NFT.

5 Langkah Budidaya Selada Hidroponik

Ada 5 langkah yang dapat diikuti untuk bercocok tanam selada dengan sistem hidroponik NFT, diantaranya yaitu:

Penggunaan Bibit Unggul & Jenis Selada

Tujuan tahap ini yaitu untuk mendapatkan produksi selada yang sehat dan berkualitas. Beberapa jenis bibit selada yang sering digunakan yaitu seperti tom thumb, lettuce bibb, dan romaine. Bibit selada unggul tersebut dapat diperoleh dengan mudah di toko pertanian terdekat maupun toko pertanian online.

Baca Juga: 4 Tips Sukses dalam Bertanam Hidroponik Sistem NFT

Bibit Selada

Persiapan Media Tanam

Tahap ini dilakukan ketika bibit selada unggul sudah siap. Selanjutnya, perhatikan syarat tumbuh dari selada agar dapat tumbuh optimal, diantaranya ketinggian lahan tanam sekitar 500 sampai 2000 mdpl, temperatur udara sejuk berkisar 15 sampai 20 derajat Celcius, pH larutan nutrisi 6,0 sampai 6,8 dan intensitas cahaya matahari cukup.

Setelah syarat tumbuh selada terpenuhi, maka selanjutnya menyiapkan media tanam seperti  rockwool dalam sistem hidroponik NFT.

Persiapan Wadah untuk Waduk Nutrisi

Sistem hidroponik NFT, wadah yang digunakan berukuran besar yang bertujuan sebagai reservoir bagi tanaman selada. Selanjutnya, siapkan pompa akuarium dengan campuran nutrisi hidroponik dan air.

Biasanya, tanaman selada untuk tumbuh optimum membutuhkan kadar potassium, kalsium, dan magnesium yang tinggi.

Pembibitan

Dalam proses pembibitan tanaman selada, digunakan 2 tahap media tanam yaitu rockwool agar tercipta lingkungan awal yang stabil, lalu sistem hidroponik NFT.

Hal penting yang perlu diperhatikan yaitu bibit selada perlu diberikan air setiap hari dan lakukan secara hati-hati pada saat transplantasi bibit ke reservoir.

Baca Juga: Kenali Penyakit pada Tanaman Selada dan Cara Mengendalikannya

Sayur Selada

Proses Panen Selada

Panen dilakukan pada daun selada bagian luar saja, biasanya umur selada 5-6 minggu dan pilih daun dari satu tanaman untuk satu hari, diikuti tanaman lain beberapa hari kemudian. Hal tersebut bertujuan untuk menghidari produksi yang berlebihan.

 


Itulah langkah-langkah mudah dalam budidaya selada hidroponik. Apakah Sobat PTD tertarik untuk mencobanya?

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: Hanya 4 Tahap Menanam Kacang Hijau Secara Hidroponik

Penulis: RM Winnie

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Referensi:

  • https://ilmubudidaya.com/cara-menanam-selada-hidroponik
  • Jureni Siregar.2015. PENGUJIAN BEBERAPA NUTRISI HIDROPONIK PADA SELADA (Lactuca sativa L.) DENGAN TEKNOLOGI HIDROPONIK SISTEM TERAPUNG (THST) TERMODIFIKASI. Fakultas Pertanian, UNIVERSITAS LAMPUNG.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.