Ternyata, kacang hijau dapat dibudidayakan secara hidroponik. Pak Tani Digital akan membagikan 4 langkah mudah kepada kamu untuk mempraktekkannya.

Indonesia sebagai negara tropis, sangatlah mudah untuk berbudidaya tanaman kacang hijau (Vigna radiata). Bagian biji dari kacang hijau adalah yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat karena memiliki daya jual yang baik dan nilai ekonomi cukup tinggi.

Manfaat kacang hijau  bagi kesehatan tubuh diketahui sebagai salah satu sumber protein nabati yang kaya akan vitamin B serta berbagai mineral seperti fosfor dan kalsium yang baik untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan tulang dan gigi.

Manfaat lainnya, kandungan lemak tak jenuhnya dapat menekan lemak jahat yang ada di dalam tubuh. Oleh karena itu, kacang hijau dapat mencegah penyakit jantung, penyumbatan pembuluh darah, dan tekanan darah tinggi.

Syarat Tumbuh Kacang Hijau

Ketika Anda ingin membudidayakan kacang hijau, perlu juga diperhatikan syarat tumbuhnya, diantaranya yaitu:

  • Tekstur tanah: liat berlempung banyak mengandung bahan organik, aerasi dan drainase yang baik.
  • Struktur tanah: gembur
  • pH tanah: optimal 6,7
  • Iklim: Curah hujan optimal 50-200 mm/bulan, temperatur 25o– 27oC, dan kelembaban udara 50 – 80%, dan intensitas sinar matahari yang cukup.
Kacang Hijau
Foto: tabloidsinartani.com

Kacang Hijau Hidroponik

Bagi masyarakat yang tertarik untuk berbudidaya kacang hijau, maka dapat mencoba dengan teknologi hidroponik. Aplikasi teknologi hidroponik adalah suatu cara untuk memberikan kemudahan dalam bercocok tanam dan meningkatkan hasil panen.

Teknik hidroponik juga menjadi solusi bercocok tanam pada lahan sempit. Umumnya, berbudidaya tanaman kacang hijau dengan teknologi hidroponik dapat dilakukan dengan menggunakan model EBB dan Flow System yang dapat memudahkan proses penanaman, perawatan, dan pemanenan.

Peralatan yang dibutuhkan dalam cara menanam kacang hijau hidroponik diantaranya yaitu

  • Tangki Penampung Air, untuk menampung air dan nutrisi
  • Net pot, untuk tanaman yang ditanam dengan metode hidroponik
  • Selang, untuk mengalirkan air dan nutrisi dari tangki
  • Benih kacang hijau, pilih benih fertil agar dapat dibuat benih kembali
  • Larutan Nutrisi, salah satu jenis nutrisi yang banyak digunakan adalah AB-Mix, bertujuan agar pertumbuhan kacang hijau baik
  • Media Tanam, pilih berupa cocopeat atau arang sekam.

Baca Juga: Tips Untuk Dosis Pupuk Kacang Hijau yang Tepat

EBB & Flow System
Foto: bibitbunga.com

Cara Menanam Kacang Hijau Hidroponik

Berikut ini adalah cara menanam kacang hijau hidroponik dengan model EBB dan Flow System yang dapat dilakukan oleh Anda, diantaranya yaitu:

  1. Persiapan Perangkat dan Media Tanam. Media tanam yang dianjurkan adalah rockwool yang dapat langsung digunting dan diberi lubang sertadikombinasikan dengan kerikil atau hudroton.
  2. Penyemaian Benih Kacang Hijau: benih kacang hijau, sebanyak 2-3 benih, dapat langsung di masukan ke dalam media tanam.
  3. Penanaman Kacang Hijau. Kacang hijau yang disemai menjadi bibit maupun benih yang langsung ditanam dapat dipindahkan ke media yang telah disediakan. Agar kacang hijau yang ditanam mendapatkan intensitas cahaya, maka penanaman ditempatkan pada lahan terbuka. Hal ini dapat mendukung masa pembungaan yang membuat peluang panen lebih melimpah.
  4. Perawatan Kacang Hijau. Hal terpenting ketika menanam kacang hijau yaitu memperhatikan keadaan tanaman. Artinya, ketika tanaman menunjukkan gejala kekurangan nutrisi, maka perlu menambahkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman ini.

Itulah langkah-langkah mudah dalam budidaya kacang hijau hidroponik. Apakah Sobat PTD tertarik untuk mencobanya?

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: Hanya 7 Langkah Budidaya Kacang Panjang Saat Musim Kemarau

Penulis: RM Winnie

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Referensi:

  • https://ilmubudidaya.com/cara-menanam-kacang-hijau-hidroponik
  • http://sulsel.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php/publikasi/panduan-petunjuk-teknis-leaflet/91-budidaya-kacang-hijau

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.