5 Tips Tanam Daun Mint di Dalam Pot

Yuk, tanam daun mint di dalam pot dan ikutin langkah-langkah penanamannya pada artikel pertanian kali ini.

Anda pasti tidak asing dengan daun mint bukan? Daun mint sendiri memiliki banyak manfaat yang baik bagi butuh.

Selain itu, aromanya yang segar juga bisa menjadikan daun yang satu ini banyak digunakan untuk menghilangkan bau mulut dan melegakan tenggorokan.

Tanam daun mint bisa menjadi pilihan bagus bagi Anda yang ingin menyetok daun ini sendiri di rumah.

Tips Tanam Daun Mint Mudah di Dalam Pot

Selain bisa dimanfaatkan daunnya langsung, daun mint juga biasanya disuling untuk diambil minyaknya. Berbagai kandungan yang terdapat didalam daun mint antara lain provotamin A, vitamin C, fosfor, kalium, dan juga besi.

Bagi Anda yang tertarik untuk menanam daun mint di dalam pot, ini dia bebelapa tips penanamannya:

Baca Juga: Mengetahui Cara Menanam Daun Arugula Sivelta

Persiapan Lahan

Agar daun mint yang ditanam dapat tumbuh dengan subur, maka Anda harus bisa memilih jenis lahan yang sesuai untuk pertumbuhannya. Beberapa karakteristik lahan yang cocok digunakan untuk pertumbuhan daun mint yaitu:

Lahan yang lembab

Daun mint termasuk kedalam tanaman yang dapat hidup di daerah yang lembab dengan ketinggian tanah mulai dari 150m-900m di atas permukaan tanah. Namun jika Anda ingin menanam daun mint di dataran rendah, maka pilihlah jenis arvensis.

  1. Pilih lahan atau tanah yang memiliki struktur gembur, subur, dan juga memiliki drainase yang baik. Selain itu pH tanah yang sesuai untuk proses penanaman daun mint berkisar antara 5,5-7,0.
  2. Daun mint dapat tumbuh subur pada daerah dengan curah hujan 2000-4000 mm/tahun.
daun mint
pixabay.com

Persiapan Bibit

Untuk mempersiapkan bibit daun mint, Anda bisa membeli bibit dari toko pertanian atau memperbanyak bibit sendiri. Jika ingin membuat bibit sendiri, pilih tanaman yang sudah dewasa sebagai indukan.

Setelah itu potong bagian atas daun mint sepanjang 1 cm yang dekat dengan daerah percabangan dengan menggunakan gunting yang tajam.

Jika bagian bibit sudah dipotong, letakkan tangkai daun mint tadi kedalam gelas berisi air untuk merangsang pertumbuhannya.

Letakkan gelas di tempat yang hangat hingga bagian akarnya muncul. Jika akar sudah mulai tumbuh memanjang, maka Anda sudah bisa memindahkannya kedalam pot.

Baca Juga: Cara Budidaya Daun Pandan Dengan Mudah Bagi Pemula

Penanaman Daun Mint

Untuk menanam daun mint di dalam pot, ada beberapa langkah yang harus diperhatikan antara lain:

  1. Siapkan media pot yang akan digunakan untuk penanaman.
  2. Gunakan media tanam yang terdiri dari campuran pupuk kandang dan juga tanah.
  3. Masukkan media tanam kedalam pot hingga 3/4 bagian lalu biarkan media selama 4-5 hari.
  4. Jika akar bibit daun mint terlalu panjang, maka Anda bisa sedikit memangkasnya sebelum ditanam kedalam media.
daun_mint
pixabay.com

Perawatan dan Pemeliharaan Tanaman

Proses perawatan dan pemeliharaan daun mint yang perlu dilakukan antara lain penyiraman, pemupukan, penyiangan, penyulaman dan juga pengendalian hama dan penyakit.

Penyiraman

Proses penyiraman daun mint tidak perlu dilakukan terlalu sering. Anda cukip menyiramya sebanyak 1 kali sehari atau dengan melihat kondisi media tanam yang ada di dalam pot.

Penyiraman yang jarang dilakukan akan membuat tanaman terlalu kering dan akhirnya mati.

Pemupukan

Untuk mendapatkan tanaman yang berkualitas, maka teknik pemupukan harus dilakukan dengan tepat. Anda bisa menggunakan pupuk organic atau anorganik untuk menyuplai kebutuhan nutrisi tanaman.

Jika ingin menggunakan pupuk organik, gunakan pupuk kandang dengan dosis 30 ton/ha. Sedangkan untuk pemupukan anorganik, Anda bisa menggunakan pupuk Urea SP-36 dan KCL dengan dosis masing-masing pupuk sebanyak 150 kg/ha.

Untuk pemberian pupuk organic, Anda bisa mengaplikasikannya seminggu sekali. Sedangkan pemberian pupuk anorganik harus memperhatikan aturan berikut:

  1. Ketika tanaman memasuki usia 2-3 minggu, berikan ½ dosis pupuk Urea dan dosis penuh pupuk SP-36 dan juga KCL.
  2. Ketika tanaman memasuki usia 1-2 bulan, Anda bisa memberikan ½ dosis pupuk urea.

Penyiangan

Proses penyiangan dilakukan untuk membersihkan gulma atau rumput liar yang menggangu pertumbuhan tanaman. Jika saat proses pemanenan, daun mint tercampur dengan gulma, hal ini tentu akan menurunkan kualitas produksi.

Selain bisa menurunkan kualitas produksi, adanya gulma jga dapat mempengaruhiu pertumbuhan stolon.

Untuk proses penyiangan, Anda cukup melakukannya sebanyak 1 minggu sekali atau jika gulma sudah terlihat lebat dan menggangu tanaman. Selain itu, proses penyiangan juga harus dilakukan lebih intensif ketika menjelag msa panen.

Penyulaman

Lakukan penyulaman secara rutin jika ditemukan tanaman yang tidak tumbuh, rusak, atau mati.

Pengendalian Hama dan Penyakit

Beberapa jenis hama yang biasa menyerang daun mint antara lain ulat pemakan daun dan tungau merah. Hama ulat pemakan daun biasanya menyerang dengan cara menggerogoti bagian daun.

Sedangkan hama tungau biasanya menyerang dengan cara menghisap cairan tanaman. Untuk mengendalikan serangan berbagai jenis hama ini, Anda bisa menggunakan insektisida nabati dengan konsentrasi 5 cc/L atau insektisida sintesiis dengan konsentrasi 2 cc/L.

Pemanenan

Pemanenan daun mint sudah bisa dilakukan ketika tanaman berusia 3-4 bulan atau ketika 50%-70% tanaman sudah berbunga. Proses pemanenan sebaiknya dilakukan pada pagi hari mulai dari pukul 08.00 WIB-10.00 WIB.

Di Indonesia, proses pemanenan daun mint sendiri biasanya dilakukan dua kali dalam setahun. Namun jika sistem irigasi berjalan baik, maka pemanenan daun mint bisa dilakukan sebanyak 3 kali dalam setahun.


Itulah tadi pembahasan lengkap terkait cara tanam daun mint, tidaklah sesulit yang dibayangkan jika langkah-langkahnya dilakukan dengan benar dan pemeliharan dan perawatannya dilakukan secara teratur.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: Ikuti 5 Tahap Ini untuk Budidaya Daun Bidara

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber:

  • https://www.faunadanflora.com/cara-menanam-daun-mint-dalam-pot-di-rumah-bagi-pemula-agar-sukses/
  • http://ilmubudidaya-com/cara-menanam-daun-mint/

Sumber gambar utama: pixabay.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.