argula sivelta

Mau tau cara menanam arugula sivelta? Berikut Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Arugula Sivelta

Mengenal Apa Itu Arugula Sivelta

argula sivelta
pixabay.com

Baca juga: Ini Dia Cara Mudah Membuat Pupuk Organik dari Daun

Dengan berkembangnya zaman yang semakin maju, perkembangan tren makanan sehat juga sangat beragam. Setiap orang harus memenuhi tubuhnya dengan mengkonsumsi sayuran apalagi untuk wanita yang sedang menjalani diet hampir 70 persen dipenuhi dengan konsumsi sayuran.

Daun arugula merupakan tanaman sayur berdaun yang sering digunakan sebagai salah satu bahan campuran salad, pizza dan makanan Italia lainnya.

Daun arugula mulai dibudiayakan di Indonesia mengikuti banyaknya permintaan, terutama dari para pegiat hidup sehat. Daun arugula bentuknya mirip dengan roket dan daun rucola maka dau ini sering disebut juga daun rocket.

Daun ini merupaka milik keluarga Indus dari keluarga kubis. Tanaman ini memiliki musim tanam yang pendek, yang memungkinkan untuk menanam sayuran di tanah terbuka selama periode hangat.

Ketika ditanam di rumah kaca atau di ambang jendela, tanaman itu tumbuh sepanjang tahun, di musim semi dan musim dingin.

Arugula mengandung komposisi vitamin seperti vitamin B, E, PP, K, minyak esensial, flavonoid, asam nabati (erucic, oleic, linoleic) dan steroid.

Dengan berbagai kandungan didalamnya arugula memiliki manfaat sebagai melawan kanker, membantu melawan kanker, membantu tumbuh kembang janin, menjaga kesehatan tulang.

Memperkuat sistem imun, menjaga kesehatan jantung, membuat tubuh tetap bugar hingga menjaga kesehatan mata. Dengan melihat peluang yang sangat besar maka untuk meningkatkan pendapatan bisa mulai budidaya tanaman arugula.

Cara Menanam Daun Arugula

argula sivelta
pxhere.com

Baca juga: Daun Parijata Sumber Daya Genetik Asli Jepara

Persiapan Penanaman

Untuk memulai menanam arugula siapkan wadah berukuran 10×20, tanah pot organik, cahaya lampu (jika menanam didalam ruangan), bibit tanaman arugula dan botol semprot

Penanaman Arugula

Diusahakan Tanam benih arugula di permukaan yang rata dan harus memperhatikan tanahnya bebas dari kotoran dan permukaannya benar-benar rata dan halus.

Jika menggunakan media nampan berukuran 10×20 maka menanam sekitar 30 ml biji arugula. Jika menggunakan wadah yang berbeda, maka diperlukan melihat perbandingan yang pas agar tingkat kepadatan sesuai.

Disarankan gunakan setidaknya 2.5 cm tanah atau media tanam, tetapi 5 cm disarankan jika akan menumbuhkan arugula selama 8-9 hari, dan pada saat itu dimana daun sejati mulai terbentuk dan bergantung pada nutrisi di tanah alih-alih nutrisi yang ada di daun benih.

Setelah menanam, maka disarankan menutup wadah dengan sesuatu yang akan menghalangi semua cahaya. Kalian bisa menggunakan baki 10×20 lainnya dalam posisi terbalik atau tutup lainnya.

Tujuannya untuk memberikan lingkungan perkecambahan yang optimal untuk biji arugula. Setelah menutupi wadah, letakkan di tempat yang kurang cahaya yang relatif dingin (sekitar 21°C).

Perawatan Tanaman

Untuk merawat arugula maka terlebih dahulu jauhkan tanaman arugula dari cahaya selama sekitar 72 jam dan setiap hari buka wadah dan semprotkan sekali atau dua kali dengan botol semprotan dan jangan berlebihan yang membuat tanaman bisa mati.

Pastikan tidak membiarkan cahaya masuk, ini bertujuan agar bibit tidak membungkuk ke arah cahaya dan berbaring rata di permukaan, hal tersebut menyebabkan tanaman akan tumbuh dengan tidak baik.

Jika dilakukan dengan benar, maka benih arugula untuk berkecambah dan mencapai panjang yang dapat diterima.

Pada hari 8-9 setelah tanam tetap menyirami tanaman tetapi tidak dengan air yang banyak. Pada hari 5 dan 6, mikrogreen arugula akan siap untuk penerangan dan sudah tumbuh dengan panjang mencapai 2.5-4 cm .

Jika menanam di luar ruangan, maka tanaman harus lebih sering di siram karena tanama langsung terkena dengan sinar matahari. Sebaliknya, jika tanamannya ditanam di dalam ruangan maka tidak perlu meningkatkan rutinitas penyiraman.

Pemanenan

Untuk pemanenan arugula bisa dilakukan dengan cara memotong tanaman sekitar 1.5 cm dari medium dan jangan dicuci atau ketika hijau dan mencapai tinggi sekitar 8 cm dengan daun terbuka maka saatnya panen.


Itulah informasi mengenai cara menanam argula sivelta. Selamat mencoba dan semoga bermanfaatya sobat PTD!

Baca juga: 5 Langkah Budidaya Bawang Daun dengan Mudah

Penulis: Rini Itona

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.