durian

Apakah kamu salah satu penyuka durian? Sebelum menikmatinya, baiknya kamu ketahui terlebih dahulu jenis serta ciri-ciri durian yang banyak dicari oleh orang-orang. Yuk simak artikel pertanian berikut ini.

Bukan rahasia lagi bahwa durian memang menjadi buah favorit masyarakat. Memiliki rasa yang manis dan legit, tak heran jika buah yang satu ini disebut sebagai “raja buah”.

Rasa yang nikmat dari buah ini tentu diimbangi dengan harganya yang tak murah. Agar tak rugi dalam  merogoh  kocek demi menikmati durian, yuk kenali ciri-ciri durian yang banyak diminati!

Ciri-Ciri Durian Yang banyak Diminati

1. Memiliki Rasa yang Manis dan Legit

Ciri pertama durian yang disukai, adalah durian dengan rasa yang manis dan legit. Sebelum membeli durian, pastikan bahwa durian yang dijual memiliki salut biji alias daging buah yang manis.

Biasanya, durian yang masak akan memiliki rasa manis dan juga tekstur legit yang pas.

2. Berwarna Cerah Menarik

Selain rasa, warna adalah yang pertama kali dilirik ketika membeli durian. Durian memiliki kulit berduri yang berwarna hijau kekuningan, kecoklatan, hingga keabu-abuan.

Kulit durian dengan warna yang cerah  rupanya lebih diminati. Selain warna kulitnya, warna salut biji atau daging durian juga kerap menjadi pertimbangan.

Daging buah durian biasanya memiliki warna putih kekuningan dengan ketebalan yang bervariasi.

3. Memiliki Aroma yang Khas

Salah satu daya tarik buah durian terletak pada aromanya yang khas. Bahkan, aroma  khas durian yang menyengat juga sering dijadikan parameter kematangan dan kenikmatan buah durian.

Pilih durian yang sudah mengeluarkan aroma khas durian cukup kuat.

4. Memiliki Ukuran yang Besar, Bulat dan Bebas Bopeng

Sebelum membeli durian, kondisi luar buah adalah hal yang pertama kali dilihat. Tak hanya warna, ukuran durian juga menjadi hal yang dipertimbangkan sebelum membeli raja buah yang satu ini.

Durian dengan kualitas unggul normalnya memiliki bentuk yang bulat dengan diameter mencapai 20 cm dan permukaan kulit bebas dari bopeng.

5. Duri Lebih Pendek

Ternyata, tampilan duri juga menjadi pertimbangan tersendiri sebelum membeli. Kala hendak menyantap durian, membuka durian memang memiliki kesulitan tersendiri lantaran duri pada kulit yang berpotensi melukai tangan.

Maka tak heran, jika durian dengan duri yang pendek lebih disukai konsumen.

Baca Juga: Cara Menanam Durian Sisamud dengan Sambung Pucuk

Jenis-Jenis Durian Paling Banyak Dicari

Indonesia adalah salah satu negara yang paling banyak memiliki keberagaman jenis durian. Salah satu alasannya adalah karena iklim tropisnya yang membuat variasi durian menjadi beragam dan tumbuh subur disini.

Memiliki rasa yang nikmat, ini dia jenis-jenis durian yang paling banyak dicari konsumen, sebagai berikut:

1. Durian Montong

Jenis durian yang pertama adalah Durian Montong. Buah yang berkembang dengan baik di Thailand ini disebut sebagai durian yang paling unggul.

Memiliki bau khas yang menyengat serta ukuran buah yang lebih besar daripada durian lokal, membuat Durian Montong banyak diminati.

Dengan daging buah tebal berwarna kuning dan pongge yang kecil, tak heran jika Durian Montong dijual dengan harga yang cukup mahal.

durian montong
agrinusamandiri.com

2. Durian Petruk

Indonesia juga memiliki durian varietas unggul yang bernama Durian Petruk. Durian asli Jepara ini berbentuk bulat telur dengan berat 1-1.5 kg.

Sepohon Durian Petruk mampu memproduksi 50-150 buah durian. Durian lokal ini memiliki kulit berwarna hijau kekuningan dengan daging buah berwarna kuning.

Tidak seperti Durian Montong, Durian Petruk memiliki aroma yang tak terlalu tajam. Soal rasa, Durian Petruk tak kalah manis dengan tekstur yang lebih lembek.

3. Durian Mentega

Suka dengan tekstur durian yang creamy? Tak ada salahnya untuk mencoba Durian Mentega khas lereng Gunung Semeru.

Budidaya durian mentega ini banyak dibudidayakan di Lumajang, memiliki tekstur creamy dengan rasa manis dan sedikit pahit.

Memiliki daging yang tebal, durian ini semakin disukai pembeli karena harganya yang terjangkau. Hanya dengan Rp 10.000 – Rp 60.000, buah favorit ini sudah bisa dibawa pulang.

4. Durian Montong Merah

Membicarakan keunggulan Durian Montong memang tak ada habisnya. Salah satu varietas durian yang banyak dicari adalah Durian Montong Merah.

Durian Montong Merah merupakan varietas durian yang cepat berbuah. Memiliki daging buah yang tebal dan legit, tak heran jika Durian Montong Merah banyak diburu pecinta durian.

Satu kilogram Durian Montong Merah yang sudah matang biasanya dihargai Rp 50.000 – Rp 60.000.

5. Durian Montong Bawor

Tak kalah dengan Durian Montong yang diimpor dari Thailand, Indonesia juga memiliki Durian Montong Bawor yang berkualitas. Durian asal Banyumas ini berbeda dari Durian Montong lainnya, karena memiliki daging buah tebal berwarna oranye.

Dengan bobot matang berkisar 6-9 kg, durian ini memiliki rasa manis disertai pahit sedikit. Durian Montong Bawor yang legit ini dijual mulai dari Rp 50.000/kg.

Baca Juga: 5 Tips Sukses Budidaya Durian Musang King

6. Durian Montong Super

Durian Montong Super adalah salah satu jenis durian favorit para pembeli. Memiliki ukuran yang lebih besar dari Durian Montong pada umumnya, keunggulan durian montong super terletak pada daging buahnya.

Durian montong super memiliki daging buah tebal dan juga teksturnya yang legit menjadi daya tarik buah yang satu ini. Memiliki pongge yang kecil dan rasa yang manis, varietas durian ini kerap diburu para pecinta durian.

7. Durian Tembaga

Tak hanya terpusat di Pulau Jawa, wilayah Sumatra dan Kalimantan juga punya varietas durian unggul, yaitu Durian Tembaga. Durian dengan daging tebal dan rasa legit ini tidak lengket seperti durian pada umumnya.

Buah asli Indonesia ini juga memiliki biji yang kecil, sehingga membuat penikmatnya lebih puas. Satu buah Durian Tembaga biasanya memiliki berat 2-3.5 kg yang dihargai Rp 20.000 – Rp 100.000.

Durian Tembaga
bukalapak.com

8. Durian Matahari

Jenis durian selanjutnya adalah Durian Matahari khas Jawa Barat. Durian Matahari memiliki karakteristik daging buah berwarna kuning keemasan seperti sinar matahari.

Memiliki bau-bau yang tidak terlalu menyengat, Durian Matahari makin digemari karena daging buahnya yang tebal dan berserat halus. Satu buah Durian Matahari biasanya memiliki berat 2-3.5 kg.

9. Durian Pelangi

Provinsi Papua Barat rupanya juga memiliki varietas durian istimewa, yaitu Durian Pelangi. Sama seperti namanya, keistimewaan durian ini terletak pada warna daging buahnya yang merupakan kombinasi warna putih, merah, dan kuning.

Durian asli Manokwari ini memiliki daging buah yang tebal dengan biji berukuran sedang. Dengan tekstur lembut dan agak lengket, durian ini memiliki rasa manis dengan kadar alkohol yang lebih rendah dibandingkan durian pada umumnya.

10. Durian Kuning

Salah satu jenis durian yang banyak diburu pecinta durian adalah Durian Kuning. Durian dengan daging buah berwarna kuning emas ini memiliki tekstur daging yang empuk dan tidak lembek.

Rasa manis yang pas serta aroma yang tidak terlalu menyengat, membuat Durian Kuning ini menjadi salah satu varietas durian favorit.

11. Durian Super Tembaga

Varietas Durian Tembaga kini telah dikembangkan menjadi Durian Super Tembaga yang lebih nikmat dan legit.

Dengan daging tebal dan rasa yang manis, durian super yang banyak dikembangkan di Bangka ini juga memiliki biji yang kecil. Bahkan, saking nikmatnya durian ini disebut sebagai pesaing terberat Durian Montong.


Nah, itu adalah daftar jenis durian paling banyak dicari di Indonesia. Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mencicipi jenis durian diatas? Pastikan kamu memperhatikan ciri-ciri durian, seperti yang disebutkan diatas ya. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: Cara Budidaya Buah Salak Pondoh di Pekarangan Rumah

Penulis: Karolina Eka Yulianti

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.