daun parijata

Mau tau informasi mengenai manfaat daun parijata? Pak Tani Digital akan membagikan informasi mengenai hal tersebut. Simak ulasannya!

Daun Parijata

Manfaat Daun Parijata

daun parijata
healtygrid.com

Baca juga: Memanfaatkan Daun Kopi Sebagai Pakan Ternak

Indonesia merupakan lumbung keanekaragaman hayati, dengan kekayaan sumber daya genetik (SDG) yang sangat penting untuk dilestarikan.

Jawa Tengah sangat banyak memiliki keanekaragaman hayati dan merupakan kekayaan sumberdaya genetik yang sangat penting untuk dapat dilestarikan. Salah satunya adalah Parijata,  jenis tanaman biofarmaka yang mempunyai berbagai khasiat.

Parijata (Medinilla speciosa) adalah tumbuhan epifit menahun dalam marga Medinilla, suku Melastomataceae. Tanaman ini tidak memiliki subspesies.

Buahnya mengandung  antioksidan dan beta-karotena dalam kadar yang signifikan. Buah ini berbentuk bulat kecil bergerombol dengan rasa asam manis ini, ternyata banyak diburu orang.

Buah parijata banyak ditemukan di area gunung Muria, Kudus, Jawa Tengah. Selain di Jawa Tengah, tumbuhan ini secara alami tumbuh di Kalimantan, Malaysia, dan Filipina.

Spesies ini hidup di hutan pegunungan dengan iklim teduh dan tanah lembab pada ketinggian 300-750 m (980-2.460 ft) dari permukaan laut.

Khasiat Daun Parijata

daun parijata
doktersehat.com

Baca juga:Cara Menggunakan Pupuk Daun Pepaya dan Manfaatnya

Terlepas kearifan lokal, parijata  dipercaya memiliki berbagai khasiat. Beberapa khasiat dari buah Parijata ini diantaranya adalah :

Penambah kesuburan

Berdasarkan penelitian Cochrane Collaboration di Inggris, perempuan dengan antioksidan tinggi akan berpeluang hamil empat kali lebih tinggi dibandingkan wanita lainnya.

Menurunkan kolesterol

Karena kandungan antioksidan yang tinggi, buah ini mampu menurunkan resiko penyakit jantung dengan menekan Low Density lipoprotenin (LDL) atau koles terol jahat.

Mengatasi diare

Daun Parijata digunakan untuk mengobati diare secara tradisional. Caranya, siapkan daun Parijata segar sebanyak 20 gr. Setelah dicuci bersih, daun tersebut direbus menggunakan 400 ml air sampai mendidih skitar 15 menit.

Setelah itu, air rebusan disaring dan didinginkan terlebih dahulu. Obat diare ini dapat diminum dua kali sehari, pagi dan sore hari.

Mencegah sariawan

Kandungan vitamin C yang tinggi merupakan obat sariawan yang mujarab. Caranya, cuci buah Parijata segar sebanyak 5 gram, kemudian ditumbuk halus.  Setelah itu dilarutkan pada 100 ml air matang. Larutan ini dapat digunakan untuk berkumur-kumur.

Menjaga kandungan ibu hamil

Kandungan kardenolin, saponin, flavionid, dan tannin yang terdapat pada Parijata sangat baik sebagai penambah nutrisi bagi ibu hamil.

Tanaman hias

Bentuk dan warna buah (merah muda dan ungu) yang menarik juga menjadikan buah ini dapat digunakan sebagai tanaman hias untuk taman dan pekarangan. Di Eropa, Jepang, dan Amerika, tanaman ini menjadi primadona tanaman hias dengan harga bibit yang relatif mahal.

Dapat diolah dalam berbagai bentuk

Selain sebagai tanaman obat dan hias, buah Parigata dapat diolah dengan beragam variasi. Diantaranya sirup, selai, permen, roti, maupun keripik.


Itulah informasi mengenai khasiat dari daun parijata. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat ya sobat PTD!

Baca juga: Manfaat Daun Kipahit yang Perlu Kamu Ketahui

Penulis: Rini Itona

Sumber: Kementrian Pertanian

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.