Memanfaatkan Daun Kopi Sebagai Pakan Ternak

Bagi peternak yang sulit mencari pakan untuk ternak peliharaannya, ternyata peternak bisa memanfaatkan daun kopi sebagai pakan ternak lho. Yuk, simak uraian berikut ini.

Dalam meningkatkan produktivitas tanaman kopi, beberapa upaya dilakukan seperti peremajaan tanaman kopi dengan teknik penyambungan yang menggunakan varietas unggul, melakukan pemupukan dengan pupuk kompos maupun pupuk kimia, serta memelihara tanaman kopi dengan mudah.

Salah satu teknik pemeliharaan kopi yang sering dilakukan adalah pemangkasan, yang terdiri dari pemangkasan bentuk, pemangkasan pemeliharaan, dan pemangkasan  pohon pelindung. Yang biasanya dilakukan adalah pemangkasan pemeliharaan yaitu dengan memangkas tunas daun kopi (wiwilan).

Tunas daun kopi yang dipangkas selama ini hanya dibiarkan begitu saja di bawah pohon. Padahal, petani bisa memanfaatkan daun kopi ini sebagai pakan ternak. Hal ini tentu akan sangat membantu para peternak yang susah mencari rumput untuk memenuhi kebutuhan pakan ternak.

Pada tahun 2015, Balai Penelitian Ternak Bogor menguji kandungan nutrisi dari daun kopi segar dan yang disilase di laboratorium. Hasilnya bisa dilihat pada tabel di bawah ini.

Pengujian Nutrisi Daun Kopi yang Bisa Dimanfaatkan Sebagai Pakan Ternak

Keterangan : PK : (Protein kasar)SK (Serat kasar) Lk (Lemak Kasar)

Setelah melihat hasil uji di atas, daun kopi memiliki potensi yang lumayan besar untuk dimanfaatkan sebagai pakan ternak, jika dibandingkan  dengan kandungan nutrisi rumput gajah yang hanya berkisar 8-10%. Daun kopi yang segar memiliki kandungan yang hampir setara dengan leguminosa seperti daun gamal yang mempunyai kandungan protein 23%.

Baca juga: Ternyata Kopi Bisa Digunakan Sebagai Pewarna Rambut Alami

Cara memanfaatkan daun kopi sebagai pakan ternak

Sebelum daun kopi segar diberikan kepada ternak,  sebaiknya dilayukan terlebih dahulu agar mengurangi zat anti nutrisi yang mengandung kafein dan bau langgu yang dapat menyebabkan ternak kurang menyukai daun kopi.

Untuk silase, sebelum diberikan  kepada ternak, daun kopi sebaiknya di angin-anginkan terlebih dahulu. Daun kopi yang segar sebaiknya dicincang dulu dengan menggunakan pisau atau mesin chopper.

Nah, supaya ternak terbiasa dengan daun kopi, sebaiknya ternak di-puasa-kan terlebih dahulu sehingga ternak bisa mengonsumsi daun kopi dalam keadaan lapar dan secara rutin sampai ternak terbiasa dengan daun kopi tersebut.


Itulah cara memanfaatkan daun kopi sebagai pakan ternak. Apakah kamu Sobat PTD tertarik untuk mencobanya?

Klik & Baca: Ingin Mengaplikasikan Pakan Ternak Fermentasi? Ketahui 3 Tips Ini Dulu

 

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.