Ternyata Kopi Bisa Digunakan Sebagai Pewarna Rambut Alami

Kalian tahu nggak sih kalau kopi itu nggak cuma bermanfaat untuk tubuh? Kopi biasanya digunakan untuk menambah energi atau mencegah rasa kantuk. Tapi, ternyata kopi juga bisa digunakan sebagai pewarna rambut yang alami loh. Pewarna rambut yang alami dari kopi ini tidak mengandung bahan kimia sehingga tidak perlu takut akan kesehatan kulit dan rambut.

Bubuk kopi dapat memberikan warna coklat pada rambut. Meskipun efek dari warna kopi tersebut tidak permanen, namun pewarnaan rambut menggunakan kopi setidaknya dapat menyamarkan dan menutupi uban atau warna rambut yang tidak merata. Penggunaan kopi sebagai pewarna rambut juga terbilang sangat mudah dan hemat.

Nah, apa saja langkah- langkah yang harus kamu lakukan untuk menggunakan kopi sebagai pewarna rambut alami? Yuk, silahkan simak uraian berikut ini.

Bahan Yang Dibutuhkan

  • Satu setengah cup kopi giling
  • 3 cup air dalam panci atau alat pembuat kopi Anda seperti biasa
  • Shower cap.
  • Semprotan tanaman.

Cara Pemakaian

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memasak kopi sampai mendidih dan tunggu sampai dingin. Jika kalian ingin menambahkan sedikit kelembapan pada rambut, maka campurkanlah beberapa sendok kondisioner.
  2. Cucilah rambut seperti biasa sebelum melakukan pewarnaan rambut.
  3. Kemudian,tuangkan perlahan kopi yang sudah dingin ke kepala Anda. Pijatkan  secara merata pada kulit kepala dan menurun hingga ke ujung rambut. Ulangi sampai kopi habis.
  4. Tutup kepala kaliandengan shower cap dan biarkan kurang lebih 20 menit hingga 1 jam.
  5. Setelah itu, bilas hingga bersih dengan air.
  6. Simpan kopi seduh yang tersisa di dalam semprotan. Setiap 2 kali seminggu, semprot rambut kalian dengan kopi tersebut.

Nah, itulah langkah-langkah yang perlu kalian lakukan untuk mewarnai rambut dengan menggunakan kopi. Sangat sederhana bukan? Apakah kalian tertarik untuk mencobanya? Silahkan bagi-bagi pengalaman kalian di kolom komentar ya!

Oh iya, tetap ingat ya, setiap orang memiliki rambut yang berbeda, begitu juga dengan penerimaannya terhadap pewarna rambut alami dari kopi ini.

Klik & Baca: Daun Indigofera Bisa Dijadikan Sebagai Pewarna Tekstil Alami


Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.