pupuk daun pepaya

Sama seperti halnya makhluk hidup, agar dapat bertahan dan tumbuh maksimal, maka asupan gizi haruslah terpenuhi. Jika asupan makanan menjadi sumber gizi kita, maka tanaman mendapatkan asupan gizi lewat pupuk.

Asal pupuk pun beragam jenis berdasarkan jumlah kandungan nutrisi yang terdapat, ataupun berdasarkan dari mana ia dibuat.

Nah kali ini kita akan melihat potensi daun pepaya yang dapat digunakan menjadi pupuk.

Tahukah kamu bahwa ternyata daun pepaya memiliki segudang manfaat loh! Kandungan daun pepaya pun sangat beragam. Antara lain vitamin A 18250 SI, vitamin B1 0,15 mg, vitamin C 140 mg, palori 79 kal, Protein 8,0 gram, lemak 2 gram, hidrat arang 11,9 gram, kalsium 353 mg , fosfor 63 mg, besi 0,8 mg dan air 75,4 gram.

Setelah mengetahui kandungan-kandungan yang ada didalam daun pepaya, yuk mari kita lihat manfaat-manfaatnya.

Manfaat Menggunakan Pupuk Ini

1. Menyuburkan Tanah

Seperti pupuk pada umumnya,pupuk ini dapat menyuburkan tanah. Namun Anda harus lebih dahulu mengolahnya, tidak semata-mata menaruh daun pepayanya di tanaman.

Pupuk dari bahan daun pepaya yang telah diolah dengan beberapa tahap dapat menjadi penyubur tanaman loh.

Baca Juga : Sudah Tahu 4 Jenis Pupuk Tanaman Cabai Agar Berkualitas Baik?

2. Tanaman Tumbuh Lebih Cepat

Tahukah kamu bahwa dengan menggunakan pupuk ini, tanaman akan menjadi lebih cepat berbunga. Sementara itu untuk tanaman yang akan berbuah, proses tumbuhnya buah pun akan menjadi lebih cepat loh.

Jenis Tanaman yang Cocok Dengan Pupuk Daun Pepaya

Nah , meskipun pupuk ini sangat baik, tetapi pupuk ini lebih disarankan untuk tanaman sebagai berikut :

1. Tanaman bunga di rumah
2. Pohon belimbing
3. Pohon Tomat
4. Pohon Cabai

Namun ternyata pupuk daun pepaya ini hanya cocok untuk tanaman – tanaman kecil dirumah saja, karena kurang maksimal untuk digunakan dalam skala besar.

Baca Juga : Tips Untuk Dosis Pupuk Padi yang Tepat Bagi Petani

Cara Merawat Tanaman

Nah, dalam memberikan pupuk daun pepaya,  penting diingat bahwa tanaman harus diberikan air yang cukup. Untuk tanaman yang sudah cukup besar di polybag, mungkin masih bisa dilakukan penyiraman tiga hari sekali.

Namun untuk tanaman berbatang kecil, sangat disarankan lakukan penyiraman tanaman yang teratur agar tanaman cepat tumbuh dan berbuah.

Dosis Yang Tepat

Untuk dosis pemberian pupuk daun pepaya pada tanaman, sebaiknya berikan dua kali dalam satu minggu karena pupuk ini jenis buatan yang lebih alami dan alam. Jangan terlalu banyak juga, cukup dua kali dalam satu minggu.


Nah itu dia sedikit dari tips mengolah pupuk daun pepaya. Bagaimana menurut kamu sobat PTD? Yuk bagikan kepada yang lain!

Baca Juga : Tips Untuk Dosis Pupuk Jagung yang Tepat Dengan Pupuk Cair

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.