Manfaat Daun Kipahit yang Perlu Kamu Ketahui

Tumbuhan kipahit adalah tumbuhan yang bentuknya menyerupai bunga matahari. Nama lain dari tumbuhan kipahit “Tithonia diversifolia” yang berasal dari Meksiko.

Tumbuhan kipahit dapat tumbuh dengan baik pada tanah yang kurang subur. Tanaman ini sering kita jumpai di semak-semak, pinggir jalan, atau di sekitar lahan pertanian.

Beragam Manfaat Daun Kipahit

Tanaman kipahit memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah mengobati gatal-gatal dan kudis. Cara meraciknya cukup sederhana, cukup rebus daun kipahit sebentar kemudian air rebusannya digunakan untuk mandi sedangkan daunnya dipakai untuk mengosok bagian yang gatal-gatal atau kudis.

Daun kipahit juga dapat mengatasi penyakit kencing manis atau diabetes sehingga tanaman ini dikenal sebagai tanaman insulin.

Untuk budidaya tanaman, daun kipahit dapat digunakan sebagai suplemen pupuk organik, karena mampu mengurangi polutan dan menurunkan tingkat serap P, Ai, dan Fe. Keunggulan pupuk organik kipahit adalah cepat terdekomposisi dan melepaskan unsur N, P, dan K yang tersedia.

Selain sebagai suplemen pupuk organik, daun kipahit juga dapat dipakai untuk pestisida nabati dengan cara diekstrak karena tanaman ini mengandung senyawa-senyawa yang tidak disukai oleh seranggaa atau ulat sehingga tanaman ini tahan terhadap penyakit yang menyerangnya.

Tumbuhan ini memiliki kandungan turunan alkoid yang bersifat bakterisida. Daun kipahit sendiri mengandung quassinoid C22 H30 O6 (Picrassane quassioniod) yang bersifat mengoksidasi kulit sel bakteri. Adanya kandungan 4-methilaten picrasane tipe quassinoid, janicins H, I dan J membuat adanya rasa pahit pada kipahit.

Mengacu pada keterangan di atas, dapat disimpulkan bahwa senyawa atau kandungan yang dimiliki oleh daun kipahit mampu menanggulangi parasit jamur.

Selain tu, senyawa yang dimiliki oleh daun kipahit juga dapat dijadikan sebagai bahan uji dosis dalam perendaman telur ikan mas. Dengan metode ini, kita dapat mengetahui kegunaan dan keunggulannya pada penetasan telur ikan mas.


Itulah beragam manfaat daun kipahit yang perlu kamu ketahui. Ingin tahu lebih lanjut tentang pengolahan daun kipahit menjadi pupuk organik maupun pestisida? Silahkan tunggu artikel pertanian lainnya dari Pak Tani Digital ya!

Klik & Baca: Manfaat Bunga Matahari dan Cara Mengolahnya

 

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

One thought on “Manfaat Daun Kipahit yang Perlu Kamu Ketahui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.