pupuk organik daun

Kamu sudah tahu cara membuat pupuk organik dari daun? kalau belum, yuk simak artikel pertanian kali ini. PTD akan membagikan apa saja yang perlu dilakukan saat pembuatnnya.

Saat ini banyak orang yang melakukan kegiatan bercocok tanam mulai dari tanaman sayuran, bunga, buah, dan pohon lainnya.

Pupuk merupakan hal yang sangat penting dalam merawat tanaman untuk menghasilkan tanaman berkualitas, terdapat jenis pupuk kimia dan pupuk organik.

Untuk jenis pupuk organik yang sedang digemari saat ini yaitu pupuk kandang, dan pupuk kompos, seperti pupuk daun.

Pupuk kandang merupakan jenis pupuk yang terbuat dari berbagai sisa kotoran hewan ternak seperti, kotoran ayam, sapi, kambing, kelinci, dan lain sebagainya.

Sedangkan pupuk kompos adalah pupuk organik yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti, pupuk dari daun-daun kering.

Cara Membuat Pupuk Organik dari Daun

Pada dasarnya, pupuk kompos lebih mudah dibuat, dibandingkan dengan pupuk kandang, berikut ini merupakan cara membuat pupuk organik dari daun, diantaranya adalah:

Baca Juga: Langkah-Langkah Membuat Pupuk Organik dari Buah Busuk

Mempersiapkan Bahan dan Alat

Sebelum membuat pupuk organik dari daun, kamu harus mempersiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan. Hal tersebut berguna untuk mempermudah kamu dalam pembuatan pupuk organik daun.

Beberapa alat yang disiapkan diantaranya seperti sekop, cangkul, penyemprotan air, serta beberapa peralatan kebun lainnya. Jangan lupa untuk menyiapkan wadah seperti jantung kompos atau plastik hitam, ember, dan tali.

Adapun beberapa bahan pendamping dalam pembuatan pupuk organik daun kering seperti, larutan EM4 dan air bersih.

Larutan EM4 sangat bermanfaat untuk membantu proses pembuatan pupuk agar lebih cepat. Jangan lupa untuk menyediakan kayu atau bambu, serta terpal sebagai alat utama pembuatan pupuk.

pupuk kompos dari daun
bertani.co.id

Pembuatan Media Pupuk Organik dari Daun

Untuk membuat pupuk organik yang berasal dari daun kering harus menyiapkan media pengomposan yang sesuai dengan kriteria, seperti berikut ini:

  1. Pilihlah tempat atau lahan yang lembab serta tidak terkena sinar matahari secara langsung, untuk menyimpan media pupuk pembuatan kompos.
  2. Jangan lupa untuk memilih lokasi yang dekat dan mudah dijangkau, agar pembuatan pupuk tetap dalam penjagaan.
  3. Buatlah sebuah kotak dari kayu maupun bambu dengan ukuran sekitar 1 x 2 x 1 m.
  4. Buatlah kantung yang terbuat dari mulsa plastik hitam dengan ukuran yang sama seperti media tanam untuk pembuatan pengomposan.
  5. Buatlah lubang kecil pada bagian bawah plastik, dan samping plastik. Hal tersebut digunakan untuk penyaringan air serta sirkulasi udara. Bukan hanya plastik, kamu juga bisa menggunakan terpal berukuran kecil yang diikat setiap ujungnya agar kuat.

Baca Juga: Cara Menggunakan Pupuk Daun Pepaya dan Manfaatnya

Pembuatan Pupuk Kompos Organik dari Daun

Setelah bahan dan alat sudah disiapkan serta media pengomposan sudah dibuat, maka langkah selanjutnya yaitu membuat pupuk kompos organik dari daun.

Terdapat dua jenis daun yang bisa kamu gunakan, yaitu jenis daun basah dan daun kering.

Daun basah yang kamu pilih harus daun tua, namun tetap segar dan tidak menguning. Sedangkan daun kering bisa kamu dapatkan di berbagai tempat, namun tetap dalam keadaan bersih.

Kumpulkan daun basah dan daun kering sekitar perbandingan 1 : 3. Satukan semuanya kedalam ember dan mencincangnya secara kecil-kecil.

Gunakan tanah gembur atau humus sebagai pelapis tanah dalam media pengomposan. Masukan daun yang sudah dicincang, lalu lapisi tanah kembali.

Kamu bisa menggunakan plastik atau terpal untuk menutup media pengomposan, dan biarkan selama kurang lebih 6 minggu.

Untuk menjaga kelembaban suhu dan sirkulasi udara selama proses pengomposan, kamu harus menyemprotkan air satu kali dalam seminggu, lalu aduk kompos menggunakan sekop atau cangkul.

Pengadukan kompos dilakukan secara merata, agar hasilnya juga merata.

daun kering
abahtani.com

Penggunaan Pupuk Organik dari Daun

Pupuk organik yang terbuat dari daun kering memiliki banyak manfaat, serta penggunaan pupuk inipun sangat mudah dan praktis. Kamu perlu menyaring pupuk terlebih dahulu, lalu mencampurkan pupuk dengan tanah dalam media tanam.


Itulah beberapa langkah dalam pembuatan pupuk organik dari daun yang mudah, dan praktis. Pupuk ini sangat baik digunakan untuk tanaman pertanian, sayur, buah serta tanaman hias.

Jangan lupa SHARE artikel ini kepada teman-teman kamu ya!

Baca Juga: Ketahui 2 Cara Membuat Pupuk Tanaman dari Garam

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Sumber:

  • http://ilmubudidaya.com/cara-membuat-pupuk-organik-dari-daun

Sumber gambar utama: pixabay.com abahtani.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.