Filosofi Kehidupan dari Pertanian

Alam mengajarkan kita akan banyak hal di dunia ini. Banyak nilai-nilai baik yang ternyata bisa kita dapatkan dari alam sekitar kita, termasuk lingkungan pertanian yang sering kita abaikan selama ini. Berikut ini adalah beberapa filosofi kehidupan yang bisa kita dapatkan dari lingkungan pertanian di sekitar kita:

Padi: Semakin Berisi, Semakin Merunduk

Padi. Semakin Berisi, Semakin Merunduk
spiritualjawa.com

Kita sering kali mendengar ucapan ini, bukan? Wah, kalimat yang sangat sarat makna sekali yah. Padi ternyata mengajarkan kita tentang kerendahhatian. Sehebat apapun kita nanti, seharusnya tidak membuat kita semakin sombong atau tinggi hati. Sebaliknya, membuat kita semakin rendah hati terhadap sesama.

Baca: Fakta tentang Padi (Beras) di Indonesia

Bulir-Bulir Padi: Kecil namun Energi yang Dihasilkan Dahsyat

Bulir-Bulir Padi. Kecil tapi Dahsyat
bbpadi.litbang.pertanian.go.id

Seperti yang kita ketahui, beras adalah salah satu makanan yang dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat kita sehari-hari. Beras yang berasal dari bulir-bulir padi yang dikonsumsi setiap harinya mampu memberikan kita energi untuk menjalani aktivitas dengan baik. Meskipun kecil, tanpanya, kita pasti akan lemas dan tak berenergi, bukan?

Bulir-bulir padi memberikan kita pelajaran untuk tidak memandang sebelah mata segala hal sekalipun itu adalah hal yang sangat kecil. Bisa jadi hal itu justru bermanfaat untuk kita, seperti bulir padi ini!

Baca: Sistem Mina Padi, Kombinasi Lahan Sawah dengan Budidaya Ikan

Sawah: Tumbuh di Bawah Terik Matahari Justru Mengenyangkan Banyak Orang

Sawah di Bawah Terik Matahari
mediamaya.net

Bukannya tumbang, layu, ataupun mati, padi justru tumbuh dengan baik di bawah terik matahari. Setelah matang, malah menjadi sumber pangan untuk mengenyangkan banyak orang. Indah sekali bukan?

Bahwa sesulit apapun kehidupan yang kita alami nanti, semoga kita dapat tetap bermanfaat untuk banyak orang. Sesusah apapun kondisi yang kita hadapi, semoga kita dapat tetap memberikan kebaikan untuk segala sesuatu yang ada di sekitar kita.

Pertanian: Hasil Kerjasama Berbagai Elemen Penting Kehidupan

Kita sering kali mendengarkan kabar kegagalan panen yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Faktor-faktor yang menentukan keberhasilan panen banyak sekali, diantaranya yaitu suhu, cahaya matahari, angin, kelembaban dari air irigasi, dan lain sebagainya. Jika salah satu faktor tersebut tidak sesuai, maka kegagalan panen dapat terjadi.

Adanya kerjasama dan keseimbangan yang baik antara satu faktor dengan faktor yang lain dapat menciptakan keberhasilan panen yang hasilnya dapat dinikmati oleh banyak orang. Begitu pula dengan kehidupan kita, kita harus mau dan mampu bekerja sama untuk dapat mencapai keberhasilan.

Baca: 3 Alasan Kenapa Pertanian Terpadu Harus Dilakukan


Wah, jadi semangat ya! Ternyata banyak sekali inspirasi yang bisa kita dapatkan dari lingkungan pertanian yang ada di sekitar kita.

Menurut kamu, apalagi filosofi kehidupan yang dapat kita ambil dari pertanian?

Penulis: Fitri Rosadela
Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Pertanian Bogor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.