Cara Membuat Keripik Buah Apel Sebagai Ide Usaha Baru

Sebagai pemula kalian bisa memulai dengan mebuat keripik buah apel. Mau tau cara membuatnya? Pak Tani Digital aka memberikan informasi mengenai pembuatan keripik apel. Berikut ulasannya!

Keripik Buah Apel

keripik apel
infobudaya.com

Keripik apel bisa dikatakan adalah salah satu cekilan yang bnayak disukai olenh masyarakat indonesia. Keripik apel juga sudah menjadi salah satu oleh-oleh andalan dari Kota Malang, jawa Timur.

Produk cemilan ini merupakan hasil olahan dari buah apel yang digoreng dengan teknis khusus tentunya.

keripik buah akan dikemas baik sehingga bisa dibawa kemana-mana dan bisa untuk oleh-oleh yang praktis, dan hebatnya lagi, nilai kandungan gizi buah dan unsur kesehatan masih relatif sama dengan asalnya.

Keripik biasanya diolah dengan menggunakan kuali atau wajan untuk proses penggorengannya atau bisa menggunakan mesin penggorengan dengan suhu yang lebih rendah berkisar 50 derajat hingga 60ºC

Baca juga: Jangan Dibuang Dulu! Kulit Buah Ini Ternyata Banyak Manfaatnya!

Macam-Macam Keripik Buah

Keripik buah ada beberapa macam nya seperti terbuat dari apel, pisang, nanas, bengkuang, nangka, salak, tomat, pepaya ddan banyak lagi. Semua memiliki kelebihan dan gizinya masing-masing, sesuai sifat buahnya.

Jadi banyak oalahan buah yang bukan mendapatkan nilai gizinya saja, namun juga dapat meningkatkan nilai ekonomi dari produk tersebut.

Bagi para anak muda juga dapat mencoba usaha ini sehingga dapat bersaing di era digital ini dengan memberikan inovasi yang baru.

Alasan Memilih Keripik Buah Apel

Ketersediaan bahan baku merupakan yang paling utama yang harus diperhatikan. Bahan baku harus mudah didapat dan harganya terjangkau. Karena ini akan menjadi paling dekat dan paling kunci jika akan dikembangkan menjadi sebuah usaha.

Alasan utama membuat keripik buah apel adalah membuat camilan alternatif dari bahan buah apel, juga mengantisipasi pada saat panen dengan jumlah apel yang melimpah sehingga buah apel tidak mengami busuk pada bauh karena sifat dasar buah apel yang cepat mengalami kebusukan.

Sebagai camilan yang tahan lama dan bisa dikemas, dan tentunya harganya juga bisa bersaing. Menarik bukan?

keripik apel
usaharumahan.id

Baca juga: Begini 5 Tips Budidaya Lengkeng Supaya Cepat Berbuah

Cara Membuat Keripik Buah Apel

Membuat keripik apel juga tidaklah sulit, keripik apel bisa jadi ide usaha yang menjanjikan. Berikut cara pembuatan olahan keripik buah apel :

Bahan Untuk Membuat Keripik Buah Apel

  1. Buah apel segar secukupnya
  2. Minyak Goreng

Cara Membuat Keripik Buah Apel

  1. Kupas kulit buah apel segar menggunakan pisau hingga bersih, atau juga bisa menggunakan alat pengupas buah agar lebih cepat.
  2. Cucilah buah apel yang telah dikupas dengan air bersih.
  3. Iris apel tipis-tipis menggunakan pisau atau bisa menggunakan alat pengiris agar lebbih cepat dan mudah
  4. Selanjutnya, rendamlah kembali irisan buah apel pada air bersih selama 30 menit.
  5. Setelah warna kecoklatan pada irisan apel sudah agak pudar maka angkatlah irisan apel dari rendaman.
  6. Masukkan irisan apel kedalam penggorengan selama 1 jam, jika kita ingin mendapatkan hasil lebih baik ada baiknya menggunakan mesin vacuum frying.
  7. Angkatlah keripik apel yang telah di goreng kemudian tiriskan. Agar hasil penirisan lebih baik, bisa menggunakan mesin peniris minyak.
  8. Selanjutnya, dinginkan keripik apel pada suhu normal atau suhu ruangan.
  9. Keripik apel telah jadi dan siap dihidangkan
  10. Untuk penyimpanan, simpanlah keripik apel di tempat yang kedap udara agar kerenyahannya tetap terjaga.

Itulah cara pembuatan keripik buah apel yang dapat diterapkan sebagai ide baru bagi pemula dalam  membuka usaha. Selamat mencoba sobat PDT!

Baca juga: Ikuti 4 Tahap Ini untuk Budidaya Apel dari Biji

Penulis: Rini Itona

Ingin menjual hasil panen kamu langsung ke pembeli akhir? Silahkan download aplikasi Marketplace Pertanian Pak Tani Digital di sini.

Butuh artikel pertanian atau berita pertanian terbaru? Langsung saja klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.